Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  12 May '22


Saat Moms menjalani masa kehamilan, Moms memang membutuhkan asupan nutrisi cukup untuk kesehatan Moms dan perkembangan janin. Oleh sebab itu, Moms harus memperhatikan konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda khususnya pada trimester pertama. Pasalnya, apa pun yang Moms makan akan ikut dikonsumsi si Kecil. Penting untuk memastikan selalu mengkonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi tinggi. Selain makan makanan sehat, Moms juga harus menerapkan pola hidup sehat agar ibu hamil dan janin tetap sehat hingga hari persalinan tiba.

12 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda yang Wajib Dikonsumsi

Moms tentu berharap bisa menjalani masa kehamilan yang baik supaya janin dalam kandungan tumbuh sehat dan sempurna, bukan? Salah satu cara untuk mewujudkan harapan tersebut adalah dengan menjaga pola hidup sehat dan diimbangi konsumsi makanan bergizi tinggi.
Di bawah ini, ada referensi makanan sehat yang wajib dikonsumsi ibu hamil muda:
  1. Daging Merah
Saat hamil muda, sebaiknya Moms rajin mengkonsumsi daging merah karena tinggi akan kandungan vitamin B12, protein, dan juga zat besi. Akan tetapi, perhatikan cara mengolah daging merah. Pastikan daging dimasak hingga matang sempurna sebelum dikonsumsi.
  1. Daging Ayam
Dalam daging ayam terkandung protein, kolin, vitamin B6, dan vitamin B12. Daging ayam merupakan sumber protein baik serta rendah lemak yang bagus dikonsumsi ibu hamil.
Seorang konsultan ahli gizi dan laktasi dari San Diego, yakni Crystal Karges, M.S., R.D.N., menyebutkan, bahwa pada trimester pertama masa kehamilan, ibu hamil cenderung mengalami mual. Karena itu, bumil perlu mengkonsumsi makanan yang bisa meredakan rasa mual.
Lebih lanjut, Crystal Karges mengatakan, makanan seperti nasi, buah segar, kaldu, yoghurt, kentang, dan sereal multigrain dapat membantu meredakan mual serta mudah dicerna. Crystal juga menganjurkan ibu hamil mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6.
  1. Bayam dan Sayuran Hijau
Moms yang baru mengalami periode kehamilan untuk pertama kali mungkin masih sering bertanya-tanya, hamil mudah sebaiknya konsumsi apa? Saat hamil, Moms sebaiknya mengkonsumsi makanan kaya vitamin dan nutrisi, seperti bayam dan sayuran hijau lainnya.
Dilansir dari World’s Healthiest Foods, daun bayam mengandung konsentrat vitamin A, vitamin K, magnesium, asam folat, mangan, dan zat besi tinggi. Tentu, Moms tidak harus fokus mengkonsumsi bayam karena sayuran hijau lainnya juga sangat baik dikonsumsi. Sayuran hijau mengandung vitamin, nutrisi baik, dan rendah lemak serta kalori. Konsumsi sayuran berserat tinggi akan membantu memperlancar kerja sistem pencernaan.
  1. Produk Susu
Merujuk pada riset yang dilakukan American College of Obstetricians and Gynecologists, ibu hamil berusia 19 tahun ke atas harus mengonsumsi setidaknya 1000 mg kalsium per hari. Sebagai rekomendasi, Moms bisa memilih produk susu, keju, yoghurt, dan turunan lainnya. Susu mengandung kalsium tinggi, whey, protein, magnesium, dan vitamin B yang bukan hanya bagus untuk kesehatan ibu hamil, tapi juga mendukung pertumbuhan tulang bayi.
Lalu, jenis makanan apa yang harus dihindari saat hamil muda? Jika Moms mempunyai riwayat mengidap intoleransi laktosa, maka susu dan produk turunannya dianjurkan untuk dihindari. Kecuali, produk tersebut telah melalui proses pasteurisasi terlebih dahulu.
  1. Kacang Kacangan
Apakah Moms sudah tahu, kalau kacang bisa menjadi pilihan camilan sehat saat sedang hamil? Selain memiliki rasa khas yang lezat saat dikonsumsi, kacang-kacangan kaya akan nutrisi penting, termasuk asam folat dan protein yang sangat dibutuhkan ibu hamil.
Menurut riset yang diterbitkan European Journal of Epidemiology, konsumsi kacang selama kehamilan bisa meningkatkan kemampuan kognitif janin. Kacang mengandung asam lemak esensial (omega 3 dan omega 6), dan asam folat.
Berikut ini adalah beberapa jenis kacang yang bagus dikonsumsi wanita hamil:
  • Almond
  • Pistachio
  • Kacang tanah
  • Kenari
  • Kacang merah
  • Edamame
  1. Buah Segar
Pada trimester pertama kehamilan, Moms sebaiknya rajin mengkonsumsi buah-buahan segar. Apalagi, sebagian wanita hamil cenderung mengalami kesulitan mengkonsumsi makanan berat. Oleh karena itu, buah segar bisa menjadi pilihan camilan sehat dan tepat.
Namun, bukan berarti semua jenis buah baik dikonsumsi ibu hamil. Jadi, buah apa yang tidak boleh dimakan ibu hamil muda? Moms tidak dianjurkan mengkonsumsi durian, pepaya mentah, nanas, nangka, dan sebagainya sebab bisa memberikan efek tidak bagus.
  1. Makanan Kaya Protein
Makanan sehat untuk ibu hamil muda selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah produk kaya protein. Konsumsi makanan berprotein nyatanya bukan hanya bagus untuk perkembangan otot, namun juga memberikan banyak manfaat baik untuk ibu hamil. Protein berperan membantu proses pembentukan jaringan tubuh ibu dan bayi saat mengandung. Bukan hanya itu, mengkonsumsi makanan berprotein secara teratur juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga Moms tidak mudah mengalami sakit.
Ini adalah beberapa jenis makanan kaya protein yang bagus dikonsumsi ibu hamil:
  • Daging tanpa lemak
  • Ikan
  • Telur
  • Unggas
  1. Makanan Tinggi Asam Folat
Asam folat adalah salah satu nutrisi penting yang berperan dalam pembentukan sel otak janin. Riset yang diterbitkan dalam Journal of American Association menyebutkan, mengkonsumsi asam folat dapat meminimalisir risiko autis pada bayi hingga 40%. Bukan hanya itu, cukup asupan asam folat juga dapat mencegah resiko terjadi anemia, preeklamsia, dan keguguran pada ibu hamil. Karenanya, makanan mengandung asam folat sangat bagus untuk dikonsumsi. 
Moms bisa mendapatkan asam folat dari makanan seperti berikut ini:
  • Sayuran hijau (bayam, kubis, brokoli)
  • Buah-buahan (alpukat, jeruk, pepaya)
  • Kacang-kacangan
  • Hati sapi
  • Telur
  1. Makanan Tinggi Karbohidrat
Ibu hamil membutuhkan asupan karbohidrat cukup selama masa kehamilan. Karbohidrat kompleks merupakan nutrisi yang berfungsi menjaga kesehatan pencernaan Moms. Karbohidrat juga dapat memenuhi kebutuhan akan energi bagi perkembangan janin.
Referensi makanan berkarbohidrat tinggi:
  • Brokoli
  • Bayam
  • Oatmeal
  • Kacang-kacangan
  1. Makanan yang Mengandung Zat Besi
Konsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi akan mencegah ibu hamil mengalami anemia. Zat besi juga berperan membawa darah kaya oksigen kepada janin di kandungan. Sementara itu, kekurangan asupan zat besi akan memberikan dampak negatif pada IQ anak.
Asupan zat besi bisa Moms dapatkan dari makanan sebagai berikut:
  • Daging sapi dan unggas
  • Telur
  • Makanan laut
  • Biji-bijian
  • Kacang-kacangan
  • Bayam
  1. Lemon dan Air Kelapa
Pada trimester pertama kehamilan, Moms pasti sering mengalami mual, bukan? Kalau hal ini terjadi, maka bisa minum lemon atau air kelapa sebagai solusinya. Selain itu, kedua minuman alami tersebut juga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.
  1. Biji Chia
Dilansir dari Livestrong, dua sendok makan biji chia mengandung 138 kalori, 8,5 gram lemak, 4,5 gram protein, 11 gram karbohidrat, dan 9 gram serat. Biji chia juga kaya akan vitamin A, zat besi, dan kalsium. Sehingga, mengonsumsi biji chia setiap hari bisa mencukupi sepertiga kebutuhan serat harian.
Selain mengetahui daftar makanan sehat untuk ibu hamil muda yang wajib dikonsumsi selama kehamilan. Moms juga perlu tahu saat hamil muda apa yang harus dihindari. Sebab ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil, termasuk daging mentah dan jeroan.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

127 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan.

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi [...]

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Menghadapi persalinan normal untuk pertama kali tentu akan membuat Moms merasa sangat nervous. Apalagi, proses melahirkan tidak bisa dijelaskan [...]