Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Manfaat Renang untuk Ibu Hamil

HEALTH TIPS  |  14 Aug '18


Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak digemari dan tidak hanya baik untuk seseorang yang sedang melakukan program meninggikan badan saja, melainkan juga untuk ibu hamil khususnya di trimester kedua. Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang terbilang cukup ringan dan santai sehingga ibu hamil bisa melakukan olahraga ini kapan saja dan di mana saja.

Berenang memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil, sehingga banyak pakar kesehatan yang menganjurkan setidaknya 1 kali dalam 2 minggu untuk renang. Selain butuh asupan makanan yang mengandung nutrisi, ibu hamil juga perlu berolahraga seperti renang agar seimbang.

Apa Saja Manfaat Renang untuk Ibu Hamil?

Menurut para ahli, berenang boleh dilakukan pada usia kehamilan kapan saja baik itu saat trimester awal ataupun trimester akhir. Namun untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya jika ibu hamil berenang saat usia kehamilan 7 bulan ke atas saja atau mulai dari trimester kedua. Karena pada tahap tersebut, kandungan ibu hamil lebih stabil dan kuat. Berikut beberapa manfaat renang untuk ibu hamil yang perlu diketahui.

  1. Melatih Pernapasan Agar Lebih Teratur
    Saat berenang, paru-paru akan bekerja dengan baik terutama saat mengeluarkan atau mengambil napas. Hal tersebut akan membantu memperbaiki pernapasan ibu hamil agar lebih teratur dan tidak mudah sesak napas akibat tekanan pada rahim yang semakin hari semakin membesar.

  2. Membantu Memperkuat Otot Rahim dan Panggul
    Saat berenang, Moms akan lebih sering bergerak di bagian perut dan panggul. Jika otot rahim dan panggul kuat, maka dapat melancarkan persalinan. Karena kekuatan dari kedua bagian tubuh tersebut akan sangat penting dalam proses persalinan.

  3. Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah Dan Menjaga Fungsi Jantung
    Berenang juga dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah dan menjaga fungsi jantung agar bekerja sesuai dengan fungsinya. Dengan berenang secara rutin, kebutuhan nutrisi serta oksigen akan berlangsung dengan lancar dan baik sehingga meminimalisir terjadinya gangguan selama hamil.

  4. Menyegarkan Tubuh Ibu Hamil
    Berenang yang dilakukan secara teratur dan aktif juga dapat membantu menghilangkan rasa lelah serta penat yang diakibatkan oleh aktivitas sehari-hari. Gerakan tubuh saat berenang akan membantu menyegarkan fisik dan mental sehingga di malam hari, Moms akan lebih nyenyak lagi saat tidur. Selain itu, berenang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil sehingga tidak akan mudah terserang penyakit.

Semoga bermanfaat.

ByBabyologist Editor.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1184 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories