Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Makanan untuk Ibu Hamil

HEALTH TIPS  |  PILLAR POST 1  |  PREGNANCY  |  19 Jun '18

Saat sedang hamil, kebutuhan makanan anda memang harus ditambah. Karena anda mungkin akan sering merasa lapar akibat aktivitas yang banyak sehingga anda memerlukan energi yang cukup setiap harinya. Tapi sebenarnya yang dibutuhkan tubuh pada saat hamil hanya tambahan 300 kalori saja, dan itu cukup untuk keseimbangan energi pada tubuh dan juga asupan untuk bayi.

Yang patut untuk diperhatikan adalah kandungan pada setiap makanan yang dikonsumsi. Anda harus memenuhi nutrisi tubuh agar kehamilan dan bayi tetap terjaga kesehatannya. Oleh karena itu anda harus dapat memilih makan yang tepat untuk dikonsumsi.

Makanan Tepat untuk Ibu Hamil

Di bawah ini adalah beberapa makanan dan minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil:

Air

Mememnuhi kebutuhan air dapat mencegah bayi lahir prematur, hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebihan, dan juga infeksi kandung kemih. Kebutuhan air minum pada ibu hamil setiap harinya yaitu mencapai kurang lebih 2,5 liter (setara dengan 10 gelas) air dalam sehari. Cairan ini juga bisa didapatkan dari sayuran dan juga buah-buahan yang dikonsumsi yang memiliki kandungan air yang tinggi dan juga jus serta susu. Namun banyak mengonsumsi air seperti minuman ringan (kemasan) dapat membuat kadar gula dalam tubuh menjadi naik hingga menyebabkan hipertensi atau bertambah berat badan.

Sayur dan buah

Kandungan yang dimiliki sayuran dan buah-buahan seperti kandungan aneka vitamin, mineral, serta serat, juga vitamin A, K, C dan asam folat membuat keduanya itu menjadi makanan yang sangat dianjurkan pada ibu hamil untuk dikonsumsi. Karena keduanya memiliki kandungan yang memang dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan juga bayi yang dikandungnya.

Daging tanpa lemak, ikan, dan telur

Makanan-makanan ini kaya akan manfaat yang dapat diberikan pada bayi dan ibu hamil. Seperti halnya daging tanpa lemak merupakan makanan yang memiliki kualitas protein yang sangat baik. Namun hindarilah makan seperti sosis atau daging yang sudah diolah, karena bisa saja mengandung bakteri atau parasit.

Untuk ikan, Mom bisa memilih ikan salmon yang memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk tetap menjaga mood ibu hamil serta membantu perkembangan janin. Sementara, telur juga memiliki kandungan kolin yang memberikan dukungan perkembangan pada otak dan tubuh janin, serta telur juga dapat membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf.

Kacang-kacangan

Untuk mencegah wasir dan konstipasi pada ibu hamil, maka diperlukan kacang-kacangan yang mengandung banyak serat. Selain itu juga kacang-kacangan memiliki kandungan lainnya seperti kalsium, folat, zat besi, dan seng untuk menjaga kesehatan pada kandungan dan ibu hamil.

Makanan sumber karbohidrat

Perkembangan janin dalam kandungan akan sangat terbantu saat ibu hamil mengkonsumsi makanan seperti Gandum. Gadum yang kaya akan nutrisi, serat, vitamin E, dan selenium itu bisa anda dapatkan dalam bentuk oatmeal, roti gandum, pasta, ataupun nasi merah.

Susu dan produk turunannya

Susu dan juga segala makanan yang dibuat berbahan dasar darinya seperti yoghurt, dapat membantu dalam pembentukan tulang pada janin serta menjaga kesehatan tulang ibu hamil.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

BACA JUGA: Kecemasan Ibu Hamil saat Menghadapi Persalinan

598 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories