Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Manfaat Probiotik untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak

MY STORY  |  18 Apr '20


Kebanyakan orang, mungkin termasuk Moms merasa ngeri ketika mendengar kata bakteri. Dalam benak Moms, bakteri dapat mengganggu kesehatan seseorang. Namun, tidak semua bakteri itu jahat. Probiotik adalah golongan bakteri baik yang berguna untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi, meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan bakteri jahat di usus yang biasanya menyebabkan masalah pencernaan. 

Menurutku, setiap orang butuh mengonsumsi probiotik terutama balita yang sedang berada dalam tahap tumbuh kembang. Mereka seringkali mengalami masalah pencernaan, mulai dari sembelit, diare, konstipasi dan infeksi saluran kemih.

Nah, cara apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan anak?

  1. Pemberian ASI ekslusif

Jangan cepat menyerah ketika ASI belum keluar di hari-hari pertama pasca melahirkan, teruslah rajin pumping dan minum suplemen  agar kita bisa meng-ASI-hi paling tidak di 6 bulan awal kehidupan si Kecil. Di dalam ASI, terdapat probiotik baik bernama Bifidobacterium yang dapat mencegah beberapa penyakit saluran cerna dan meningkatkan fungsi otak.

  1. Makan atau minum yang mengandung probiotik

Setelah anak mulai MPASI, aku selalu memberikan makanan atau minuman yang mengandung probiotik agar saluran cerna anak tetap sehat sehingga penyerapan nutrisi di usus dapat bekerja maksimal. Makanan minuman tinggi probiotik apa saja? Banyak Moms, ada tahu, tempe, keju, yogurt, kacang-kacangan, semangka, apel, pisang dan lain-lain.

  1. Biasakan mencuci tangan

Supaya pencernaan anak sehat, biasakan si Kecil untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan ya Moms. Lalu, kalau makanan sudah jatuh ke lantai, meskipun itu di dalam rumah, biasanya aku ingatkan dia untuk tidak mengambilnya.

Mungkin ini terlalu berlebihan, ya? Aku ingin mengajarkan supaya tidak terbiasa memungut makanan yang sudah jatuh. Namanya anak-anak, kadang mereka belum bisa membedakan mana tempat yang bersih dan kotor.

  1. Konsumsi suplemen probiotik

Kalau anak lagi GTM (gerakan tutup mulut) dan sedang mengalami masalah pencernaan seperti sembelit atau diare, biasanya aku langsung kasih suplemen probiotik aja. Cara ini lumayan ampuh untuk mengurangi gejala. Tetapi, jika si Kecil susah minum suplemen dan sudah lepas ASI, ini bisa Moms akali dengan memberi susu formula yang ada kandungan probiotiknya. Si Kecil yang mengonsumsi probiotik secara teratur memiliki imun lebih kuat untuk melawan bakteri jahat sekaligus menunjang tumbuh kembangnya.

Apabila memberikan probiotik lewat susu formula, biasanya aku selalu seduh susu menggunakan air hangat. Masalah seduh menyeduh susu terkadang masih menjadi perdebatan, sih. Ada yang bilang harus air panas, namun ada juga yang bilang air hangat sudah cukup. Aku pernah diberi saran apoteker bahwa kandungan probiotik dalam susu bubuk yang diseduh dengan menggunakan air panas bisa mati dan kandungan nutrisinya hilang.

Itu dia cara yang biasa aku lakukan dalam menjaga kesehatan anak dari diare, sembelit, konstipasi dan penyakit pencernaan lainnya supaya asupan nutrisi dapat terserap sempurna.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

72 Regina Nabila Fiardini

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cara Aman Mengajak Anak Jalan Sore Saat New Normal

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan saat mengajak anak agar tetap aman saat jalan-jalan keliling komplek?

JJS Sehat dan Kece dengan Si Kecil di Masa New Normal

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan ketika akan membawa si Kecil untuk jalan-jalan ke luar rumah di masa New Normal. Tepatnya jalan-jalan kece [...]

6 Keuntungan JJS Menggunakan Stroller

New Normal sudah diberlakukan nih Moms, sudah punya rencana bepergian bersama Si Kecil? Meskipun begitu, ada baiknya jika Moms & Dads menahan [...]

Tetap Aman Olahraga Bareng Si Kecil Pakai Stroller Greentom

Ada beberapa yang harus Moms perhatikan dan tidak boleh ditinggalkan saat Moms akan keluar rumah misal mau jalan-jalan di sore hari agar si [...]

Tips dan Manfaat Bonding dengan Si Kecil

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa bonding dengan Si Kecil, seperti yang kami lakukan di rumah. Simak yuk!

JJS di New Normal? Yuk Simak Manfaatnya!

Memilih stroller yang tepat, tentu akan memberikan perlindungan optimal untuk si Kecil saat berada di luar rumah.

Moms, Simak Tips Olahraga Aman Saat Pandemi Berikut

Supaya tetap sehat, ada beberapa tips jalan-jalan sore yang aman dengan si Kecil berikut ini.

Tips Jalan-jalan Bersama Si Kecil Tanpa Repot

Sebelum jalan-jalan sore bersama si Kecil di masa New Normal ini, simak tips berikut, yah, Moms!

Moms, Ini 5 Cara Bangun Bonding dengan Si Kecil

Cara apa saja yang dilakukan Moms agar bonding dengan si Kecil tetap terjalin, simak tips berikut ini, yah, Moms!

Mengatasi Stranger Anxiety dengan Membiasakan Jalan-jalan Sore

Kondisi si Kecil yang mengalami kecemasan dan ketakutan berlebih ketika bertemu dengan orang baru atau yang jarang dilihatnya disebut stranger [...]

Jalan Sore Bersama Greentom

Berikut tips-tips yang biasa saya lakukan agar jalan sore bersama si Kecil tetap aman dan nyaman selama New Normal:

JJS bersama si Kecil di Masa New Normal, Amankah?

Selama pandemi Corona, salah satu kegiatan yang sulit dilakukan adalah jalan jalan sore bersama si Kecil.

Bonding dengan Aktivitas Menggendong, Yuk!

Moms, jangan percaya ya sama mitos yang belum terbukti benar. Karena menuruti mitos, seribu manfaat menggendong yang justru baik untuk bayi akan [...]

Sempatkan Jalan-jalan Santai Yuk, Moms!

Moms, tidak ada salahnya juga sekedar keluar rumah untuk mencari udara segar seperti jalan-jalan di sekitar komplek bersama si Kecil.

Pentingnya Menggunakan Stroller di Masa New Normal

Menggunakan stroller bisa menjadi salah satu solusi saat Moms & Dads membawa si Kecil keluar rumah.

Tips Berolahraga Seru dengan Si Kecil Saat New Normal

Meskipun kita masih berada di tengah pandemi, sebagian dari kita sudah mulai beraktivitas seperti sediakala dengan menerapkan protokol kesehatan [...]

Jalan-Jalan Sore Lebih Aman dan Stylish Dengan Stroller Greentom

Ketika akan berjalan-jalan bersama si Kecil, jangan lupa selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan si Kecil.

Tips Aman Jalan-jalan Sore Bersama si Kecil di New Normal

Tempatkan si Kecil di stroller agar tetap aman. Dengan demikian, Moms dan si Kecil bisa menikmati udara segar di pagi dan sore hari.

Ketahui Olahraga yang Bisa dilakukan Sambil membawa Bayi dalam Stroller

Apa saja sih olahraga yang bisa Moms lakukan sambil membawa si Kecil di dalam stroller:

Caraku untuk Tetap Sehat di Masa New Normal Bersama Stroller Greentom

Mengingat betapa pentingnya menjaga kesehatan di masa New Normal ini, saya dan keluarga mempunyai beberapa tips sebagai berikut: