Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Lulus ASI Eksklusif Berkat ASI Booster

FEEDING  |  MY STORY  |  27 Jan '20


Bagi saya menyusui buah hati adalah momen yang romantis. Bisa eye contact dengan si kecil tak jarang membuat saya merasa tersentuh. Fase menyusui eksklusif selama enam bulan pertama dan lanjut dua tahun adalah bukan waktu yang singkat.

Kita sering mendengar celotehan semisalnya "kalau sudah lewat setahun ASI, biasanya ASI-nya sudah tidak kental lagi, gizinya sudah berkurang". Padahal ASI itu selalu menjadi nutrisi terbaik untuk anak-anak. Tidak ada asi yang tidak bergizi. Jika masalah kekentalan, perlu kita ketahui kalau ASI itu terdiri dari dua jenis yakni foremilk dan hindmilk. Keduanya sama-sama dibutuhkan oleh si kecil dan masing-masing memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. 

Ada beberapa ibu yang biasa mengalami produksi asi yang sedikit tapi sangat berkeinginan memberikan asi eksklusif kepada buah hatinya minimal di enam bulan pertamanya. Di dunia kesehatan dan kebidanan pun menganjurkan seorang ibu untuk sebisa mungkin asi eksklusif. Jika memungkinkan ada baiknya hingga anak berusia 2 tahun. Lantas bagaimana jika asi kita tidak mencukupi kebutuhan anak? Di sinilah kita bisa mengkonsumsi yang namanya asi booster.
Apa itu asi booster? Dan apa saja manfaatnya?

ASI booster adalah sumber makanan, minuman, herbal, atau vitamin yang dikonsumsi untuk melancarkan dan meningkatkan produksi serta kualitas ASI bagi ibu menyusui, sehingga kebutuhan ASI anak bisa tercukupi. 

Bagi sebagian ibu yang jika ASI-nya seret, mereka akan memilih untuk memberikan susu formula ke anaknya. Bukan berarti susu formula tidak baik ya moms. Saya pun mendukung jika memberikan Sufor ke anak selama itu memang diperlukan. Tapi jika masih bisa diusahakan untuk asi saja, kenapa tidak?

Jika dihadapkan pada produksi asi yang tidak mencukupi kebutuhan anak, maka kita bisa mencoba untuk menstimulasi nya dengan mengkonsumsi ASI booster. Sekarang kita banyak menjumpai asi booster, baik dari bahan alami yang bisa kita olah sendiri atau asi booster berupa suplemen atau vitamin yang berbahan alami juga hanya saja pengolahannya lebih modern dan bisa lebih praktis untuk dinikmati oleh ibu menyusui..

Salah satu asi booster alami yang biasa saya konsumsi adalah daun katuk. Siapa sih yang tidak kenal dengan daun yang satu ini. Kayaknya sudah turun temurun dipercaya sebagai daun mujarab pelancar asi. Awal kenal dengan daun ini waktu hamil pertama. Waktu masih gadis mana sempat kepikiran mau tahu daun ini. Hehehe. Saya dibuatkan sayur sama mertua, waktu itu kehamilan ku sudah masuk trimester ketiga. Rasanya agak berbeda dengan daun kelor. Awalnya saya tidak terlalu suka tapi pas diberitahu dan browsing akhirnya saya tahu manfaat dari daun katuk ini.

Cara pengolahannya pun terbilang sangat mudah, tinggal direbus saja. Bisa dimasak sendiri, bisa juga ditambahkan bahan lain misalnya pepaya muda lalu dimasak bening saja. Sampai tetes terakhir pun dihabisi asal asi lancar dan anak sehat. Daun katuk mengandung vitamin C, D, protein, dan asam folat untuk memenuhi gizi ibu dan bayi. 

Di zaman sekarang yangs serba modern, asi booster sudah dibuat dalam bentuk olahan yang lebih praktis, dalam bentuk suplemen atau susu. Jadi mama-mama yang tidak sempat mengolah, bisa langsung dikonsumsi. Terbuat dari ekstrak bahan alami jadi aman untuk dikonsumsi.

Selama mengkonsumsi daun katuk selama menyusui si kecil, Alhamdulillah asi saya lancar, bisa stok ASIP dan YESS anak saya lulus ASI eksklusif dua tahun. Perjuangan panjang dan menyenangkan pastinya. Bisa memberikan asi eksklusif bagi buah hati adalah kebahagiaan terbesar bagi saya.

Namun perlu jadi perhatian juga ya moms, tetap konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Jangan sampai kita hanya fokus untuk produksi ASI sementara kita lupa kalau tubuh kita dan juga si kecil membutuhkan asupan nutrisi dari makanan lain. 

Bagi ibu menyusui juga dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi air putih. Kita tahu kalau kandungan ASI itu sebagian besar adalah air jadi konsumsi air putih yang cukup pastinya sangat penting. Selain memperlancar proses laktasi, juga dapat memperlancar proses pencernaan. Saat menyusui, Moms akan merasa kehausan maka dari itu sebaiknya sebelum menyusui, minumlah air putih terlebih dahulu begitupun jika setelah menyusui. Dengan minum air putih yang cukup maka kulit pun tidak menjadi kering dan kelembaban nya tetap terjaga.

Kondisi saya yang juga sebagai ibu pekerja, sangat penting untuk tetap menjaga produksi dan kualitas ASI apalagi si kecil jarang direct breastfeeding jadi harus ekstra hati-hati. Cara saya menghadapinya adalah dengan rutin melakukan pompa asi. Semakin sering payudara dikosongkan maka dengan cepat pula kelenjar susu dalam PD akan memproduksi ASI kembali.

Yang paling sering saya lakukan adalah payudara yang kiri di pompa terus yang sebelahnya lagi disusui langsung oleh anak saya jadi pompanya pun tidak ribet karena ASI nya ngucur sendiri. Lumayan buat stok ASIP anak jika saya tinggal kerja. Alhamdulilah anak pertama saya asi eksklusif selama 2 tahun dan anak kedua saya umur 1 tahun masih ASI juga.

Intinya tetap bahagia ya moms. Jika perasaan happy InsyaAllah ASI pun akan mengucur deras. Selamat mengASIhi ya moms, semangat pejuang ASI.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

414 Inayah Soenaryo

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Sukses Memompa ASI untuk Working Mom

Para working Moms, tips berikut ini sangat membantu untuk menyukseskan menyusui si Kecil loh! Yuk, disimak!

Butuh Komitmen Untuk Working Moms Tetap MengASIhi

Komitmen merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh para ibu bekerja dan yang memperjuangkan ASI. Yuk, simak cerita berikut ini.

Sulit Memompa di Kantor? Coba Datang Lebih Pagi

Datang ke kantor lebih pagi ternyata bisa menjadi Salah satu kuncii keberhasilan memompa loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Working Mom yang Eping Cerdas Memilih Pompa ASI

Bagi para Ibu bekerja, memompa ASI tentunya membutuhkan usaha ekstra. Yuk, simak tips dari Mom Inayah Soenaryo berikut ini.

Tips Mengatasi Kendala Menyusui

Moms, yuk simak tips mengatasi kendala menyusui ala Mom Dinar Indah Palupi berikut ini.

Si Kecil Mengalami GTM, Tetap Perjuangkan Hak ASI!

Di kala si Kecil GTM, jangan berhenti untuk memperjuangkan ASI untuk si Kecil ya stay at home Moms dan juga working Moms.

Tips Aman Memompa Asi Untuk Working Moms di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Pandemi dan masa adaptasi kebiasaan baru tentunya menuntut Moms semua juga memiliki kebiasaan baru dalam hal memompa ASI. Yuk, simak berikut ini.

Sukses Memompa ASI di Kala Bekerja

Ini cara working Moms untuk tetap bisa memompa ASI di kala sibuk beraktivitas.

Tips Sukses Memompa ASI Untuk Para Working Moms ala Ummah Uwais

Yuk Moms simak tips sukses memompa ASI ala Ummah Uwais berikut ini.

Operasi Benjolan Payudara Karena Salah Memompa ASI

Moms, salah memompa ASI ternyata dapat berakibat fatal loh. Yuk, simak cerita berikut ini.

10 Fitur yang Harus Dimiliki Pompa ASI Dual Motor

Tahukah, Moms, tentang keunggulan pompa ASI elektrik dual motor? Inilah 10 fitur penting dari pompa ASI jenis tersebut.

Pastikan Memilih Pompa ASI dengan Dual Motor, ya, Moms!

Pompa ASI saat ini juga hadir dengan dua pilihan, elektrik atau manual, dual pump atau single pump. Memilih pompa ASI yang nyaman memang [...]

Mengenal Manfaat Dual Motor pada Pompa ASI

Saat ini, sudah banyak inovasi-inovasi baru pada alat pompa ASI. Moms dapat mencari pompa ASI terbaik dengan fitur-fitur berikut.

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Moms dan Si Kecil

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kesadaran busui tentang berbagai manfaat pumping, semua kalangan ibu menyusui kini [...]

Kelebihan Pompa ASI Dual Motor: Nyaman dan Efisien

Berbagai jenis pompa ASI saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran dari mulai model manual hingga elektrik dengan berbagai merk dan varian [...]

Pompa ASI Dual Motor Pilihan Buat Working Moms

Dalam memilih pompa ASI, ada hal lain yang perlu Moms perhatikan selain membeli yang sesuai kebutuhan Moms. Sebelumnya, tahukah Moms ada pompa [...]

Keunggulan dari Pompa ASI Dual Motor

Pompa ASI memang sudah menjadi barang yang harus dimiliki para ibu menyusui. Dengan adanya pompa ASI, Moms akan sangat terbantu saat melakukan [...]

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Kelancaran Menyusui

Banyaknya jenis pompa ASI sering membuat busui bingung. Aku menyarankan Moms untuk menggunakan pompa ASI Dual Motor.

Kenalan, Yuk, dengan Pompa ASI Dual Motor!

Moms pejuang ASI sudah seharusnya mendapatkan yang terbaik untuk mendukung produksi ASI mereka. Selain makan makanan bergizi, Moms juga perlu [...]

Pompa Asi Dual Pump, Membantuku Pasca Melahirkan

Memerah susu sangat disarankan terutama untuk ibu yang bekerja di luar dan mempunyai mobilitas tinggi. Bagiku, alat yang cukup membantu dalam [...]