Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil Terbaik yang Sangat Dianjurkan

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  06 Apr '22


Ibu hamil termasuk salah satu kelompok yang lebih rentan mengalami anemia dibandingkan dengan kelompok lain. Anemia merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena kurangnya sel darah merah (hemoglobin) dalam tubuh. Gejala anemia yang paling sering dirasakan adalah mudah lelah. Untuk mengatasinya, Moms yang sedang hamil butuh makanan penambah darah untuk ibu hamil

Apa Saja Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil?

Anemia pada ibu hamil memang harus ditangani dengan serius karena apabila anemia masih berlanjut maka bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Kondisi ibu selama hamil yang anemia juga bisa menyebabkan kelahiran prematur.

Oleh sebab itu, Mom disarankankan mengonsumsi makanan di bawah ini:

1. Daging

Moms yang mengalami anemia disarankan untuk mengonsumsi daging, terutama daging merah yang mengandung banyak zat besi. Dilansir dari sumber Medical News Today, zat besi dalam daging lebih tinggi dibanding makanan lainnya. Daging merah merupakan salah satu sumber zat besi terbaik karena dalam 3 ons daging merah terdapat sekitar 1,5 mg zat besi.

Sumber makanan daging merah bisa didapatkan dari daging sapi dan daging kambing. Perlu Moms perhatikan, olahan daging merah yang hendak Moms konsumsi harus benar-benar matang untuk menghindari bakteri. Daging sapi tanpa lemak bisa menjadi pilihan makanan terbaik bagi Moms sebagai obat penambah darah alami.

Lihat Juga: Babyo Review - Dr. Brown's Parents Club

2. Brokoli dan Bayam

Makanan sehat selanjutnya yang dianjurkan untuk menambah darah ibu hamil adalah sayuran hijau, seperti brokoli dan bayam. Hal itu karena sayuran jenis ini mengandung asam folat dan zat besi serta sangat bermanfaat untuk penambah darah.

Olahlah sayur bayam yang kaya vitamin dan antioksidan ini menjadi makanan yang enak supaya Moms tidak bosan. Moms bisa memasak sayur bayam dengan cara ditumis atau dicampur dengan telur.

Kemudian, brokoli bisa dijadikan obat penambah darah yang alami dikarenakan mengandung banyak nutrisi. Di dalam satu mangkok brokoli saja sudah mengandung zat besi serta vitamin C, yang membantu penyerapan zat besi, sebanyak 1 mg. Meski brokoli termasuk salah satu sayuran penambah darah alami, Moms perlu berhati-hati saat mengonsumsinya. Brokoli baunya sangat menyengat ketika dimasak sehingga mungkin akan menimbulkan pengalaman kurang menyenangkan bagi Moms yang sedang mengalami morning sickness.

3. Asparagus

Perlu diketahui bahwa asparagus kaya akan kandungan zat besi dan dapat dipakai sebagai obat atau makanan penambah darah untuk ibu hamil. Moms pun bisa memenuhi kebutuhan zat besi dengan membuat semangkuk sup dari bahan asparagus. Selain itu, Moms dapat menambahkan biji wijen ke dalam sup tersebut supaya kandungan zat besi menjadi lebih banyak. Dengan begitu, asparagus menjadi salah satu makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil.

4. Makanan Sumber Protein

Perlu diketahui bahwa protein juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya anemia. Pasalnya, tingkat perkembangan dan produksi berbagai sel dalam tubuh (termasuk sel darah merah) membutuhkan protein.

Makanan sumber protein lainnya yang sangat disarankan untuk Moms, misalnya telur, ikan, daging, dan kacang-kacangan. Perhatikan asupan protein cukup bagi ibu hamil agar tidak kekurangan darah.

5. Buah-Buahan

Selain itu, Moms mungkin bertanya-tanya mengenai buah apa yang bisa menaikkan HB? Makanan penambah darah untuk ibu hamil selanjutnya adalah buah-buahan, karena mengandung mineral dan vitamin untuk menjaga Moms tetap sehat. 

Apa buah penambah darah untuk ibu hamil? Buah pisang merupakan yang dianjurkan bagi ibu hamil, hal ini bersumber dari laman Family Doctor Buah pisang ternyata mempunyai kandungan mineral dan zat yang banyak dan dapat dijadikan sebagai makanan penambah dari baik bagi tubuh ibu hamil. Selain itu, terdapat buah lainnya selain pisang yaitu dianjurkan mengonsumsi buah seperti jeruk dengan kandungan kaya akan vitamin C.

Perlu diketahui juga bahwa vitamin C ternyata bisa digunakan untuk meningkatkan penyerapan zat besi yang baik bagi ibu hamil dengan anemia. Hal ini sejalan dengan pendapat dikutip dari Mom Junction.

Lihat Juga: Babyo Story Mom Intan Nabila Ajak Si Kecil Ke Kebun Binatang

Dr. Anju Sood sebagai ahli gizi menyampaikan bahwa kombinasi vitamin C dan zat besi sangat penting untuk tubuh untuk penyerapan zat besi yang lebih baik. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C misalnya lemon, jeruk, kiwi, strawberry, pepaya, dan lainnya.

6. Madu

Makanan penambah darah yang direkomendasikan selanjutnya adalah  madu. Madu bisa dikonsumsi dengan mengkombinasikannya bersama buah-buahan. Madu bisa menjadi cara terbaik untuk memperoleh manfaat penuh dari kandungan zat besi sebagai obat kurang darah. Madu bahkan cenderung aman dikonsumsi oleh ibu hamil selama masa mengandung dan sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan janin.

Selain mengonsumsi makanan penambah darah untuk ibu hamil, Moms juga diharuskan untuk melakukan pemeriksaan kandungan setiap bulan secara rutin. Konsumsi makanan sehat tentu akan menjadi pilihan tepat dan bagus demi menjaga kesehatan, baik bagi Moms maupun si Kecil.

7. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan mengandung mengandung protein dan zat besi. Kacang lentil adalah salah satu jenis yang sangat cocok dijadikan sebagai obat penambah darah selama masa kehamilan karena memiliki kandungan zat besi tinggi. Perlu diketahui bahwa dalam satu cangkir kacang lentil ternyata memiliki zat besi sekitar 6,6 mg. Selain kacang, Moms juga dapat memperoleh nutrisi serupa dengan mengonsumsi kacang-kacangan lainnya seperti buncis dan kacang polong.

8. Ayam

Ayam ternyata memiliki kandungan zat besi sebanyak 1,5 mg dalam satu porsi (sekitar 8 ons). Jangan lupa untuk mengolah ayam hingga benar-benar masak untuk menghindari bakteri yang berbahaya, misalnya listeria.

9. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan zat besi sekitar 1,5 mg. Ikan jenis satu ini termasuk aman untuk dikonsumsi selama masa hamil. Namun. ingat selalu bahwa harus dikonsumsi hingga benar-benar matang.

Ikan salmon ternyata juga mempunyai kandungan asam lemak omega 3 serta berbagai nutrisi penting lainnya bagi tubuh. Salmon juga memiliki kandungan rendah merkuri jika dibandingkan dengan beberapa jenis ikan yang lain.

10. Buah Kurma

Kurma adalah sumber asam folat yang bagus untuk ibu hamil. Asam folat membantu mengurangi terjadinya kemungkinan bayi terlahir cacat. Kurma bahkan juga mengandung vitamin K dan zat besi. Kurma sebagai sumber fruktosa alami juga membantu ibu hamil dalam melawan kelelahan karena kehamilan.

Ibu hamil yang kebutuhan zat besinya tercukupi akan mempunyai energi yang cukup untuk beraktivitas sehari-hari. Kebiasaan ini juga mencegah anemia defisiensi besi.

 

Makanan penambah darah untuk ibu hamil dapat membantu pemenuhan zat besi ibu hamil. Pastikan makanan yang Moms konsumsi sudah disajikan dalam keadaan benar-benar matang supaya tidak berisiko membawa kuman penyakit.

 

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

279 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan.

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi [...]

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Menghadapi persalinan normal untuk pertama kali tentu akan membuat Moms merasa sangat nervous. Apalagi, proses melahirkan tidak bisa dijelaskan [...]