Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  19 May '22


Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan. Pasalnya, terdapat beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat hamil muda karena dapat membahayakan kesehatan janin.

Di masa kehamilan, Moms memang wajib mendapatkan asupan nutrisi untuk menjaga supaya janin sehat dan tumbuh sempurna. Akan tetapi, jangan lupa bahwa apa pun yang Moms konsumsi akan berpengaruh terhadap janin. Oleh karena itu, pastikan hanya mengkonsumsi makanan bermanfaat.

13 Daftar Minuman dan Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ada berbagai jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi ketika sedang hamil muda sebab berpotensi menimbulkan efek tidak baik bagi janin dalam kandungan. Bahkan, beberapa di antaranya bisa menyebabkan keracunan pada ibu. Karenanya, Moms perlu lebih berhati-hati memilih makanan.

Walaupun mungkin ada beberapa makanan yang perlu dihindari, namun Moms tidak perlu khawatir. Masih ada banyak makanan bergizi dan enak yang bisa dikonsumsi. Di bawah ini, jenis-jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang hamil muda:

Baca Juga: Cara Mencegah Si Kecil Muntah ketika Minum Susu!

  1. Daging Mentah atau Kurang Matang

Pastikan daging Moms konsumsi sudah matang sempurna. Hal ini sangat penting, sebab daging yang matang kemungkinan mengandung kuman atau bakteri berbahaya. Kalau sampai masuk dalam tubuh, maka bisa memicu datangnya penyakit, seperti listeria.

  1. Ikan Mentah atau Kurang Matang

Moms pernah bertanya-tanya, saat hamil muda tidak boleh makan apa saja? Salah satu jenis makanan yang dilarang dikonsumsi adalah ikan mentah atau sudah dimasak tapi kurang matang, karena dapat meningkatkan risiko mengalami infeksi bagi Moms.

Ibu hamil tetap dapat mengkonsumsi ikan, dengan syarat harus dimasak hingga benar-benar matang. Selain itu, jika Moms memiliki hobi makan sushi dan sashimi, sebaiknya tunda dulu makan makanan ini saat hamil, sebab tidak menutup kemungkinan mengandung cacing parasit.

  1. Susu atau Keju yang Belum Dipasteurisasi

Sebaiknya, Moms tidak mengkonsumsi produk susu mentah atau keju yang belum melewati proses pasteurisasi. Pasteurisasi yaitu pemanasan untuk membunuh bakteri dalam minuman atau makanan tanpa merusak kandungan nutrisi didalamnya. Sebab, bisa berpotensi menyebabkan keracunan.

Bakteri yang terdapat dalam susu dan keju yang belum melalui proses pasteurisasi bisa membahayakan janin. Oleh karena itu, hindari minum susu hewani mentah. Sebaliknya, jika susu telah dipasteurisasi, maka Moms boleh meminumnya karena susu telah aman.

  1. Jeroan

Meskipun jeroan memiliki nutrisi tinggi, namun tidak boleh terlalu sering dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Idealnya, maksimal satu kali dalam seminggu dengan porsi secukupnya. Mengkonsumsi terlalu banyak jeroan bisa menimbulkan gangguan hati pada ibu. Selain itu, dilansir dari Pregnancy Birth and Baby, jeroan merupakan salah satu makanan yang perlu dihindari ibu hamil dan tidak boleh dikonsumsi terlalu sering atau dalam jumlah banyak. Jeroan kaya akan vitamin A dan berpotensi mengganggu pertumbuhan janin.

  1. Makanan Laut Bermerkuri Tinggi

Ibu hamil 1 bulan tidak boleh makan apa? Sebaiknya, Moms menghindari makanan laut yang mengandung merkuri tinggi, seperti tenggiri, tuna, todak, hiu, dan kerang. Apabila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan gangguan saraf, imum, dan ginjal pada ibu. Bukan hanya itu, janin juga berpotensi mengalami gangguan pertumbuhan dan kecacatan. Jika Moms ingin makan seafood, maka porsi ideal yang dianjurkan adalah 300 gram dan hanya boleh dikonsumsi maksimal dua kali perminggu.

  1. Telur Mentah atau Setengah Matang

Makanan yang harus dihindari saat hamil muda selanjutnya adalah telur mentah. Moms tentu sudah tahu kalau telur merupakan salah satu sumber protein yang bagus dikonsumsi. Namun, jangan sampai mengkonsumsi telur mentah atau setengah matang karena umumnya mengandung bakteri Salmonella aktif. Bakteri tersebut dapat menginfeksi Moms dan janin. Pada beberapa kasus, infeksi bakteri Salmonella menyebabkan ibu hamil mengalami muntah, diare, demam, kram perut, keguguran, hingga memicu kelahiran prematur.

  1. Buah dan Sayuran Tidak Dicuci

Kalau Moms bertanya, saat hamil muda harus banyak makan apa? Jawabannya adalah buah, sayur, dan lauk pauk lain. Akan tetapi, pastikan buah serta sayuran yang akan dikonsumsi dalam keadaan bersih, atau telah dicuci terlebih dahulu. Besar kemungkinan ada parasit menempel pada buah dan sayuran yang belum dicuci. Kalau dimakan, maka bisa menyebabkan infeksi. Salah satu jenis parasit yang mengkontaminasi sayuran dan buah adalah Toxoplasma. parasit ini bisa memicu kebutaan pada janin.

  1. Kafein

Sebenarnya Moms boleh mengkonsumsi minuman berkafein, seperti kopi, teh, coklat, soda, atau energy drink saat hamil, akan tetapi harus dibatasi. Jika dikonsumsi berlebihan, kafein berpotensi mengganggu pertumbuhan janin dan bahkan menyebabkan keguguran. Selama masa kehamilan, Moms hanya dianjurkan untuk mengkonsumsi tidak lebih dari 200 mg atau 2-3 gelas minuman berkafein khususnya di trimester pertama kehamilan.

  1. Alkohol

Hindari minuman beralkohol saat sedang hamil, jangan mengkonsumsinya meskipun dalam jumlah kecil. Alkohol bisa menimbulkan berbagai masalah, termasuk mengganggu perkembangan janin, stillbirth (bayi lahir mati), hingga meningkatkan risiko keguguran. Mengkonsumsi alkohol juga bisa memicu fetal alcohol syndrome atau sindrom yang bisa menyebabkan kelainan jantung, kelainan bentuk wajah, dan keterbelakangan mental sejak bayi masih berada dalam kandungan. Jadi, bahaya minum alkohol saat hamil sangat besar.

  1. Mayones

Mungkin Moms bingung, kenapa tidak boleh makan mayones saat hamil muda? Hal ini tidak terlepas dari kandungan telur yang merupakan salah satu bahan bakunya. Biasanya, telur yang dipakai membuat mayones masih mentah sehingga sebaiknya dihindari ibu hamil. Seperti telah dibahas sebelumnya, dalam telur mentah terkandung bakteri Salmonella. Ketika hamil, maka kondisi Moms sangat rentan dan berisiko tinggi terserang infeksi. Oleh karena itu, mengkonsumsi telur mentah dalam bentuk apa saja bisa sangat berbahaya.

  1. Durian

Makan buah-buahan segar memang bagus untuk ibu hamil, tapi tidak semua jenis buah boleh dikonsumsi. Lalu, buah apa yang harus dihindari saat hamil muda? Sebaiknya Moms menghindari durian karena dapat memicu keguguran serta pendarahan saat persalinan. Durian dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, namun dalam jumlah terbatas. Sementara itu, jika Moms memiliki diabetes atau hipertensi, dianjurkan tidak makan durian sama sekali.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa si Kecil dan Moms Menyukai Babybee Big Buddy dan Buddy Pillow

  1. Herbal

Melansir dari American Pregnancy Association, ada beberapa jenis herbal yang jadi pantangan untuk dikonsumsi ibu hamil, seperti efedrin, rosemary, chamomile, dan dong quai. Pasalnya, herbal dapat menimbulkan efek buruk apabila dikonsumsi terus-menerus. Dong quai, contohnya, dapat menyebabkan stimulan pada rahim sehingga ibu hamil mengalami kontraksi. Agar lebih aman, Moms sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu jika berencana untuk mengkonsumsi herbal jenis apapun.

  1. Makanan Cepat Saji

Apakah Moms penggemar makanan cepat saji? Kalau iya, maka sebaiknya hindari mengkonsumsi terlalu banyak jenis makanan ini saat hamil. Pasalnya, fast food mengandung lemak trans yang berpotensi meningkatkan risiko makrosomia (ukuran janin terlalu besar).

Bagi Moms yang memiliki riwayat alergi atau mengidap penyakit tertentu, maka Moms bisa berkonsultasi ke dokter mengenai minuman dan makanan yang harus dihindari saat hamil muda. Dengan begitu, maka bisa mengetahui apa saja yang boleh dikonsumsi selama hamil sesuai dengan kondisi Moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

211 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Nipple Shield untuk Apa? Yuk Pelajari dan Lihat Daftar Rekomendasinya

Ketahui kapan dan bagaimana harus menggunakan nipple shield agar proses menyusui Moms sukses dan menyenangkan.

Ingin Si Kecil Gemuk, Sehat, dan Cerdas? Yuk, Terapkan Prinsip Berikut!

Apa saja tips agar bayi baru lahir cepat gemuk dalam 1 minggu? Yuk, Moms, baca selengkapnya penjelasan berikut!

Rayyanza Semakin Membaik, Ini Cara Keluarga Gigi Merawat Si Kecil Saat Sakit

Anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, jatuh sakit. Sebenarnya, Rayyanza sakit apa? Bagaimana pula cara merawat [...]

Panduan Imunisasi Anak, Vaksin Wajib, dan Kisaran Harganya

Tahukah Moms, bulan Agustus adalah bulan Imunisasi Anak Nasional?

Pemerintah Siapkan Vaksinasi Pediatric COVID-19 Usia 6 Tahun ke Bawah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan mulai menjajaki program vaksinasi anak di bawah 6 tahun.

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di