Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Manfaat Membaca Buku sejak Dini

GROWTH & DEVELOPMENT  |  04 Jan '19

Membaca buku adalah salah satu tahap stimulasi kemampuan bahasa dan komunikasi yang menarik untuk anak-anak. Bahkan dari newborn sudah bisa loh Moms diajak membaca buku.

Sejak Ara lahir, saya selalu sempatkan untuk melatih matanya melihat buku atau gambar, untuk usia 0–3 bulan, penglihatan mereka masih hitam putih ya Moms. Jadi, saya kasih gambar yang hitam putih juga. Tinggal diletakkan di hadapannya, dan mereka akan merespon dengan menggerakan bagian tubuhnya.

Membaca buku adalah salah satu tahap stimulasi kemampuan bahasa dan komunikasi.

Jika sudah di atas usia 4 bulan, Moms bisa berikan buku yang gambarnya menarik atau fiturnya unik, misalnya ada tombol atau kalau dipencet akan bersuara, bisa pula soft book yang kalau diremas akan bunyi. Buku juga tidak harus mahal yah Moms, Tapi karena menurut saya buku termasuk investasi jangka panjang, jadi pilihlah buku yang kualitasnya bagus agar bisa awet.

Membaca bisa juga dengan kegiatan story telling oleh orang tua, biarkan anak memilih yang ingin dibacakan lalu orang tua membacakan, melalui kegiatan story telling ini, maka akan terjalin hubungan emosional yang semakin dekat antara orang tua dan anak.

Jangan lupa juga ciptakan suasana membaca yang menyenangkan, pilih waktu yang tepat, jika anak sudah mulai bosan hentikan membacanya, pokoknya jangan dipaksa ya Moms.

Berikut beberapa manfaat membaca buku sejak dini:

  1. Meningkatkan minat membaca.

  2. Mempererat hubungan orang tua dan anak.

  3. Meningkatkan imajinasi.

  4. Anak-anak dapat menambah kosakata.

  5. Membentuk pola perilaku dan nilai sosial.

  6. Membuka pengetahuan, membaca adalah jendela dunia.

  7. Melatih anak kita berpikir kritis karena rasa ingin tahu yang tinggi pada gambar-gambar yang menarik yang ada di dalam buku.

  8. Melatih konsentrasi.

  9. Mengenalkan konsep baru, seperti huruf, bentuk, warna, angka, dan lain sebagainya.

  10. Meningkatkan kemampuan berpikir logis, dari cerita cerita yang kita bacakan mereka akan belajar tentang sebab dan akibat.

  11. Meningkatkan keterampilan komunikasi.

  12. Anak yang sejak dini terbiasa membaca akan lebih percaya diri karena mereka memiliki segudang informasi.



Semoga bermanfaat.

By: Paramitha Dwi wulandari

Copyright by Babyologist

192 Paramitha Dwi wulandari

Comments

Related Stories