Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Mama Takut Menyusui Anak?

MY STORY  |  11 Sep '17


Hal yang paling dasar bagi seorang manusia untuk bertahan hidup tentu adalah makan, begitu juga dengan bayi. Mereka hanya bisa bertahan hidup dengan cara menyusu.

Pernah ga sih terbayangkan kalau ada bayi lahir tidak bisa menyusu? Jujur, saya tidak. Semua bayi, baik itu bayi saudara, bayi teman, bahkan bayi yang ketemu dijalan kalau lagi dilihat pasti lagi nyusu. Untuk itu ini tidak pernah saya doakan, karena bagi saya setiap bayi otomatis akan bisa menyusu.

Awal tahun 2017 merupakan masa-masa yang penuh warna bagi saya. Inilah masa kelahiran bayi saya yang telah kami tunggu-tunggu. Sungguh kebahagian dan kelegaan yang luar biasa melihatnya lahir dengan selamat dan sehat, lengkap tanpa kekurangan apapun.

Sampai akhirnya kami tiba dirumah dan bulan-bulan kelam itu pun dimulai. Saya mendapati bayi saya tidak bisa menyusu, dia kesulitan dalam menyedot dan menelan susunya, yang kemudian setelah saya telusuri merupakan sindrome Dysphagia. 

Momen-momen menyusu yang seharusnya adalah momen bonding dan menyenangkan menjadi momen yang traumatis dan menakutkan bagi saya dan dia. Kami berdua selalu menangis setiap kali jam menyusu itu tiba. Saya merasa gagal memenuhi hal paling dasar dan yang seharusnya gampang dipenuhi. ASI yang cukup tak menjadi hal yang luar biasa kalau bayi saya tidak bisa menikmatinya.

Disini semua bagian diri saya diuji, mulai dari fisik dan mental. Secara fisik sangat melelahkan karena saya harus menyusuinya setiap jam. Karena kesulitannya dalam menyusu, akhirnya dalam setiap sesi dia hanya bisa menghabiskan setengah porsi susu, ini yang menyebabkan dia kembali lapar sejam kemudian.

Tidak hanya itu, setiap sesi menyusu akan memakan waktu sejam, dan jumlah susu yang dihabiskan hanyalah sebanyak 40 m. Dalam setiap sedotan, susu akan akan tersangkut di tenggorokannya membuatnya kesakitan dan menangis - saya kemudian harus menenangkannya dan kembali menyusuinya untuk kembali menghadapi hal yang sama. Posisi menyusu juga sangat berperan penting disini, saya harus menyusui Eegan dengan posisi tubuhnya tegak seperti berdiri untuk bisa membantu susu itu turun tanpa harus dia terlalu menyedot atau menelan.

Bayi saya serasa tidak pernah kenyang, bahkan tidur tidak pernah lebih dari sejam akibat kekurangan susu. Eegan sendiri, bayi saya, sempat trauma akan dot susu. Dot susu yang seharusnya teman baiknya menjadi hal yang menakutkan, terbukti dari eegan yang sudah langsung nangis begitu melihat dot susunya. Hati ibu mana yang tidak hancur melihat bayinya kesulitan untuk melakukan satu-satunya hal yang harus dia lakukan untuk hidup?

Kami pun membawa Eegan ke beberapa spesialis anak yang berujung sama, hanya di sarankan untuk bersabar minimal 3 bulan karena sendirinya menurut mereka anak ini akan mulai belajar sendiri teknik menyusu dengan benar. Selama kurang lebih 3-4 bulan saya menjalani ini setiap hari, baby blues sudah pasti. Tapi didalam semua kekalutan ini, saya begitu merasakan pertolongan Tuhan.

Selama 3 bulan ini baik saya dan Eegan tidak pernah sakit, padahal saya begitu lelah dan stres. Dan selama Eegan kesulitan ini, berat badan Eegan terus naik walalupun tidak signifikan. Eegan terus bertumbuh sehat. Hari demi hari terasa lambat, namun akhirnya titik terang itu mulai semakin bercahaya.

Seperti kata DSA-nya, Eegan mulai menguasai teknik menyusu. Caranya menyedot dan menelan susu mulai lebih rapih dan benar, sampai akhirnya hari ini Eegan sudah lancar bahkan sudah bisa menyusu sambil baringan. Selain itu juga lahap lancar memakan setiap makanannya. 

Pengalaman ini memberikan saya kesempatan untuk belajar bersabar dan tidak menyerah akan Eegan. Sehingga suatu hari nanti ketika Eegan mungkin merasa ingin menyerah, saya tetap tidak akan menyerah. 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Dysphagia, bisa dicek disini ya :

http://www.asha.org/PRPSpecificTopic.aspx?folderid=8589934965§ion=Signs_and_Symptoms

By: Marlisa Tenggara 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2305 Marlisa tenggara

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Lahiran Normal vs Sesar

Apa perbedaan melahirkan dengan normal dan sesar? Yuk simak pengalaman Mom Jenny

Ibu Menyusui Sering Haus, Mengapa Begitu?

Saat menyusui Moms sering mengalami haus yang berlebihan. Wajarkah hal ini terjadi? Mari temukan jawabannya berikut ini.

Mastitis-Abses Sembuh Tanpa Obat Kimia

Apakah Moms adalah penderita mastisis? Moms, yuk simak pengalaman Mom Riri berikut dalam mengatasi mastitis yang Ia alami.

Babyo Talk with Mom Jovanzka Mengenai Kehamilan dan Baby Blues

Yuk simak cerita dari Mom Jovanzka seputar kehamilan dan baby blues serta bagaimana ia mengatasinya.

Manfaat Bertelanjang Kaki Pada Bayi

Tahukah Moms, Si Kecil dibiasakan bertelanjang kaki jauh lebih baik daripada beralas kaki, Kenapa?

Baby-O-Talk With Doctor and Mom, Nurul Hidayati

Apa rahasia Mom sekaligus Dokter Nurul menjalani kehidupannya sebagai ibu dan juga dokter umum? Bagaimana cara beliau membagi waktu? Yuk, simak [...]

Baby-O-Talk With Working Mom, Michelle Gouw

Menjadi seorang ibu adalah tanggung jawab yang besar apalagi di iringi dengan bekerja. Yuk, simak cerita dari Mom Michelle Gouw berikut ini.

Baby-O-Talk With Mom Tita Seputar Pengalaman Menjadi Seorang Ibu

Mom adalah pekerjaan yang tidak mudah, mari kita simak pengalaman Mom Tita menjadi seorang ibu.

Baby-O-Talk With Mom Adhitya Seputar Stimulasi Kandungan

Adhitya Putri memiliki cara tersendiri untuk menstimulasi kandungannya, seperti apakah itu?

Babyo Talk With Mom Jessica Forrester Seputar Stimulasi Kandungan

Stimulasi ternyata juga penting bagi ibu yang sedang hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Jessica Forrester mengenai Stimulasi berikut ini.

Tips Menghadapi Gender Disappointment

Pernahkah Anda mengalami kekecewaan karena jenis kelamin janin tidak sesuai dengan yang diharapkan? Yuk, simak pengalaman Mom Sylvia berikut ini.

Baby-O-Talk with Mom Gisel Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Gisel mengenai vaksin!

Baby-O-Talk with Mom Silvia Seputar Vaksin

Vaksinasi ternyata juga penting bagi ibu yang akan hamil. Yuk Moms, mari kita simak pendapat Mom Silvia mengenai vaksin! Yuk, disimak.

Baby-O-Talk with Mom Lina Seputar Menyusui

Pembahasan mengenai menyusui tidak ada habisnya. Kali ini, Babyologist bertanya-tanya kepada Mom Lina seputar menyusui.

Jaga Sendiri or Pakai Suster?

Mom Michelle Gouw berbagi cerita dan suka duka selama masa kehamilan dan merawat bayi dengan bantuan suster. Yuk simak bersama.

Kenapa Anak Mimisan?

Kenapa anak bisa mimisan? Apa yang sebaiknya dilakukan ketika anak mimisan? Berikut pengalaman dari Mom Sherlly.

Strawberry Hemangioma Awareness

Strawberry Hemangioma? Apa itu? Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hemangioma? Mari simak cerita dari Mom Tita.

Baking Bersama Kathleen

Baking bersama di dapur bisa menjadi kegiatan yang educative dan fun loh Moms! Yuk simak cerita Mom Sarah berikut ini.

Steps to Recovery After Miscarriage

Bagi pasangan yang mengharapkan seorang anak, keguguran merupakan kesedihan yang sangat mendalam. Berikut cerita dari Mom Ricka.

Hamil 9 Bulan Cuma Naik 10kg Normalkah?

Apakah ibu hamil harus identik dengan gemuk? Bagaimana dengan ibu hamil yang hanya mengalami sedikit kenaikan berat badan?