Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Manfaat Cod Liver Oil untuk Perkembangan Janin

BRANDS  |  PREGNANCY  |  31 Oct '19


Moms pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah cod liver oil, bukan? Cod liver oil merupakan minyak hati ikan yang diekstrak dari hati ikan kod. Ikan kod ini hidup di perairan laut dalam seperti samudra Pasifik dan Atlantik. Tahukah Moms bahwa ikan yang hidup di perairan laut dalam memiliki keunggulan dibandingkan dengan ikan yang hidup di perairan dangkal?

Ikan yang hidup di perairan laut dalam seperti ikan kod memiliki timbunan lemak yang lebih banyak untuk menjaga ketahanan dan suhu tubuhnya, memakan tanaman dasar laut seperti phytoplankton yang tinggi akan kandungan omega 3, serta tentunya lebih jarang terkena kontaminasi seperti merkuri. Hal inilah yang menyebabkan kandungan minyak ikan pada ikan perairan laut dalam termasuk cod liver oil lebih unggul dibanding dengan minyak ikan laut lainnya.

Manfaat Cod Liver Oil bagi Janin

Kandungan Omega 3, DHA (Docosahexaenoic Acid) dan, EPA (Eicosapentaenoic acid) pada cod liver oil memang dikenal sangat baik untuk baik dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak. Bahkan, selama ini cod liver oil juga dikenal sebagai suplemen untuk membantu meningkatkan pertumbuhan dan daya tahan anak, serta mengoptimalkan kecerdasan. Tak hanya baik untuk anak dan orang dewasa, ternyata cod liver oil juga sangat baik untuk perkembangan janin, lho. Apa saja manfaat cod liver oil untuk perkembangan janin?

Mendukung Perkembangan Otak Janin

Moms pasti sering mendengar tentang khasiat cod liver oil yang dapat mengoptimalkan kecerdasan anak. Ternyata hal ini bukanlah mitos semata. Kandungan omega 3 terutama DHA dan EPA memang dapat mendukung perkembangan jaringan otak si Kecil. Bahkan, hal ini dapat dilakukan ketika si Kecil masih di dalam kandungan dengan cara mencukupi asupan omega 3 saat hamil.

Meningkatkan Berat Janin

Berat badan bayi baru lahir dapat dikategorikan sebagai berat badan normal jika ia memiliki bobot minimal 2,5 kg. Ketika berat bayi lahir kurang dari 2,5 kg, bayi bisa dinyatakan mengalami berat badan lahir rendah atau BBLR. Bayi dengan kondisi BBLR berisiko mengalami berbagai komplikasi kesehatan mulai dari gangguan perkembangan paru-paru, masalah pernapasan, pendarahan otak, dan lain-lain. Mengonsumsi cod liver oil ketika hamil dapat membantu meningkatkan berat janin sehingga risiko terjadinya bayi lahir dengan berat badan rendah dapat menurun. Hal ini bahkan sudah dibuktikan dari sebuah penelitian di Islandia 2015 lalu. 435 ibu hamil (tanpa masalah komplikasi kehamilan) yang mengonsumsi cod liver oil melahirkan bayi dengan bobot yang lebih berat.

Namun, selalu perhatikan dosis suplemen yang ingin dikonsumsi ya Moms. Sebab, jika dikonsumsi terlalu berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan Moms maupun janin. Agar aman, Moms dapat mengonsumsi ikan yang bebas kontaminasi merkuri secara langsung atau minum susu khusus ibu hamil yang mengandung cod liver oil. Biasanya, dosis cod liver oil pada susu sudah disesuaikan dengan kebutuhan harian Moms. Selain itu, susu khusus ibu hamil juga memiliki kandungan nutrisi lain yang pastinya mendukung perkembangan janin.

Mengoptimalkan Perkembangan Mata Janin

Kandungan Omega 3 dan vitamin A dalam cod liver oil berperan penting dalam pembentukan awal retina mata janin bahkan sampai tahap dia dilahirkan. Dengan mengonsumsi cod liver oil, Moms juga dapat membantu mencegah terjadinya gangguan atau pun penyakit mata pada janin. Selain itu, omega 3 pada cod liver oil dapat membantu meningkatkan kualitas penglihatan ketika si Kecil sudah dilahirkan nanti.

Menurunkan Risiko Alergi pada Bayi yang Baru Lahir

Tidak sedikit bayi yang baru dilahirkan mengalami alergi kulit seperti dermatitis atopik atau eksim. Tanda-tanda bayi yang mengalami eksim ini diantaranya terdapat ruam kemerahan pada bagian kulit tertentu, kulit terlihat kering, hingga mengelupas. Dikutip dari American Pregnancy, ternyata kandungan omega 3 juga bisa menurunkan risiko alergi, termasuk eksim, terhadap bayi yang baru lahir. 

Mencegah Penyakit Jantung Bawaan pada Janin

Penyakit Jantung Bawaan (PJB) adalah kondisi kelainan jantung yang terjadi pada bayi sejak masih dalam kandungan. Tanpa kontrol pemeriksaan yang cermat, seringkali kondisi bawaan ini tidak terdeteksi sampai si bayi sudah lahir. Persentase kondisi di Indonesia sendiri diperkirakan sebanyak 8-10 dari 1000 kelahiran bayi. Penyebab terjadinya kelainan jantung bawaan pada janin ini sebagian besar belum diketahui, namun diduga salah satu penyebabnya terjadi karena semasa hamil, tubuh ibu kekurangan Omega 3.

Nah tahukah Moms bahwa kandungan Omega 3 pada cod liver oil ternyata juga mampu mengurangi risiko penyakit jantung? Karena itu apabila ibu hamil rutin mengkonsumsi cod liver oil, tidak hanya risiko sakit jantung sang ibu yang berkurang, tetapi juga turut menurunkan risiko kondisi kelainan jantung bawaan bagi janin.

Itulah berbagai manfaat cod liver oil untuk janin. Pastikan Moms mengonsumsi cod liver oil untuk menjaga dan meningkatkan pertumbuhan si Kecil, serta mencegah ia dari berbagai penyakit. Meski memberikan manfaat yang banyak bagi janin, Moms tetap harus mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter kandungan, ya. Sebab, setiap ibu itu unik dan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda terutama jika Moms memiliki riwayat penyakit tertentu.

Referensi: American Pregnancy, NHS UK, Kompas, BJOG

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1752 Vidoran Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

5 Tips Mengatasi Lelah dan Pegal saat Hamil

Salah satu hal tidak nyaman yang sering dialami oleh Ibu hamil adalah kelelahan. Yuk, simak 5 tips mengatasi lelah dan pegal selama hamil berikut ini.

Apa Itu Stretch Marks dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Tahukah Moms bahwa selama hamil, terdapat beberapa perubahan yang terjadi termasuk peregangan kulit?

Benarkah Kacang Hijau Bermanfaat untuk Janin?

Kacang hijau dipercaya sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan janin. Benarkah demikian?

Kenali Nutrisi yang Wajib untuk Ibu Hamil

Berbeda dengan wanita pada umumnya, ibu hamil akan membutuhkan asupan nutrisi dengan jumlah tertentu.

Cordlife Shield, Perlindungan Pada Kehamilan

Hipertensi dalam kehamilan salah satunya dapat terjadi pada pre eklamsia.

Tips Mengolah Makanan Ala Pregnant Working Mom

Siapa bilang pregrnat working Mom tidak bisa mengolah makanan dengan praktis? Yuk simak caranya di sini!

4 Tips If You Plan to Do Maternity Photo Session

Masa kehamilan adalah waktu yang berharga bagi ibu. Tak heran banyak yang ingin mengabadikan momen ini.

Proses Inseminasi, Tingkat Keberhasilan dan Resikonya

Metode inseminasi bisa menjadi salah satu cara agar pasangan memiliki anak. Bagaimana prosesnya?

Tips Atasi Kaki Pegal saat Hamil

Saat hamil, terkadang kaki terasa pegal. Apa saja yang bisa kita lakukan agar bisa mengatasinya?

Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui dan Melahirkan

Payudara kendur memang bisa bikin Moms tidak PD. Namun, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan serum.

Kiat Menyiapkan ASI Eksklusif Sebelum Melahirkan

Tahukah Moms, menyiapkan ASI eksklusif harus disiapkan jauh-jauh hari. Bahkan ketika kita masih hamil?