Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil

PREGNANCY  |  09 Aug '18

Saat hamil, mengonsumsi suplemen atau makanan dan minuman yang mengandung nutrisi yang seimbang merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan, karena saat hamil bukan hanya tubuhnya saja yang membutuhkan nutrisi, janin juga sangat membutuhkan asupan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang.

Terdapat banyak sekali jenis asupan nutrisi yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil selama masa kehamilannya, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan serta berbagai jenis ikan. Sedangkan minumannya berupa susu khusus untuk hamil dan tambahan suplemen berupa vitamin atau minyak ikan.

Minyak ikan merupakan salah satu jenis suplemen tambahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena minyak ikan sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang janin.

Dosis Minyak Ikan untuk Ibu Hamil

Sudah sewajarnya seorang ibu hamil mengonsumsi minyak ikan secara rutin selama masa kehamilan, khususnya pada saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga. Dosis yang dianjurkan untuk ibu hamil yaitu sekitar 300 mg DHA setiap hari atau setara dengan 1-3 gram minyak ikan. Namun, hal ini tentunya dilakukan dengan anjuran dokter terlebih dahulu, jangan mengonsumsi minyak ikan tanpa adanya anjuran.

Apa Saja Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil?

  1. Minyak ikan mengandung omega 3 yang membantu meningkatkan sistem saraf pusat saat janin mengalami perkembangan.
  2. Meningkatkan kecerdasan otak janin karena minyak ikan mengandung DHA yang berperan untuk membantu pertumbuhan otak, sistem saraf dan mata janin. Dengan mengonsumsi minyak ikan selama masa kehamilan, dipastikan kecerdasan otak janin akan terus berkembang sampai tiba saatnya dilahirkan.
  3. Mengurangi risiko terjadinya tekanan darah tinggi pada ibu hamil.
  4. Mencegah terjadinya kelahiran prematur.
  5. Membantu meningkatkan berat badan janin
  6. Mengatasi masalah kulit ibu hamil karena minyak ikan akan memberikan nutrisi pada kulit.
  7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga ibu hamil tidak akan mudah sakit.

Semoga bermanfaat.

ByBabyologist Editor.

632 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories