Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Makan Enak dan Sehat saat Hamil, Yuk Moms!

HEALTH TIPS  |  PREGNANCY  |  09 Apr '19

Moms, saat memulai MPASI biasanya kita akan menyiapkan bahan makanan dengan cara dikukus agar lebih sehat bagi si Kecil. Begitu pula saat hamil, saya lebih banyak mengolah makanan dengan cara dikukus sebagai solusi hamil sehat.

Apa saja manfaat mengukus makanan untuk ibu hamil?

  1. Nutrisi lebih terjaga
    Saat mengukus suatu makanan seperti misalnya sayur, kita memasaknya dalam waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan merebus. Misalnya saja, saat merebus sayuran seperti brokoli maka kita akan kehilangan 70% kadar vitamin C di dalamnya, sedangkan jika diolah dengan cara dikukus maka kadar vitamin C yang hilang hanya berkisar pada angka 20%.

  1. Terhindar dari kolesterol & potensi kanker
    Jika kita terbiasa membeli makanan di luar, misalnya gorengan. Apakah kita yakin minyak yang digunakan pasti bersih dan tidak digunakan berulang kali? Tentu jawabannya tidak kan Moms. Makanan yang digoreng apalagi dengan minyak bekas pakai akan berubah menjadi "minyak jahat" yang bisa mempengaruhi kesehatan kita. Gejala ringannya adalah tenggorokan sakit dan batuk karena makan gorengan, namun efek jangka panjangnya adalah kolesterol tinggi. Ibu hamil membutuhkan stamina yang kuat dan tubuhnya lebih rentan terkena penyakit, jadi sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang digoreng secara berlebihan ya Moms. Lalu bagaimana jika makanan tersebut diolah dengan cara dibakar? Makanan yang diolah dengan cara dibakar seperti sate misalnya, bisa menimbulkan dampak yang buruk apalagi pada ibu hamil, karena daging yang dibakar di atas arang biasanya dimasak dengan tingkat kematangan 80%, padahal ibu hamil tidak boleh mengonsumsi makanan setengah matang karena akan berisiko tinggi pada janin. Makanan setengah matang bisa saja menyimpan bakteri di dalamnya, jadi hal ini akan mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin. Selain itu, arang dan asap yang dihasilkan akan menempel pada daging dan ikut terkonsumsi. Maka solusi hamil sehat agar terhindar dari berbagai penyakit adalah mengolah makanan dengan cara dikukus.
  1. Warna dan tekstur tetap baik
    Dengan proses mengukus, warna dan tekstur makanan akan tetap indah dipandang mata sehingga membuat kita lebih bersemangat untuk memakannya.
  1. Variasi menu
    Memasak dengan cara mengukus tetap enak dikonsumsi kok Moms, kuncinya adalah variasi menu. Hampir semua masakan bisa dimodifikasi dengan cara dikukus, jadi kita tinggal mencari banyak referensi menu masakan terkini dari internet dan buku lalu dengan mudah bisa diaplikasikan dengan cara dikukus. Maka kita tak akan kehabisan ide untuk tetap menikmati makanan sehat dan enak saat sedang hamil. Jangan lupa untuk selalu memastikan jika makanan yang kita kukus benar-benar matang sempurna ya Moms.


Mengolah makanan dengan cara dikukus memang menjadi salah satu solusi hamil sehat karena mampu menjaga nutrisi dalam makanan dengan baik. Jadi, mulai sekarang biasakan mengolah makanan dengan cara dikukus ya Moms!

 

Semoga bermanfaat.

By: Nazmi Gifari

Copyright by Babyologist

279 Nazmi Gifari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Kunci Keberhasilan Program Hamil

Dalam menjalani program hamil, Moms tidak boleh melupakan kunci keberhasilan kehamilan, yaitu asam folat.