Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Manfaat Alfa-laktalbumin untuk Si Kecil

BRANDS  |  FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  20 Jul '18


Terdapat 2 komponen utama protein yang terdapat di dalam ASI, yaitu kasein dan whey. Jika dibandingkan dengan susu sapi, whey yang terdapat dalam ASI memiliki kadar yang lebih tinggi dan juga komposisi yang berbeda, di mana terdapat 2 komponen utama protein whey di ASI, yakni alfa-laktalbumin dan Laktoferin.

Alfa-laktalbumin sendiri adalah protein utama dalam ASI, mencakup hampir 28% dari total kandungan protein ASI. Sedangkan, susu sapi hanya mengandung 3% alfa-laktalbumin.

Manfaat utama dari alfa-laktabulmin sendiri bagi bayi dan anak adalah untuk:

  • Mengoptimalkan pertumbuhan.
  • Membantu penyerapan nutrisi dan kesehatan saluran cerna.
  • Memberikan perlindungan terhadap tubuhnya.

Selain itu, alfa-laktalbumin yang kaya akan berbagai kandungan asam amino, seperti asam amino triptofan dan sistein, sangat diperlukan juga oleh otak untuk menjalankan beragam fungsinya.

Asam amino sangat penting untuk membentuk zat-zat neurotransmitter atau zat penghantar informasi antarsel otak, seperti serotonin dan melatonin. Sementara itu, serotonin juga tak kalah penting dalam perkembangan dan maturasi otak bayi. Zat tersebut berperan dalam mengatur fungsi otak dalam hal kecerdasan, kecepatan proses berpikir, dan regulasi emosi serta perilaku Si Kecil. Ketidakseimbangan serotonin dalam otak dapat menyebabkan terjadinya gangguan perkembangan emosi dan perilaku Si Kecil di masa depan.

Pemberian alfa-laktalbumin triptofan terbukti bisa memperbaiki kualitas tidur Si Kecil. Kualitas tidur Si Kecil menjadi salah satu faktor yang memengaruhi fungsi otak dan perkembangan Si Kecil. Dengan begitu, pemberian nutrisi yang mengandung alfa-laktalbumin dapat menurunkan risiko gangguan fungsi otak serta gangguan perkembangan pada Si Kecil.

Alfa-laktalbumin mendukung perkembangan otak Si Kecil secara tidak langsung. Sebab, alfa-laktalbumin mempunyai peranan multifungsi. Salah satunya adalah merangsang produksi berbagai zat-zat antibodi untuk melindungi tubuh Si Kecil dari serangan infeksi. Oleh karenanya, pemberian nutrisi yang mengandung alfa-laktalbumin dapat menjadikan Si Kecil tumbuh sehat karena ia tidak akan mudah terserang penyakit dan otaknya akan berkembang secara optimal.

Pemberian alfa-laktalbumin dipercaya bisa meningkatkan penyerapan zat besi dan zat seng yang juga sangat dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang otak Si Kecil.

Karena ASI adalah sumber utama untuk memperoleh Alfa-laktalbumin, maka sebaiknya bayi mendapatkan ASI yang cukup. Bagaimana dengan sumber lain dari asam amino esensial? Karena arti dari asam amino essensial sendiri adalah asam amino yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, maka asupannya bergantung pada pemberian alfa-laktalbumin yang ditambahkan ke dalam susu atau makanan bayi. Beberapa contoh sumber alfa-laktalbumin selain ASI ialah susu, keju dan produk olahan susu lainnya.

 

Semoga bermanfaat.

Narasumber: dr. Muliaman Mansyur.

By: Babyologist Editor.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1855 Morinaga Platinum

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Jaga Gizi si Kecil di Saat Pandemi

Moms and Dads, yuk pastikan gizi si Kecil tercukupi dengan baik di masa pandemi ini.

Rahasia di Balik Tubuh yang Bebas Penyakit

Anak yang sehat dan bebas penyakit tentu menjadi dambaan bagi setiap orang tua.

Probiotik Terbaik bagi Kesehatan Si Kecil

Probiotik seperti apa yang baik bagi kesehatan tubuh si Kecil? Jangan sampai salah pilih ya Moms!

Pengaruh Suhu Makanan terhadap Kesehatan

Bukan hanya nutrisi makanan yang penting, ternyata suhu pada makanan juga perlu dipantau lho Moms!

Nutrisi Pendukung Generasi Platinum

Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya dapat menjadi bagian dari Generasi Platinum, namun bagaimanakah caranya?

Makanan yang Terbukti Mencerdaskan Anak

Kecerdasan seorang anak dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah asupan nutrisi yang lengkap dan simbang.

Pentingnya Nutrisi Makro dan Mikro untuk Kecerdasan Otak

Otak Si Kecil memerlukan nutrisi yang lengkap dan seimbang, contohnya seperti zat gizi makro dan mikro.

Cegah Infeksi Pernapasan dan Pencernaan dengan Laktoferin

Tubuh si Kecil rentan terserang infeksi pencernaan dan pernapasan, mari kita simak bagaimana cara mencegahnya.

Ingin Si Kecil Tetap Sehat dan Cerdas? Ikuti Langkah Berikut!

Si Kecil yang rentan terserang penyakit membutuhkan asupan nutrisi khusus agar bisa tetap sehat dan bertumbuh secara optimal.