Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Manfaat ASI Untuk Ibu Dan Bayi

FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  05 Mar '18


ASI adalah makanan sekaligus minuman bagi bayi yang baru dilahirkan. ASI mudah dicerna dalam lambung bayi yang masih kecil. ASI memiliki banyak keunggulan dan manfaat yang lebih baik daripada susu formula. Sebaiknya, pemberian ASI eksklusif dilakukan hingga usia bayi menginjak 6 bulan dengan tambahan makanan pendamping ASI (MPASI) hingga usia 2 tahun. ASI tidak hanya bermanfaat bagi bayi saja, namun juga bagi Ibunya. Berikut ini adalah beberapa manfaat ASI bagi seorang Ibu menyusui:

  • Menurunkan berat badan 
    Pasti seorang Ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan, bahkan hingga dua kali lipat. Semua Ibu yang telah melahirkan pastinya ingin berat badannya kembali seperti semula. Dengan sering menyusui, maka berat badan juga akan perlahan turun. Selain itu, perhatikan juga asupan makanan yang dikonsumsi serta olahraga dengan rutin agar hasil lebih maksimal.
  • Mengurangi resiko kanker payudara 
    Kanker payudara adalah penyakit yang sangat ditakuti oleh setiap wanita. Ibu yang sedang menyusui dan memiliki ASI tidak akan mudah terkena kanker. Pemberian ASI kepada bayi yang dilakukan hingga dua tahun dapat mengurangi resiko kanker payudara sebesar 25%.
  • Mengembalikan ukuran rahim 
    ASI juga dapat mengembalikan ukuran rahim seperti semula. Ibu yang memiliki ASI akan memproduksi hormon oxytocin yang berguna untuk membuat rahim yang berada dalam tubuh kembali ke ukuran normal dengan lebih cepat

Sudah jelas bahwa bayi akan mendapatkan banyak manfaat dari ASI, terutama dalam proses pertumbuhannya. Tanda bahwa bayi mendapatkan ASI yang cukup adalah berat badannya naik dari saat pertama kali dilahirkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat ASI bagi bayi:

  • Mengurangi resiko kematian 
    Bayi yang mendapatkan ASI pada 6 bulan pertama akan mengalami peningkatan kekebalan tubuh sehingga resiko kematian dapat berkurang. Lain halnya jika bayi diberikan susu formula, bayi akan lebih rentan terserang penyakit. Kasus bayi yang meninggal biasanya diakibatkan oleh diare atau infeksi pernapasan.
  • Mengurangi resiko obesitas 
    Selain mengurangi resiko kematian, ASI juga dapat mengurangi resiko obesitas. Bayi yang mendapatkan ASI dipercaya memiliki badan berisi yang ideal. Selain berisi, bayi yang diberikan ASI juga akan mengalami pertumbuhan tulang yang baik. Sedangkan, pemberian susu formula dipercaya bobot tubuhnya lebih besar 20%-30%.
  • Mencerdaskan dan memperindah kulit 
    ASI juga dapat membuat bayi menjadi cerdas dan memiliki kulit yang indah. Hal tersebut bergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi oleh si Ibu. Maka dari itu, pilihlah jenis makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

927 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Diet Untuk Ibu Menyusui

Para Ibu yang baru melahirkan tentunya menginginkan bentuk tubuhnya kembali seperti semula. Namun tidak disarankan untuk melakukan sembarangan [...]