Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Lindungi Diri dengan Mengenali Gejala Awal Kanker Payudara!

FEEDING  |  HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  03 Oct '19


Awal tahun lalu sebelum hamil anak kedua, saya mengikuti suatu tes skrining payudara dan mammography di dinas kesehatan tempat tinggal saya. Karena walaupun saya aktif menyusui anak pertama, tidak ada salahnya jika kita waspada terhadap diri sendiri.

Tes skrining ini berguna untuk mengetahui tanda dan gejala awal dari adanya kanker payudara di tubuh kita. Kanker payudara, mendengarnya saja kita sudah bergidik ngeri, dan ini adalah salah satu penyakit mematikan di seluruh dunia Moms! Jumlah kasusnya pun kerap kali meningkat tiap tahunnya. Cukup banyak kita para ladies tidak menyadari gejala awal munculnya penyakit ini. Dan banyak di antaranya malah baru mengetahui saat stadium sudah parah kemudian baru diobati. Biasanya hal yang paling umum orang ketahui adalah adanya benjolan di area ketiak, padahal masih banyak tanda-tanda awal terjangkitnya penyakit mematikan ini lho.

Ciri Kanker Payudara

1. Benjolan tidak wajar pada payudara
Gejala ini paling mudah dideteksi melalui SADARI atau skrining diri sendiri. Selain muncul di area payudara, benjolan ini juga bisa muncul di ketiak, atau dada bagian atas dan benjolan kerap kali tidak terlihat dengan penglihatan, namun akan terasa apabila diraba. Benjolan ini biasanya tidak terasa sakit, namun beberapa kasus justru sebaliknya. Namun jika benjolan terasa wajar, yang dimaksud jika hanya beberapa hari saja hilang, itu bukan gejala kanker payudara. Namun jika tidak hilang sampai beberapa minggu, kita wajib ke dokter atau fasilitas kesehatan lainnya untuk memeriksakannya.

2. Perubahan tekstur kulit payudara
Gejala ini biasanya tidak kita ambil pusing dan kebanyakan berpikir hanya gangguan kulit biasa. Namun jika kita tidak terlalu yakin, periksakanlah ke bagian medis ya Moms. Biasanya tanda perubahan tekstur payudara yang mengalami kanker ini terasa bersisik di sekitar areola seperti kering terbakar sinar matahari, kulit terasa menebal, berlubang lubang seperti kulit jeruk karena adanya penumpukan cairan getah bening. Terasa gatal yang teramat sangat.

3. Keluarnya cairan pada puting payudara selain ASI
Biasanya berwarna dari bening kental, kuning, kehijauan, hingga merah seperti darah. Tetapi tidak selalu payudara yang mengeluarkan cairan ini merupakan gejala kanker, bisa juga karena perubahan hormon, penggunaan KB, atau efek samping minum obat. Namun tidak ada salahnya ya Moms kalau kita periksakan ke dokter agar yakin 100%.

4. Kelenjar getah bening membengkak
Kelenjar getah bening terletak di area ketiak, dan dekat dengan tulang selangka, apabila mengalami pembengkakan dan terasa sakit, waspadalah Moms, segera periksakan dirimu.

5. Nyeri pada payudara dan puting
Nyeri yang terasa bukan seperti nyeri seperti kita mastitis, namun ada sensasi terbakar dan panas, bahkan jika kita tidak menyentuhnya. Namun gejala ini tidak selalu muncul dan tergantung respons tubuh masing-masing individu.

6. Payudara memerah
Gejala yang paling sangat perlu diwaspadai yaitu, perubahan warna kulit, warna kulit payudara terkena kanker ini biasa berwarna merah, hingga keunguan lebam. Jika tidak pernah mengalami suatu trauma namun ada perubahan warna seperti di atas segera periksakan diri ya.

7. Payudara tidak sama besar
perbedaan ukuran yang sangat signifikan jika payudara terkena kanker. Perbedaannya cukup jelas karena adanya pembengkakan payudara. Jangan ragu untuk memeriksakan jika hal ini terjadi pada kita.

8. Puting susu masuk ke dalam
Sel kanker yang menyerang biasanya akan terkena dampak pada area puting, sehingga puting yang biasa menonjol keluar akan terbalik masuk ke dalam.

Sebenarnya 90% benjolan pada payudara wanita bersifat bukan kanker atau tidak membahayakan. Tetapi tidak ada salahnya jika tidak ada gejala kita rutin memeriksakan kesehatan payudara. Oh ya, tidak hanya wanita saja lho yang bisa terkena kanker payudara, tetapi pria juga bisa dengan gejala serupa seperti di atas. Sebagai pemeriksaan awal bisa kita lakukan sendiri di rumah. Yaitu dengan SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri, dengan menggunakan tangan. Jika ingin lebih detail pemeriksaannya, bisa dengan mammography dengan menggunakan sinar X-Ray rendah. Biasanya dilakukan setiap tahun. Namun jika kita memiliki riwayat keluarga terkena penyakit ini sebaiknya skrining dilakukan secepatnya, sesuai dengan prosedur dokter.

Nah sangat penting bagi kita apabila terdeteksi, maka kita bisa mendapatkan penanganan lebih dini dengan tingkat keberhasilan pengobatan yang lebih besar.

Ayo kita perangi sedini mungkin risiko kanker payudara. Sehat selalu semuanya.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

388 Arlina Yunita

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cara Mudah Mengenali Gejala Kanker Payudara

Berbicara cancer, saya sebenarnya sudah tidak asing lagi ya. Karena kakak sepupu saya salah satu breast cancer survivor

Jangan Remehkan Benjolan pada Payudara Ya Moms!

Kali ini saya mau sharing nih mengenai penyakit tumor jinak yang saya alami yaitu FAM, dan bagaimana cara mengatasinya

Apa Saja yang Perlu Kita Waspadai Sebagai Gejala Awal dari Kanker Payudara?

Tepat 1 tahun yang lalu tante saya dinyatakan kanker payudara yang sudah bukan stadium awal lagi.

Mengenal Tumor Jinak yang Dapat Memicu Kanker Payudara

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman ketika saya didiagnosis mengidap tumor jinak di payudara

Mengetahui Lebih Awal & Belajar dari Breast Cancer Survivor

Saya melihat sendiri bagaimana perjuangan Tante saya dalam melawan penyakit kanker payudara yang dideritanya.

Kenali dan Cegah Kanker Payudara Sejak Dini

Mungkin tak banyak yang tahu kalau bulan Oktober diperingati sebagai Bulan Kesadaran Tentang Kanker Payudara.

Penyebab dan Gejala Kanker Payudara

Di bulan Oktober akan dilakukan kampanye tahunan, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang kanker payudara.

Kanker Payudara: Musuh Para Wanita

Agar para perempuan yang mengidap kanker dapat bertahan hidup lebih lama, perlu dilakukan deteksi dini. Apa saja?

Cara Mengatasi Mastitis Ketika Menyusui

Dulu ketika Carine lahir, senang sekali rasanya karena bisa langsung memberikan ASI kepada Carine.