Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Manfaat Minum Susu Ibu Hamil untuk Perkembangan Otak Janin

BRANDS  |  PREGNANCY  |  18 Dec '19


Moms pasti sering mendengar istilah 5 tahun pertama si Kecil merupakan masa emas pertumbuhan otaknya. Menurut dokter spesialis anak, dr. Bernie Endyarnie Medise SpA(K), pertumbuhan otak si Kecil sudah mencapai 80 persen ketika ia menginjak 2 tahun. Memasuki usia 5-6 tahun, pertumbuhan otaknya kian pesat hingga mencapai 90-95 persen. Tak heran jika pada masa tersebut si Kecil membutuhkan nutrisi yang cukup dan tepat agar pertumbuhan otaknya tidak terhambat.

Agar otak janin berkembang dengan optimal, si Kecil tidak hanya membutuhkan nutrisi sejak ia dilahirkan melainkan sejak ia masih di dalam kandungan, Moms. Hal inilah yang menyebabkan seorang ibu wajib mencukupi nutrisi hariannya selama hamil. Salah satunya dengan mengonsumsi susu ibu hamil.

Namun, pernahkah Moms penasaran mengapa ketika hamil, kita dianjurkan untuk minum susu khusus ibu hamil? Padahal jika dilihat sekilas, rasa maupun kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya sama saja. Ternyata, menurut Dokter Spesialis Kandungan di RSPAD Gatot Subroto, dr. Febriansyah Darus, SpOG(K), susu kehamilan sudah diracik khusus dengan menggunakan kandungan dan nutrisi yang lengkap untuk kebutuhan ibu hamil, Moms.

Janin membutuhkan asupan asam folat, vitamin D, zat besi, protein, kolin, serta omega 3 khususnya EPA dan DHA untuk pertumbuhan otaknya. Menurut dr. Febriansyah, komposisi tersebut juga terkandung dalam susu biasa. Namun komposisinya hanya sedikit. Sementara itu, jumlah nutrisi pada susu ibu hamil disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil serta janin. Jadi, kandungan asam folat, vitamin D, zat besi, protein, kolin, serta omega 3 khususnya EPA dan DHA tentunya akan lebih banyak jika dibandingkan susu biasa.

Jika janin menerima asupan  asam folat, vitamin D, Vitamin B Kompleks, zat besi, protein, kolin, serta omega 3 khususnya EPA dan DHA yang cukup sejak di dalam kandungan, maka pertumbuhan otak si Kecil akan maksimal. 

Ditambah lagi, saat ini sudah ada susu ibu hamil yang mengandung Cod Liver Oil yang kaya akan omega 3, vitamin A, dan D. Jadi selain dapat mengoptimalkan perkembangan otak janin, susu ibu hamil yang mengandung Cod Liver Oil juga dapat membantu meningkatkan perkembangan tulang dan gigi, serta retina mata janin. Dosis pada Cod Liver Oil  pada susu ibu hamil tentunya sudah disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil, ya, Moms.

Namun, selain minum susu, Moms juga tetap harus mencukupi nutrisi harian melalui makanan bergizi setiap harinya. Asupan-asupan tersebut bisa saja didapatkan dari makanan yang Moms konsumsi. Akan tetapi, jumlah porsinya belum tentu tepat. Disinilah peran susu kehamilan sebagai pelengkap nutrisi harian untuk ibu hamil dan janin, khususnya untuk perkembangan otak si Kecil.

Referensi: KompasLiputan 6

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1872 Vidoran Indonesia

Comments

Related Stories