Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Manfaat Kurma Sebagai MPASI

FEEDING  |  OTHERS  |  25 May '18


Berbicara mengenai kurma, Arsakha sering mengonsumsi kurma dan oatmeal. Ternyata, kurma itu banyak manfaatnya loh, Moms. Nutrisi dan gizi kurma cukup tinggi, 3-5 biji kurma setara dengan 100-150 kalori. Kurma merupakan salah satu pilihan cemilan terbaik untuk Si Kecil.

Berikut adalah kandungan gizi dari kurma:

Buah kurma sebagai sumber energi yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Mineral penting yang terdapat pada kurma diantaranya adalah kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, magnesium, dan zink yang bermanfaat  bagi kesehatan. Kurma juga mengandung vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A, dan vitamin K.

Lalu, apa manfaat kurma dalam MPASI?

  • Kurma disertifikasi sebagai 'makanan sehat jantung' oleh American Heart Association karena kandungan kolesterol rendah dan lemak jenuhnya. Kurma mengandung nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sehat si kecil.
  • Kurma adalah makanan kaya gizi
    Seperti yang disebutkan sebelumnya, kurma memiliki jumlah vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi yang sangat penting untuk pertumbuhan bayi. Beberapa diantaranya termasuk kalsium dan magnesium yang sangat diperlukan untuk kesehatan tulang. Oleh karena itu, kurma sangat ideal untuk bayi dan balita yang tulangnya masih berkembang. Kalsium adalah mineral lain yang ditemukan pada kurma juga penting untuk pertumbuhan bayi dan perkembangan otak loh, Moms.
  • Obat untuk gangguan usus.
    Kurma telah dicatat sebagai obat yang baik untuk gangguan usus. Buah ini membantu dalam menghilangkan organisme parasit dan membantu membangun koloni bakteri ramah di usus. 
  • Perlindungan hati.
    Pada bayi dan anak-anak, hati akan mudah terkena infeksi bakteri dan virus. Tifoid, hepatitis, dan ikterus adalah beberapa penyakit yang sangat umum ditemukan pada bayi dan anak-anak. Selama masa-masa seperti itu, selain mencari pertolongan medis, Mom bisa memasukkan kurma dalam menu makanan bayi. Studi menunjukkan bahwa kurma memiliki sifat pelindung hati yang signifikan.
  • Obat untuk tukak gastrik.
    Anak-anak dan balita juga dapat menderita keasaman, acid reflux dan bisul. Dalam kondisi seperti itu, kurma bisa diberikan kepada bayi selain perawatan rutin. Penelitian menunjukkan bahwa kurma dapat mengurangi borok secara signifikan.
  • Kurma untuk gigi yang lebih kuat. 
    Bayi tumbuh gigi dapat diberi kurma matang untuk perkembangan gigi yang lebih baik. Mengunyah kurma bisa memperkuat gusi dan giginya bisa tumbuh lebih cepat dan lebih kuat.
  • Bergizi selama demam dan cacar. Teteskan kurma pada susu dan berikan pada bayi saat ia menderita demam, batuk dan cacar. Infus yang kaya zat gizi ini membantu dalam pemulihan yang cepat. Kurma juga akan membantu mempercepat pemulihan selama cacar. Ini juga bisa digunakan untuk orang dewasa.
  • Obat untuk disentri. 
    Balita juga bisa menderita disentri. Infeksi bakteri pada usus besar umumnya yang menyebabkan terjadinya disentri. Bubur manis kurma bagus untuk mengendalikan disentri loh, Moms.
  • Meredakan sembelit. 
    Buah kurma mengandung serat makanan dalam jumlah tinggi. Hal ini penting untuk menambahkan curah ke tinja dan meningkatkan penyerapan air di tinja. Hal ini menyebabkan pergerakan usus halus.
  • Meningkatkan Visi. 
    Kandungan vitamin A yang tinggi pada kurma yang matang meningkatkan penglihatan si kecil, sehingga memberikan penglihatan yang sehat
  • Meningkatkan Hemoglobin.
    Kandungan zat besi yang kaya pada kurma meningkatkan jumlah hemoglobin di sel darah merah bayi , memastikan pertumbuhan sehat dan tidak ada anemia.


Semoga bermanfaat.

By: Ayu Nanggala

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1236 Ayu Nanggala

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Bolu Sarang Semut 2 Telur

Selain hemat bahan, resep cemilan ini juga bisa dinikmati oleh para orang tua sekaligus anak loh Moms!

Tips Mudik Nyaman untuk Moms Yang Menjalankan Pumping

Menyiapkan stock ASIP untuk keperluan travelling tentunya sangat diperlukan bagi para Moms, apa saja yang harus disiapkan?

Brokoli Goreng Tepung

Apakah si Kecil tidak suka memakan sayuran terutama brokoli Moms? Yuk, coba variasikan melalui resep berikut!

Jangan Panik, Ini Dia Cara Mengatasi Bayi Tersedak ASI

Saat si Kecil sedang menyusu, risiko tersedak cukup besar karena dia masih belum dapat mengatur organ pencernaannya dengan optimal.

Bayi Rewel saat Menyusu, Kenapa Ya?

Tahukah Moms bahwa ternyata ada banyak faktor kenapa bayi masih rewel saat menyusu? Yuk simak ulasan berikut.

Bagaimana Mengajarkan Anak Minum dengan Sedotan?

Secara perlahan si Kecil harus diajarkan untuk minum menggunakan sedotan. Bagaimana caranya?

Kesalahan dalam Relaktasi Mandiri

Sudah lama tidak menyusui bisa membuat Moms melakukan beberapa kesalahan berikut ini saat relaktasi.

Oatmeal with Red Sauce

Tidak ada waktu banyak untuk menyiapkan sarapan si Kecil? Yuk buat sarapan simple namun tetap sehat

Roti Pisang Keju Kukus 12 M+

Bingung buat menu sarapan si Kecil? Yuk Moms coba resep dari Mom Rika untuk menu sarapan si Kecil

Tips Menaikkan Berat Badan Bayi dengan ASI Ekslusif

Bayi Moms memiliki berat badan di bawah rata-rata? Berikut ini adalah tips menaikkan berat badan bayi.

Hindari BPA pada Botol Susu Anak

BPA diketahui bisa menyebabkan gangguan otak dan fungsi tiroid, obesitas, penyakit jantung, gangguan imunitas, pubertas dini, bahkan kanker. [...]

Pentingnya Pumping Selama Travelling

Saat Moms travelling, sangat penting untuk tetap melakukan pumping demi mencukupi kebutuhan ASI si Kecil. Simak tips mempermudah proses pumping [...]

Menyusui Tidak Mencegah Alergi?

Menyusui tidak dapat melindungi si Kecil terhadap alergi. Sebaliknya ASI menyebabkan Alergi. Mengapa?

Berbagi Tips Menjalankan Puasa Ramadhan Bagi Bumil dan Busui

Puasa Ramadhan telah tiba, kali ini Dr.Nurul yang adalah seorang ibu ingin berbagi tips untuk bumil dan busui dalam berpuasa. Yuk, disimak.

Puasa Ibu Menyusui Wajib Atau Tidak?

Ibu menyusui sebaiknya menjalankan ibadah puasa atau tidak ya? Untuk ulasan lebih lanjut, mari simak yang berikut ini.

Praktisnya Sterilisasi Botol Saat Traveling

Pernahkah Moms merasa bingung perlengkapan apa saja yang perlu dibawa? Mari simak yang berikut ini.

Jangan Hiraukan Vitamin Penting Untuk Ibu Menyusui Ini!

Kandungan vitamin penting apa saja yang dibutuhkan oleh Moms menyusui? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Calon Ayah Hindari Makanan Ini

Jika Anda dan suami anda ingin segera untuk memiliki momongan, ada beberapa asupan yang harus di hindari. Mari simak yang berikut ini.

Mencegah Nyeri Puting Saat Menyusui

Sore nipples atau nyeri pada puting merupakan masalah umum menyusui. Lantas bagaimana cara mengatasi dan mencegah hal ini terjadi? Yuk simak [...]

Efek Buruk Balita Konsumsi Kopi

Adakah manfaat yang baik dari kopi jika dikonsumsi oleh balita? Apakah balita boleh mengkonsumsi kopi? Apakah kopi baik untuk balita? Mari [...]