Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Makan Durian Dapat Berisiko Keguguran, Benarkah?

HEALTH TIPS  |  13 Oct '18


Selama masa kehamilan, Moms memang disarankan makan makanan dengan gizi yang seimbang. Hal ini tidak hanya bagus untuk kesehatan si Kecil, tapi juga kesehatan Moms. Apa pun yang dikonsumsi akan berdampak langsung pada kesehatan, baik itu daging, sayur, hingga buah-buahan sekalipun. Meski demikian, tidak semua yang dikira sehat ini baik untuk dikonsumsi, termasuk makan durian saat hamil 7 bulan. Mungkin Moms pernah mendengar kalau ibu hamil dilarang mengonsumsinya. Benarkah?

Bahayakah Wanita Hamil 7 Bulan Makan Durian?

Belum ada penelitian yang membuktikan jika mengonsumsi buah durian itu berbahaya, begitu juga dengan manfaatnya untuk kesehatan. Namun demikian, Moms harus ingat kalau kadar gula buah ini sangat tinggi, sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan Moms dan janin.

Di samping itu, buah durian ini mengandung alkohol dan asam arakidonat yang kurang baik efeknya. Alkohol sendiri tidak baik untuk perkembangan si Kecil, begitu juga asam arakidonat yang bisa merangsang kontraksi. Dikhawatirkan kelahiran prematur akan terjadi bila Moms mengonsumsi buah durian secara berlebihan. Apa lagi kalau hamil muda.

Namun dengan segala kandungan dan kekhawatiran itu, bukan berarti tidak bisa dikonsumsi ya Moms! Satu atau dua buah durian masih dianggap aman.

Mengapa Durian Sering Dianggap Sumber Penyakit?

Durian memang sering dianggap sebagai sarang penyakit seperti diabetes melitus, jantung dan stroke. Namun anggapan ini tidak harus dibenarkan 100%, karena buah ini juga memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Hanya saja semua harus Moms takar dengan bijak.

Tidak ada larangan untuk mengonsumsi durian saat hamil 7 bulan, asalkan Moms tidak memiliki penyakit seperti yang disebut di atas. Tapi tetap saja konsumsinya harus dibatasi. Untuk Moms yang punya diabetes gestasional, hiperkolesterol, obesitas dan jantung, sebaiknya hal ini dibatasi. Untuk yang sehat, konsumsi 1-2 biji durian tidaklah dilarang, asal tidak terlalu sering.

Sangat disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan selain durian. Masih banyak buah yang mengandung komposisi sehat dan aman untuk kondisi Moms sekarang.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

645 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Amankah Minyak Urut untuk Pijat Hamil?

PIjat saat persalinan memiliki manfaat yang sangat baik lho Moms. Namun, apakah aman memijat dengan minyak?

Efek Obat Penahan Rasa Sakit Masa Persalinan

Suntik epidural dapat diberikan untuk menghilangkan nyeri selama persalinan. Namun, ada efek sampingnya Moms.

Mengatasi Hipotensi Saat Hamil 7 Bulan

Apa sebenarnya yang menyebabkan tekanan darah Moms rendah saat hamil? Yuk cari tahu di sini.

Sesak Napas Saat Hamil 8 Bulan

Apa yang menyebabkan dada sesak saat hamil 8 bulan? Simak penjelasannya berikut ini.

Waspadai Penyakit Ini Jika Dada Nyeri Saat Hamil 7 Bulan!

Moms, ada beberapa penyakit yang menjadi penyebab dada sakit saat hamil 7 bulan. Waspadai penyakit ini.

Cara Mengatasi Lemak yang Menempel pada Newborn

Pernahkan Anda melihat adanya lemak yang menempel pada bayi baru lahir? Hal ini ternyata dapat diatasi lho Mom!