Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Makanan Penambah Berat Badan Anak

FEEDING  |  PARENTING  |  13 Jan '18

Anak saya Elle memang bukan tipe anak yang memiliki tubuh yang mudah gemuk. Ia tinggi dan tergolong kurus, padahal makannya banyak dan hampir setiap kali makan pasti minta tambah. Selama ini saya berpikir "ah memang gen-nya begitu, Daddnya kurus tinggi ya anaknya kurus tinggi". Akan tetapi hari ini ketika saya membawa Elle ke dokter untuk vaksin DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus), DSA Elle sedikit concerned dengan berat badan Elle yang tidak bertambah semenjak bulan lalu. Sedikit background story, bulan lalu Elle terkena radang makanya dibawa ke dokter jadi DSA tahu perkembangan Elle selama satu bulan belakangan ini.

Dokter berkata Elle perlu menambahkan berat badan selama satu bulan ke depan ini, jika tidak bertambah, mungkin akan diperlukan total check up untuk memastikan semua organ internal bekerja dengan baik. Karena itu ketika sampai di rumah saya pun langsung sibuk research makanan apa saja yang diperlukan untuk menaikkan berat badan anak.

Berikut adalah jenis makanan yang dapat membantu menaikkan berat badan anak: 

  1. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, pasta, roti, kentang
  2. Dairy products seperti susu full cream, cheese, yoghurt
  3. Kacang-kacangan, telur, dan daging karena mengandung protein tinggi
  4. Mentega, olive oil, peanut butter juga bisa membantu memicu berat badan anak karena mengandung lemak
  5. Pisang dan alpukat

Moms, anda dapat berkreasi dengan jenis makanan di atas untuk membuat menu makan harian yang menarik dan lezat untuk Si Kecil. Jika anak anda penyuka nasi atau pasta, anda bisa menambahkah keju di atasnya. Atau anda juga bisa mencampurkan keju ketika memasakkan omelette untuk Si Kecil. 

Sebagai menu makanan yang dibawakan ke sekolah, anda dapat memberikan roti dengan peanut butter (bisa ditambahkan coklat meises) yang pasti akan menjadi favorit anak. Jangan lupa berikan snack keju dan juga susu yang jadi pelengkap bekal. 

Anda tidak perlu memaksakan anak untuk makan dalam porsi besar, tetapi ajak untuk makan secara berkala, misalnya 2-3 jam sekali. Pastikan semua santapannya adalah menu santapan yang bergizi tinggi dan juga mengandung kalori yang dibutuhkan untuk berat badan bertambah. 

Jangan lupa juga untuk rutin memberikan susu full cream 2x sehari. 

Selamat berjuang Moms, you are not alone, we're in this together! Semangat!

By: Sherlly Yusuf

BACA JUGA: No Bake Oreo Cheesecake

747 Sherlly Yusuf Send Message to Writer

Related Stories