Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Makanan dan Nutrisi Penting Bagi Bumil

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  05 Jun '18


Asupan gizi dan nutrisi bagi ibu hamil merupakan salah stau hal penting yang harus diperhatikan guna menjaga kesehatan selama masa kehamilan serta membantu proses perkembangan dan juga pertumbuhan janin dalam kandungan. Bukan hanya itu, memerhatikan asupan gizi dan nutrisi mampu mengurangi resiko munculnya berbagai serangan penyakit yang berbahaya yang mana bisa membahayakan kesehatan diri sendiri dan janin.

Ketika Anda hamil, pastinya akan ada beberapa bagian tubuh yang mengalami perubahan, seperti perut yang membesar, kaki dan tangan yang membengkak, bahkan rasa ngilu di bagian payudara. Bukan hanya perubahan fisik, bahkan perubahan mental juga ikut berubah, dan hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon esterogen di masa kehamilan Anda.

Sebenarnya perubahan-perubahan tersebut merupakan hal yang normal terjadi pada ibu hamil, namun jika dibiarkan biasanya dapat mengganggu aktivitas Anda dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Maka dari itu, agar Anda bisa tetap nyaman menjalankan masa kehamilan dan bayi bisa terlahir sehat, sebaiknya Anda bisa memenuhi asupan kebutuhan gizi serta nutrisi yang baik untuk ibu hamil.

Daftar Kandungan Nutrisi yang Baik untuk Pemenuhan Gizi Ibu Hamil

1. Protein

Protein sendiri sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan juga perkembangan sejumlah sel atau jaringan, termasuk bagian sel otak Si Kecil dalam kandungan. Bukan hanya itu, kandungan nutrisi ini juga mampu membantu proses pertumbuhan jaringan payudara Anda selama masa kehamilan, juga memiliki peranan untuk meningkatkan suplai darah yang ada di dalam tubuh. 

Umumnya para ahli merekomendasikan untuk bisa memenuhi kebutuhan protein sekitar 75-100 gram setiap harinya. Untuk memperoleh sumber protein ini, Anda bisa memperolehnya dari berbagai olahan makanan daging sapi tanpa lemak, boga bahari, ikan, daging ayam, tahu, daging domba dan beberapa jenis makanan lainnya.

2. Karbohidrat

Karbohidrat juga merupakan salah satu sumber kalori yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Untuk memperoleh asupan karbohidrat, Anda bisa mendapatkannya dari beberapa jenis makanan seperti nasi, sereal, sayuran, pasta, dan juga berbagai jenis buah-buhan.

3. Kalsium

Kalsium bukan hanya bermanfaat untuk menyehatkan tulang Anda, namun kalsium ini juga memiliki peranan penting untuk membangun sejumlah tulang dan juga gigi pada janin dalam kandungan. Tidak hanya itu, Kandungan kalsium ini ternyata bisa mengatur asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh, mampu membantu proses kinerja saraf dan juga kontraksi otot. Selama kehamilan, Anda dianjurkan untuk bisa memenuhi kebutuhan kalsium sekitar 1000 mg setiap harinya.

4. Folat

Folat atau asam folat ini juga memiliki peranan penting untuk mengurangi resiko terjaidnya kecacatan lahir pada buah hati Anda, termasuk kecacatan tabung saraf yang kerap kali terjadi pada janin yang mana bisa mempengaruhi bagian otak serta bagian sumsum tulang belakang janin. Selain kondisi tersebut, kecacatan yang mengancam buah hati Anda adalah spina bifida dan anencephaly. Selama masa kehamilan, Anda harus bisa memenuhi asupan asam folat ini sekitar 600-800 mikrogram setiap harinya.

5. Zat besi

Selain ke-4 daftar di atas, ada asupan gizi lainnya yang harus diperhatikan ibu hamil, yaitu zat besi. Zat besi sendiri mampu membantu Anda meningkatkan volume darah serta mampu mencegah terjadinya anemia. Untuk asupan ideal yang harus dipenuhi setiap harinya di masa kehamilan yaitu sekitar 27 miligram.

Kebutuhan Vitamin Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi

Selain kebutuhan gizi, ibu hamil juga harus memperhatikan asupan vitamin setiap harinya guna menjaga kehamilannya agar berjalan dengan aman dan bayi bisa terlahir sehat. Berikut beberapa asupan vitamin yang harus dipenuhi selama masa kehamilan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Vitamin A: Vitamin A ini berperan aktif untuk menjaga kesehatan kulit dan juga mata, bahkan berperan penting dalam pertumbuhan tulang janin dalam kandungan.

2. Vitamin C: Vitamin C ini berperan untuk menjaga kesehatan gigi, gusi serta tulang. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk membantu proses penyerapan zat besi yang masuk ke dalam tubuh selama masa kehamilan.

3. Vitamin B6: Kandungan vitamin tersebut ternyata harus benar-benar Anda perhatikan, terutama di masa kehamilan, mengapa? Karna kandungan vitamin B6 ini sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan kinerja protein, lemak dan juga karbohidrat.

4. Vitamin B12: Vitamin ini sangat ampuh untuk membantu proses pembentukan sel darah merah dan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan system saraf tubuh.

5. Vitamin D: Bukan hanya bermanfaat untuk membentuk kesehatan tulang dan gigi Anda atau bahkan si janin, namun vitamin D juga sangat bermanfaat untuk membantu proses penyerapan kalsium dalam tubuh.

Itu dia beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang harus benar-benar diperhatikan, terutama di masa kehamilan. Namun, pastinya Anda membutuhkan jenis-jenis makanan seperti apa yang dapat menjadi sumber nutrisi tersebut. Mari kita simak daftarnya berikut ini:

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

1. Makanan dan minuman berbahan dasar susu

Jenis makanan sehat yang baik untuk ibu hamil yang pertama adalah makanan atau minuman yang terbuat dari olahan susu, salah satunya adalah yoghurt. Selain yoghurt, Anda juga bisa mengonsumsi susu dan juga keju secara teratur.

Susu sendiri mampu membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan asupan protein dan juga kalsium setiap harinya, yang pastinya bermanfaat untuk kesehatan Anda serta janin dalam kandungan.

2. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacangan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil, karena kacang-kacangan seperti kedelai, buncis, kacang tanah, dan kacang polong memiliki kandungan asam folat, serat, protein. Kandungan yang terdapat dalam kacang-kacangan tersebut juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan membantu proses tumbuh kembang janin dalam kandungan.

3. Ubi

Ubi adalah salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil, dimana ubi memiliki kandungan vitamin A yang berlimpah. Vitamin A sendiri sangatlah baik untuk kesehatan ibu hamil, karena mampu membantu pertumbuhan dan perkembangan jaringan sel pada janin. Akan tetapi sebaiknya Anda mengonsumsi ubi atau kandungan vitamin A ini dengan jumlah yang cukup, karena kelebihan vitamin A bisa menyebabkan keracunan.

4. Ikan salmon

Ikan salmon ternyata merupakan salah satu jenis makanan yang wajib Anda konsumsi selama masa kehamilan. Mengapa? Karena ikan salmon ini memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat penting, seperti EPA dan juga DHA yang berperan penting untuk membantu perkembangan otak serta mata janin dalam kandungan. Selain itu, ikan salmon juga merupakan salah satu sumber alami vitamin D yang baik untuk kesehatan ibu serta janin dalam kandungan.

5. Brokoli dan sayuran hijau lainnya

Brokoli atau sayuran yang memiliki daun hijau memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang berlimpah dan sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan juga janin dalam kandungan. Selain itu, sayuran hijau ini juga memiliki kandungan serat yang bisa membantu Anda terhindar dari masalah sembelit yang sering menyerang ibu hamil.  

Selain serat, kandungan nutrisi lain yang terdapat dalam sayuran hijau di antaranya adalah vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium.

6. Daging

Daging sapi, ikan atau daging ayam adalah beberapa contoh sumber protein yang memiliki kualitas baik. Bukan hanya itu, daging juga memiliki kandungan zat besi yang berperan sebagai mineral penting untuk meningkatkan sel darah merah.

7. Minum air putih yang banyak

Selain beberapa jenis makanan sehat, Anda juga harus memperhatikan asupan cairan yang cukup selama masa kehamilan. Hal ini dikarenakan volume darah ibu hamil bisa meningkat hingga 1,5 liter di masa kehamilan. Maka dari itu, penting untuk tetap menjaga keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh dengan baik. Selain itu, dengan mencukupi asupan cairan maka Anda bisa terhindar dari dehidrasi.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

886 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

5 Persiapan Program Hamil yang Jarang Diketahui

Sebelum menjalankan program hamil, ternyata ada beberapa hal yang harus Moms perhatikan, apa sajakah itu?

10 Gejala Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul bisa menjadi salah satu penyebab masalah kehamilan lho Moms

Toxoplasmosis dan Pengaruhnya Terhadap Fertilitas Wanita

Toxoplasmosis adalah infeksi darah yang jarang terjadi tetapi serius. Bagimana pengaruhnya pada fertilitas wanita?

Kesehatan Mulut dan Kaitannya dengan Fertilitas Wanita

Kebersihan mulut ternyata tidak hanya dapat memikat lawan jenis tetapi juga membuat Moms lebih subur lho

4 Cara Manjur Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Bagi Moms yang merasakan tidak nyaman dikarenakan kaki bengkak saat hamil, ada beberapa cara manjur untuk mengatasinya.

10 Manfaat Pijat Setelah Melahirkan

Pijat pasca melahirkan pada dasarnya adalah pijat seluruh tubuh setelah melahirkan

Pentingnya Antenatal Care Bagi Kesehatan Kehamilan

Antenatal care adalah perawatan kesehatan untuk ibu hamil. Dokter kandungan akan melakukan hal-hal berikut ini.

Pentingnya Pemeriksaan TORCH bagi Ibu Hamil

TORCH sebutan untuk penyakit-penyakit yang sangat rentan menyerang ibu hamil

Cara Melindungi Diri dari Sinar Matahari Saat Hamil

Matahari memancarkan sinar ultraviolet yang berbahaya dan menyebabkan kerusakan kulit

Apa Itu Kelas Antenatal?

Kelas antenatal adalah kelas yang mempersiapkan Moms menjalani kehamilan dan persalinan.

Tips Mengatasi Ruam Panas selama Kehamilan

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui cara mendinginkan ruam panas saat kehamilan.

6 Pertanyaan Umum tentang Tes Antenatal Amniosentesis

Apakah Moms sedang mengalami masa kehamilan dengan usia lebih dari 35 tahun? Jangan lupa lakukan test berikut.

Normalkah Gatal-gatal Selama Kehamilan?

Gatal-gatal ringan selama kehamilan adalah normal dan terjadi pada banyak ibu hamil

Bahayakah Steroid bagi Ibu Hamil?

Setelah mengonsumsi steroid dalam jangka panjang, apakah memungkinkan untuk hamil dan apa efeknya bagi janin?

Merawat Bekas Jahitan Setelah Melahirkan Normal

Tantangan lain setelah melahirkan adalah bagaimana merawat bekas jahitan. Berikut tips ala Mom Sherly untuk mengatasinya

Minum Air Es Saat Hamil Bisa Bikin Bayi Lahir Terlalu Besar: Mitos atau Fakta?

Banyak banget nih pemikiran bahwa bayi besar di kandungan karena Mommy nya minum air es, sebenarnya ini Mitos atau Fakta?

Sebab dan Cara Mencegah Penggelapan Kulit Selama Kehamilan

Penggelapan kulit, yang dikenal sebagai melasma atau chloasma, adalah normal bagi bumil. Yuk, simak cara pencegahannya.

Tips Hamil Sehat Saat Bekerja

Bekerja pas hamil? Nggak masalah ya, Moms. Berikut tips agar hamil tetap nyaman dan aman saat bekerja.

Ini Daftar Olahraga Terbaik untuk Ibu Hamil yang Berpuasa

Jika kesehatan Moms memungkinkan untuk berpuasa, Moms hendaknya tetap berolahraga untuk menjaga kebugaran.

Cara Meredakan Leher Kaku dan Sakit Punggung Ibu Baru Melahirkan

Moms yang baru melahirkan biasanya mengalami leher kaku dan sakit punggung. Ini wajar karena vitalitas Moms sangat terkuras