Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  07 Jun '22


Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada banyak cara mudah dan ekonomis untuk mencapai tujuan ini. Salah satu cara meningkatkan kecerdasan anak adalah dengan mengonsumsi makanan sehat sejak hamil muda.
Semenjak hamil muda, Moms bisa mendapatkan nutrisi lengkap dengan menjalankan pola makan yang sehat. Ada banyak makanan ibu hamil muda agar anak cerdas yang direkomendasikan oleh para pakar. Berikut beberapa rekomendasi makanan ibu hamil agar melahirkan anak yang cerdas.

Rekomendasi Minuman dan Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas

Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi ibu hamil agar anak cerdas sejak dini berikut ini mungkin sudah sering Moms konsumsi sehari-hari, dan sebagian lainnya jarang atau malah belum pernah Moms rasakan. Selain makanan dan asupan gizi yang diperhatikan, tak kalah penting bagi ibu hamil menghindari beberapa racun atau toxic yang ada di sekitar. Misalnya, asap rokok dan minuman beralkohol. 
Makanan apa saja bagi ibu hamil agar anak cerdas yang wajib dihindari adalah lemak jenuh yang dapat memicu kegemukan dan penyakit lain. Berikut rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi saat hamil muda:
  1. Susu dan Produk Turunannya
Susu adalah sumber minuman yang direkomendasikan untuk ibu hamil muda. Selain susu, produk olahan susu seperti keju dan yogurt juga memberikan nutrisi melimpah bagi ibu hamil. Menurut Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSCM dr Aryono Hendarto, susu bermanfaat karena mengandung zat makronutrien. Zat tersebut penting bagi pertumbuhan otak sehingga bisa memicu kecerdasan alami.
  1. Telur Ayam
Telur ayam adalah salah satu makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Namun, siapa sangka kandungan dalam telur ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Telur ayam kaya akan protein, lemak, kaolin, omega-3, dan masih banyak lagi. Kandungan inilah yang dibutuhkan untuk perkembangan si Kecil sejak dalam kandungan. Selain murah, telur juga menyimpan banyak manfaat. Salah satunya kaolin yang dapat mencegah risiko cacat tabung saraf pada janin. Karena mengandung nutrisi bermanfaat tersebut, telur sangat direkomendasikan sebagai makanan ibu hamil muda agar anak cerdas dan bertumbuh kembang dengan baik.
  1. Ikan Laut
Semua ikan laut bagus untuk membantu kecerdasan anak. Meski begitu, beberapa jenis ikan yang paling direkomendasikan yaitu salmon, sarden, tuna, tenggiri, dan ikan sejenisnya. Jenis-jenis ikan laut tersebut mengandung protein dan asam lemak tinggi yang bermanfaat bagi pertumbuhan kecerdasan anak semenjak di dalam kandungan.
Moms disarankan untuk mengonsumsi ikan laut 2-3 kali dalam sepekan. Alasan mengapa Moms tidak disarankan untuk terlalu sering makan ikan laut adalah untuk mengurangi risiko keracunan merkuri dan alergi.
  1. Sayur dan Buah
Menurut alodokter.com, asupan makanan yang baik bagi otak diperoleh melalui makanan sehat yang banyak terkandung dalam buah dan sayuran. Empat sehat lima sempurna, komponennya adalah buah-buahan dan sayuran. Sayur adalah sumber serat dan kaya antioksidan sehingga bagus untuk perkembangan otak bayi. Sementara itu, buah-buahan dapat melancarkan pencernaan dan mencegah dehidrasi.
  1. Daging yang Minim Lemak Jenuh
Daging adalah sumber terbesar protein yang dibutuhkan tubuh asalkan daging tersebut tak bercampur dengan banyak lemak. Daging tanpa lemak ini merupakan sumber protein dan zat besi yang bagus untuk si Kecil saat dalam perut. 
Nutrisi yang tersedia dalam daging dapat merangsang kecerdasan. Protein dan zat besi dapat membantu perkembangan otak pada bayi, membantu pembentukan sel atau jaringan tubuh, hingga pertumbuhan otot sebelum si Kecil lahir. Maka dari itu, jangan lupa perbanyak konsumsi daging tanpa lemak: sepekan bisa dijadwalkan minimal satu kali.
  1. Kacang dan Polong
Kacang dan polong bisa jadi cemilan atau makanan ibu hamil muda agar anak cerdas. Kacang memiliki kandungan protein, omega-3, vitamin, dan magnesium. Nutrisi itu dibutuhkan untuk perkembangan bayi, sekaligus dapat mencegah atau menekan risiko bayi lahir prematur.
Ibu hamil muda bisa mengonsumsi kacang atau polong sebagai camilan ringan atau pelengkap makanan sehari-hari. Kandungan polong juga dapat menjadi asupan oksigen si Kecil. Oksigen adalah salah satu sumber untuk pertumbuhan otak dan fisik si Kecil sejak kecil.
  1. Blueberry
Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), blueberry adalah buah dengan banyak manfaat. Salah satunya dapat menjadi stimulasi otak. Rutin mengonsumsi blueberry dapat membuat otak lebih aktif sehingga dapat memicu kecerdasan emosional dan motorik setiap anak.
Studi menyebutkan bahwa blueberry adalah salah satu buah yang dapat meningkatkan daya ingat. Sehingga, blueberry sangat direkomendasikan bagi ibu hamil agar si Kecil bisa tumbuh dengan daya ingat dan kecerdasan tinggi sejak dalam kandungan. Manfaat lainnya dari buah berwarna biru kehiataman ini adalah menguatkan jantung.
  1. Alpukat
Alpukat mengandung antioksidan yang dapat membantu perkembangan otak janin. Selain antioksidan, kandungan asam folat dalam alpukat berperan penting pada pencegahan cacat lahir.
Melansir Medical News Today, beta-sitosterol yang merupakan kandungan alpukat terbukti menjaga kolesterol dalam kadar yang sehat. Beta-sitosterol memicu kecerdasan bagi si Kecil. Yuk, Moms, jangan lupa untuk mengonsumsi alpukat selama kehamilan meski hanya satu atau dua kali.
  1. Semua Jenis Pisang
Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pisang bermanfaat untuk melancarkan aliran oksigen ke otak. Kandungan pisang yang bermanfaat bagi si Kecil antara lain potasium dan mineral. Kedua ini penting untuk menjaga fungsi jantung dan sirkulasi darah. Dengan begitu, pasokan oksigen ke otak bisa lancar. Dengan mengonsumsi pisang saat hamil muda, Moms bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan otak si Kecil sehingga dia terlahir cerdas.
  1. Daun Jambu Biji
Menurut Healthline, banyak penelitian yang menjelaskan ekstrak daun jambu biji bersifat antimikroba. Zat antimikroba dapat menetralkan mikroba berbahaya dalam usus yang menyebabkan diare. Maka dari itu, daun jambu biji sering dikonsumsi bagi yang memiliki gangguan pencernaan atau sakit perut.
Bagi ibu hamil, konsumsi daun jambu biji mungkin masih aneh. Namun, Moms bisa mencoba mengonsumsi daun jambu biji untuk membersihkan usus sehingga saluran makanan antara Moms dan si Kecil bisa terjaga. Sebelum konsumsi daun jambu biji, lebih baik Moms konsultasikan dulu dengan dokter agar Moms tidak merasa khawatir.
Selain makanan ibu hamil muda agar anak cerdas di atas, hal lain yang perlu dipedulikan adalah pola makanan bergizi seimbang. Beberapa ibu hamil kesulitan konsumsi banyak makanan karena dampak morning sickness. Oleh sebab itu, sesuaikan konsumsi dengan kebutuhan dan keinginan. 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

121 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan.

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi [...]

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Menghadapi persalinan normal untuk pertama kali tentu akan membuat Moms merasa sangat nervous. Apalagi, proses melahirkan tidak bisa dijelaskan [...]

Merk Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Mengaplikasikan cream wajah setiap hari telah menjadi kebutuhan terutama bagi para wanita. Namun, saat hamil atau menyusui, Moms harus lebih [...]