Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Manfaaat Berolahraga Bersama si Kecil

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  PARENTING  |  03 Jun '20


Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga merupakan hal yang baik untuk dilakukan semua orang. Apalagi untuk orang yang memiliki banyak aktivitas, termasuk aku yang sehari-hari menjalani kegiatan sebagai ibu rumah tangga. Pekerjaan rumah tangga yang tidak pernah ada habisnya ditambah harus mengurus si kecil membuat daya tahan tubuh rentan untuk terserang penyakit. Tetapi tidak semua kegiatan olahraga dapat aku lakukan karena aku memiliki anak berumur 20bulan yang mulai aktif berjalan. Caraku untuk tetap bisa berolahraga adalah dengan melibatkan dia dalam kegiatan olahraga.

Menurut World Health Organization (WHO) intensitas berolahraga adalah 150 menit dalam 1 minggu. Jadi dalam satu hari minimal kita harus berolahraga selama 30 menit. Jenis olahraga yang saya lakukan bersama si Kecil:

1. Berjalan cepat sambil mendorong stroller.
Seorang dokter sekaligus occupational therapist Julie Netto mengatakan bahwa berjalan dapat mengurangi depresi. Selain itu jalan kaki juga dapat meenyehatkan jantung, mengurangi resiko diabetes, dam mengurangi ostioporosis. Kegiatan ini bisa dilakukaan pagi hari Moms. Pilih tempat yg aman dan area untuk para pejalan kaki, misalnya di gelanggang olahraga. Kenakan sepatu dan pakaian yang nyaman. Moms bisa mendorong stroller sambil bernyanyi. Menemani kita berolahraga, melihat pemandangan sekitar dan menghidup udara segar akan membuatnya menikmati kegiatan ini.

2. Yoga
Olahraga yoga sudah familiar dan menjadi salah satu olahraga yang digemari di kalangan Moms. Karena yoga juga bisa dilakukan bayi yg berumur 0 bulan (baby yoga), ketika masa kehamilan (prenatal yoga) hingga setelah persalinan (post natal yoga). Sebaiknya moms melakukan yoga 6 hingga 8 minggu setelah masa persalinan. Jika moms mrlahirkan secara caesar moms bisa berkonsultasi dengan obgyn terlebih dahulu. Kegiatan ini biasa aku lakukan di rumah sambil melihat tutorial di youtube. Ciri khas dari gerakan yoga adalah kita dapat belajar tentang pernafasan sehingga dapat mengurangi penyakit asma. Moms juga dapat melakukan gerakan di daerah pinggul untuk membantu mengencangkan otot kewanitaan. Beberapa gerakan yang bisa dilakukan dengan bayi misalnya virabhadrasana II, paripurna navasana dan masih banyak lagi.
Menurut penelitian McMaster Optimal Aging Portal Kanada, yoga dapat membantu meredakan sakit pinggang loh.  

3. Zumba
Zumba adalah olahraga yang sering aku lakukan. Karena ketika aku melakukan gerakan zumba, anakku selalu mengikutiku bergoyang. Ini memperbaiki moodku karena berolahraga sambil terhibur melihat tingkahnya. Olahraga zumba efektif dilakukan untuk menunkan berat badan karena membakar banyak kalori hingga mengecilkan bagian perut.

Kebiasaan baik memang harus diltanamkan sejak dini agar ini menjadi rutinitas, bukan sebuah paksaan. Dengan rutin melibatkan anak untuk ikut berolahraga akan membuat dia mencontoh apa yang kita lakukan dan mereka akan lebih peduli dengan kesehatan diri sendiri. Selain itu olahraga jg dapat melekatkan kedekatan orang tua dan anak (bonding) yg ternyata baik untuk perkembangan psikisnya. Menurut penelitian di Michigan State University’s Institute, anak yang gemar berolahraga terbukti lebih cerdas dibandingkan yang tidak pernah melakukan olahraga.

Manfaat berolahraga untuk anak yang tak kalah penting adalah dapat menstimulasi perkembangan sensor motoriknya. Karena mereka menyeimbangkan antara otak kanan dengan cara melihat dan menirukan gerakan menggunakan sensor motoriknya. ini merupakan perkembangan sejalan antara kematangan saraf dan ototnya. Sehingga, setiap gerakan yang dia lakukan adalah hasil pola interaksi dari berbagai bagian dan anggota tubuh yang terkontrol oleh otak.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1346 Noviana Maharani Syaraswati

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Simple Supaya Baby Suka Mencuci Tangan

Simak tips sederhana mengajarkan si Kecil suka cuci tangan berikut ini.

Cek Kepadatan Tulang di KalCare

Beberapa literatur yang saya baca menjelaskan bahwa jika ibu menyusui membutuhkan asupan kalsium 2 kali lebih banyak dari biasanya karena harus [...]