Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Manfaat Memberikan Kesempatan Anak untuk Belajar

GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  23 Sep '18

Moms, pernahkah merasa kesal ketika si Kecil lama memakai sepatu? Pasti Moms ingin membantunya dengan alasan supaya cepat atau kasihan melihat si Kecil kesusahan. Padahal dibalik lamanya si Kecil memakai sepatu, banyak hal yang sedang dipelajari olehnya lho Moms. Sayang sekali jika proses belajarnya kita hentikan, karena dengan kita membantu malah membuat si Kecil kurang berkembang.

Sebagai orang tua memang tidak mau melihat anaknya kesulitan namun ada baiknya kita juga memberikan banyak kesempatan kepada si Kecil untuk belajar. Saya selalu menahan diri untuk tidak cepat-cepat membantu apapun yang dilakukan Abell. Bukan tidak sayang, tapi karena saya sayang sehingga saya ingin Abell banyak mengeksplor dan belajar.

Pernah suatu hari Abell memakai sandal terbalik dan saya tidak langsung mengoreksinya, saya biarkan Abell untuk merasakan kakinya "tidak nyaman" dan dia bilang "Mami sandalnya ga enak dipakai" barulah saya mengoreksinya "Abell pakai sandalnya terbalik, ini yang kanan dan ini yang kiri"

Jika pada saat itu saya langsung mengkoreksi kesalahan si Kecil, mungkin saja saat ini ia masih belum tahu kanan dan kiri dan bagaimana caranya memakai sandal. Dan saya sangat terharu ketika saya akan berangkat bekerja, Abell membawakan sepatu saya dan bilang "Mami, ini yang kanan ini yang kiri" sambil menyodorkan sepatunya.

Moms, mungkin ini dianggap hal yang kecil atau sepele. Tapi percayalah, memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar itu sangat banyak manfaatnya.

Manfaat memberi kesempatan anak untuk belajar

  1. Anak lebih percaya diri dengan kemampuannya
  2. Melatih motorik kasar dan motorik halus
  3. Menyalurkan rasa keingintahuan anak
  4. Meningkatkan kreativitas anak
  5. Belajar memecahkan masalah
  6. Melatih kemampuan berpikir

Oya, jangan lupa untuk selalu memberikan apresiasi kepada si Kecil jika ia berhasil melakukan sesuatu dan beritahu juga bahwa Moms and Dads siap membantu jika dibutuhkan. Untuk masalah membantu si Kecil, saya dan suami selalu menawarkannya terlebih dahulu, jika si Kecil tidak mau dibantu biarkan saja, mungkin ia masih ingin berusaha sendiri tapi jangan lupa untuk tetap didampingi ya Moms.

Semoga bermanfaat.

By: Kartika Wulan Sari

242 Kartika Wulan Sari Send Message to Writer

Related Stories