Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Manfaat Dan Nutrisi Telur Puyuh Untuk Si Kecil

FEEDING  |  19 Mar '18


Hai Mommies, kali ini saya mau sharing mengenai kandungan gizi dan manfaat telur puyuh.Kebetulan anak saya Shazfa satu bulanan ini sedang suka sekali dengan telur puyuh.

Tahukah anda, memberikan Si Kecil asupan telur puyuh merupakan tindakan yang baik? karena telur puyuh mengandung berbagai manfaat kesehatan karena banyaknya gizi.

Manfaat konsumsi telur puyuh :

  • Telur puyuh mengandung sumber protein terbaik di bandingkan telur ayam dan telur bebek. Seratus gram telur puyuh mengandung 13,05 gram protein,lebih tinggi dari telur ayam maupun telur bebek.
  • Mengandung kolin. Kolin berperan penting di dalam tubuh, terutama bagi perkembangan fungsi otak. Hal tersebut berkaitan dengan peran kolin sebagai komponen asetilkolin yang berfungsi sebagai pengantar sinyal saraf. Asupan kolin yang cukup akan membantu kerja sinyal saraf pada otak, sehingga dapat memperkuat daya ingat anak yang mengkonsumsinya.
  • Mengandung protein ovomucoid yang berguna untuk mencegah timbulnya reaksi alergi terutama pada anak. Kaya Vitamin dan Mineral Vitamin B1 yang sangat penting bagi perkembangan awal anak. Kandungan vitamin B1 telur puyuh lebih dari jumlah vitamin B1 yang tersedia di ayam. Kandungan mineral penting seperti potasium dalam telur puyuh pada dasarnya bisa membantu anak untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan yang sehat dari tulang, gigi dan kuku.

Konsumsi telur puyuh bagi anak akan memberikan beberapa manfaat, antara lain:

  • Menyehatkan Tubuh Anak Telur puyuh sangat efektif untuk melawan gangguan pencernaan, dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan baik untuk perkembangan otak dan syaraf anak.
  • Kemungkinan kecil bisa menyebabkan alergi Kandungan globulin yang rendah pada telur puyuh, aman untuk anak-anak yang alergi telur ayam. Telur puyuh juga mengandung protein ovomucoid yang membuatnya bisa meminimalisir timbulnya reaksi alergi.
  • Mudah Dicerna Makanan terbaik bagi anak adalah makanan yang mudah dicerna sehingga tidak akan memberatkan kinerja organ pencernaannya yang masih berada dalam tahap perkembangan. Daya cerna protein hewani dalam telur puyuh sangat tinggi sehingga bisa dicerna secara sempurna di dalam tubuh.
  • Baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak Salah satu alasan utama mengapa dokter anak di seluruh dunia menyarankan untuk menawarkan telur puyuh untuk anak-anak adalah karena telur ini kaya akan vitamin dan nutrisi. Kandungan protein yang sangat tinggi akan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Telur puyuh tinggi vitamin B1 yang sangat penting bagi perkembangan awal anak.
  • Baik Untuk Otak Kandungan kolin yang kaya di dalam telur puyuh sangat baik untuk perkembangan fungsi otak. Kolin berperan sebagai komponen asetilkolin yang fungsinya untuk mengantarkan sinyal syaraf. Kinerja sinyal syaraf pada otak akan terbantu dengan asupan kolin yang cukup sehingga dapat memperkuat daya ingat pada anak.
  • Mengurangi risiko terjadinya beberapa penyakit. Telur puyuh bisa mengurangi risiko anak terkena penyakit jantung, arthritis (peradangan atau infeksi sendi) bahkan kanker. Hal ini disebabkan oleh asupan kalium yang tinggi dari telur puyuh, sehingga mengurangi kemungkinan terkena penyakit tersebut.

Lantas, kapan anak boleh diberikan telur puyuh ? Menurut sumber yg aku baca, meskipun anak memiliki kemungkinan alergi telur puyuh lebih kecil dari pada telur ayam, tetap dianjurkan untuk memperkenalkan telur puyuh yang awalnya diberikan ganya kuningnya saja setelah umur 1 tahun. Apalagi jika orang tua memiliki riwayat alergi.

Berdasarkan pengalaman saya, mulai mengenalkan telur ayam dan telur puyuh ke  Shazfa sejak dia masuk umur 9bulan, awalnya aku cobain kuningnya dulu,

 

Semoga bermanfaat.

By: Dr.Nurul Hidayati

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

7323 Dr. Nurul Hidayati

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Si Kecil Mogok Minum Susu? Kenali Penyebabnya

Mengapa si Kecil menjadi malas minum susu? Berikut adalah beberapa faktor penyebabnya.

Makanan yang Dilarang untuk Bayi Sebelum Usia 1 Tahun

Tidak semua makanan yang bagus untuk kita orang dewasa juga bagus untuk si Kecil lho Moms. Yuk simak apa saja sih makanan yang dilarang untuk si [...]

Benarkah ASI yang Lama Tidak Dikeluarkan dari Payudara Bisa Basi?

Jika lama tidak dikeluarkan, maka ASI di dalam payudara bisa basi. Benarkah demikian?

Tips Menentukan Menu MPASI Harian untuk si Kecil

Apakah Moms seringkali bingung ketika harus menentukan menu MPASI untuk si Kecil? Mari perhatikan tips berikut!

Persiapan MPASI 6 bulan

Memasuki usia 6 bulan, bayi akan diperkenalkan dengan MPASI. Hal-hal seperti apa sajakah yang mesti Mom perhatikan?

Ingin ASI Melimpah? Ikuti 5 Tips Berikut Ini!

Kecukupan nutrisi Si Kecil ditentukan oleh ASI yang diterimanya. Mari kita perhatikan tips guna meningkatkan produksi ASI.

Manfaat Tempe untuk MPASI

Selain nikmat dan memiliki harga yang terjangkau, tempe juga ternyata dilengkapi dengan banyak manfaat kesehatan.

Mempersiapkan ASI sejak Hamil, Apa saja yang Perlu Dilakukan?

Ternyata Mom bisa memulai mempersiapkan ASI bahkan sebelum Si Kecil lahir, bagaimana caranya?

Mitos Di Balik Konsumsi Air Kelapa Hijau Saat Hamil

Benarkah dengan mengonsumsi air kelapa hijau selama masa kehamilan dapat membuat Si Kecil lahir dengan kulit bersih?

Menu Mpasi Mun Tahu Ayam

Kali ini Mom Desi mau berbagi resep mun tahu ayam yang cocok disajikan untuk keluarga sekaligus sebagai menu MPASI. Yuk, disimak moms.

Avocado Fried Rice

Belum pernah dengar nasi goreng alpukat? Yuk Moms, kita pelajari cara membuatnya!

Takaran Kebutuhan Susu Sesuai Usia Si Kecil

Apakah anda sedang mencari tahu takaran asupan susu yang dibutuhkan oleh Si Kecil? Untuk lebih jelas mari simak yang berikut ini.

Chicken Nugget Stick Homemade

Si Kecil bosan dengan cemilan biskuit atau snack lainnya? Menu berikut ini dapat menjadi alternatif bagi anda. Yuk disimak.

Meningkatkan Produksi ASI Dengan Power Pumping

Penggunaan power pumping dapat membantu Moms untuk meningkatkan produksi ASI.

Bakso Sapi Homemade (10M+)

Daripada membeli, ada baiknya Moms membuat sendiri bakso sapi di rumah.

Memperbanyak Produksi ASI Pasca Caesar

Banyak yang berkata bahwa setelah bersalin secara caesar, Moms akan kesulitan mengeluarkan ASI. Yuk simak beberapa hal yang dapat membantu [...]

Apakah Bayi Wajib Bersendawa Setelah Minum Susu?

Saat bayi menelan udara saat menyusui, bersendawa dapat membantu mengeluarkan udara itu. Lantas, apakah bayi wajib bersendawa setelah minum susu?

Kenapa ASI Tidak Langsung Keluar?

ASI yang tidak keluar setelah melahirkan adalah hal yang wajar. Benarkah demikian? Mari simak yang berikut ini.

Beberapa Kesalahan Dalam Menyusui

Moms, Anda ingin berhasil menyusui? Mari pelajari kesalahan yang dialami Mom Sherlly sehingga Anda tidak perlu mengulanginya.

Roti Sobek Ubi Ungu Isi Coklat Untuk MPASI

Selain pudding, moms juga bisa membuat roti sebagai cemilan MPASI yang sehat untuk Si Kecil usia 12 bulan ke atas. Yuk simak menu berikut ini.