Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Manfaat dan Keunikan Botol Susu Anti Kolik

BABY  |  FEEDING  |  MY STORY  |  21 Jan '20


Hayo moms di babyo, jika memilih botol susu untuk si kecil, pertimbangannya apa saja? Asal memilih nggak? Yang penting mah bisa dipakai anak untuk minum ASIP atau susu. Eitzzz, ternyata itu kurang tepat. Justru dalam memilih botol susu harus banyak pertimbangan layaknya mau cari jodoh buat anak. Masa sih? Harus segitunya ya? Menurut saya, iya moms. Kita harus memilih botol susu yang tepat buat si kecil. Saya punya pengalaman tersendiri dalam penggunaan botol susu untuk anak. Si kecil jadi tidak nyaman dan menangis sejadi-jadinya. Dan belakangan kutahu kalau itu namanya kolik.

Kolik adalah satu masalah yang biasa dialami oleh si kecil yang bisa saja berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Gejala kolik pada anak adalah perut kembung, menangis tidak biasanya dan dalam waktu yang lama, wajahnya memerah. Bagaimana cara mengatasi kolik pada bayi? Caranya antara lain:

1. Gendong si kecil untuk menenangkannya, bisa dengan sambil bersenandung lagu nina bobo misalnya.
2. Jika bayi kolik, perutnya akan kembung. Untuk itu lakukan pemijatan lembut pada perutnya dengan menggunakan minyak yang menghangatkan seperti minyak gosok atau minyak telon.
3. Sendawakan si kecil sehabis menyusui Bisa dengan cara menggendongnya tengkurap lalu melakukan pijatan halus dipunggungnya.
4. Buat suasana rumah senyaman mungkin, agar si kecil bisa nyaman juga.
5. Perhatikan cara menyusui yang tepat jika anak direct breasfeeding. Pastikan pelekatannya tepat sehingga saat anak menyusui, udara tidak ikut terhisap.
6. Untuk orang tuanya, jangan panik ya moms karena justru itu bisa membuat si kecil tambah nangis. Jangan salah ya moms, anak kecil itu sangat peka.
7. Gunakan botol susu yang bisa menimimalisir terjadinya kolik

Botol susu yang seperti apa sih? Sekarang ada botol susu khusus atau bisa dibilang unik sih untuk anak yang bisa mencegah terjadinya kolik. Botol susu yang tahu banget masalah yang sering dihadapi oleh mama-mama. Untuk si kecil di rumah, saya juga menggunakan botol susu anti kolik.

Setiap hari jika ke kantor, anak saya harus minum ASIP/susu melalui botol susu. Sejauh ini alhamdulillah sangat membantu dan anak saya selalu nyaman saat menyusui. Selain mencegah kolik, ada beberapa manfaat lain yang bisa saya lihat ketika anak menggunakan botol susu anti kolik, yakni:

1. Si kecil jadi nyaman saat menyusui
Salah satu yang menjadi pertimbangan saya memilih botol susu adalah yang membuat anak nyaman. Mengapa botol susu anti kolik membuat anak nyaman? Karena desain botol susu anti kolik ini anti tumpah dan tidak membuat anak tersedak saat minum susu/ASIP. Botol susu anti kolik ini didesain natural flow, si kecil nggak perlu terlalu menghisap agar ASIP/susunya menetes.

2. Si kecil jadi lebih nyenyak tidurnya
Kualitas tidur yang baik sangat berpengaruh untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Jika anak mengalami kolik, maka pencernaannya akan terganggu, perut kembung dan pasti akan membuatnya sangat tidak nyaman. Otomatis tidurnya pun jadi tidak nyenyak. Botol susu anti kolik memiliki fitur yang dapat memisahkan antara jalur udara dan jalur susu/ASIP, sehingga bisa mencegah uadra ikut terhisap saat anak minum susu. Pencernaan si kecil jadi aman dan tidurnya pun lebih berkualitas.

3. Si kecil tidak bingung puting
Nipple dot dari botol susu anti kolik lembut dan elastis jadi si kecil jadi nyaman menyusui serasa menyusui ke ibunya. Jadi resiko bingung puting bisa diminimalisir. Saya paling takut dengan resiko bingung puting yang bisa saja dialami oleh si kecil. Karena biar bagaimanapun, saya juga tetap ingin direct breastfeeding jika pulang kerja. Setelah beralih ke botol susu anti kolik, bisa merasa tenang. Bye bye bingung puting.

4. Menjaga kandungan nutrisi

Yang paling unik dari botol susu ini adalah desainnya yang bisa menjaga kandungan susu/ASIP. Seringkali saya mendengar pernyataan orang lain "kenapa anaknya dikasi asi perah? Pasti kandungan gizinya sudah tidak ada" Sudah tidak higienis. Tapi ini tidak berlaku bagi botol susu anti kolik. Kok bisa? Itu dia uniknya moms, fitur dari botol ini yang memisahkan antara jalur udara dan jalur susu sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya proses oksidasi oleh udara. Jika udara bercampur dengan susu maka akan menyebabkan kandungan nutrisi dalam ASIP akan berkurang. Sayang kan moms jika si kecil cuman dapat kenyangnya saja. Itu berpengaruh pada pertambahan berat badan anak. 

Nah, bagaimana moms, yuk beralih ke botol susu anti kolik. Bagi yang masih bingung memilih botol susu, bisa mencoba botol susu anti kolik. Alhamdulillah saya sudah merasakannya. Anak sehat ibu Happy.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

213 Inayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Menjalani New Normal As A Stay-at-Home Mom sekaligus New Mom

Moms, yuk simak cerita Mom Rubi berikut ini tentang kehidupan menjalani new normal sebagai Ibu rumah tangga.

Atasi Bingung Puting dengan Dot Wide-Neck

Salah satu kondisi yang umum ditemui pada bayi yang sering minum susu dari botol adalah bingung puting. Kondisi ini terjadi ketika si Kecil [...]

Yuk, Atasi Bingung Puting dengan Dot Menyerupai PD Moms!

Di zaman yang semakin maju ini, ada banyak tipe dot yang ditawarkan sampai kadang Moms lupa dot seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan si Kecil.

Ikuti Kiat Berikut untuk Tuntaskan Masalah Bingung Puting

Selain menggunakan dot khusus, Moms juga harus melakukan beberapa kiat berikut untuk menunjang agar si Kecil tidak mengalami bingung puting.

Tips-tips Atasi Bingung Puting untuk Para Pejuang ASI

Berbagai masalah dan keluhan biasa dialami oleh para pejuang ASI. Masalah bingung puting, misalnya, tak jarang menyebabkan para ibu menjadi [...]

4 Hal Ini Efektif Cegah Bingung Puting

Tahukah Moms, ternyata memberikan botol susu di minggu-minggu pertama kehidupan bayi, saat mereka sedang belajar menyusu, bisa berisiko [...]

Bye-bye bingung puting!

Konon katanya, dot bisa membuat si Kecil nyaman menyusui. Ini membuat Moms takut si Kecil bingung puting ketika frekuensi menyusu langsung [...]

4 Kriteria Dot Ideal untuk Atasi Bingung Puting

Sebenarnya, tidak semua dot memberikan efek bingung puting. Moms perlu mencari dot yang memberikan kesan serupa dengan payudara agar si Kecil [...]

4 Tips Pilih Botol Susu Bayi untuk Working Moms

Walaupun ada risikonya, botol susu adalah solusi termudah bagi working Moms untuk tetap memberikan ASI selagi mereka bekerja.

3 Kiat Cegah Bingung Puting Sejak Dini

Kondisi bingung puting sering dialami pada bayi baru lahir. Tanda-tandanya adalah bayi menangis ketika disusui atau tidak mau menyusu secara [...]

Atasi Bingung Puting dengan 2 Langkah Ini

Apabila Moms tidak segera mengatasi kondisi bingung puting, si Kecil semakin menolak untuk menyusu langsung pada payudara.

Bingung Puting Pada Anakku dan Caraku Mengatasinya

Botol susu memang seringkali dijadikan alternatif pilihan bagi para Moms yang tidak bisa menyusui bayinya secara langsung. Namun, saat Moms [...]

Moms, Kenali Ciri, Penyebab, dan Solusi Bingung Puting

Kondisi bingung puting biasanya ditandai dengan bayi tidak mau membuka mulutnya dengan lebar dan hanya mau mengisap ujung/sebagian dari payudara ibu.

Ini 3 Hal Penting dalam Memilih Botol Susu Anti Bingung Puting

Botol susu biasa dengan aliran lancar membuat si Kecil malas menyedot. Inilah yang membuatnya menolak puting Moms ketika Moms ingin menyusu langsung.

Smart Mom Atasi Bingung Puting dengan Botol Susu yang Tepat

Moms, pernahkah mendapati si Kecil bingung puting? Apa yang telah Moms lakukan ketika menghadapi situasi seperti itu?

Pemilihan Dot yang Tepat, Solusi Bingung Puting pada Bayi

Bingung puting tidak bisa dianggap sepele. Jika dibiarkan, si Kecil tidak mau mengisap langsung dari payudara Moms. Lama-kelamaan, produksi ASI [...]

Bingung Puting Usai Minum Susu dari Dot? Ini Cara Mengatasinya

Setelah saya membaca-baca banyak artikel kesehatan, saya jadi tahu bagaimana cara dot yang tidak menyerupai nipple payudara ibu bekerja. Ini [...]

Kasus Bingung Puting pada Bayi

Mengapa tiba-tiba si Kecil tidak mau menyusu secara langsung? Inilah beberapa sebabnya.

Kenali Tanda Bingung Puting pada Si Kecil & Cara Mengatasinya dengan Tepat

Untuk mencegah bingung puting pada si Kecil, saya menyiasatinya dengan memberikan botol susu yang tepat, yaitu yang mempunyai nipple serupa [...]

Tips Efektif Mencegah Kolik dengan Mengganti Botol Susu Anti Kolik

Dear Moms, saya telah berbagai pengalaman saya mengenai kolik yang Zavi alami di artikel sebelumnya. Kali ini, saya ingin membagikan TIPS yang [...]