Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Lima Tantangan Menjalani Masa Menyusui si Kecil

BABY  |  FEEDING  |  MY STORY  |  02 Aug '19


Jika di tanya satu kalimat yang menggambarkan masa menyusui itu mungkin kalimat yang tepat mewakili nya adalah “Menyusui itu Berjuta Rasanya”. Karena, selalu ada rasa bahagia saat mata ku dan mata si kecil saling bertatap hangat penuh kasih, saat tangan kecil nya menyentuh ku dengan lembut. Ada juga rasa semangat karena tekad mengASIhi hingga si kecil lulus ASI 2 tahun. Ada juga rasa gelisah dan khawatir karena takut ASI ku tak cukup untuk si kecil. Ada juga rasa sakit, saat puting lecet atau saat si kecil mulai tumbuh gigi dan suka menggigit saat proses menyusui itu. Ada rasa sedih tak tertahankan ketika harus bertemu dengan masa menyapih si kecil. Yah, memang Menyusui itu Berjuta Rasanya ya Moms.

Dari pengalaman pertama ku menyusui si kecil hingga dua tahun, ku merasakan tantangan tersendiri saat menjalani masa menyusui itu, diantaranya :

1. Produksi ASI Sedikit

Hampir setiap New Moms mengalami kekhawatiran ini, terlebih saat ada yang berkunjung dan melihat kondisi si kecil menangis. “Si Kecil mungkin masih lapar, ASI nya sedikit kali, jadi dia ga kenyang”. Kalimat seperti itu rasanya sangat menusuk dan menikam jantung ya Moms. Bisa langsung buat kita New Moms stress dan akhirnya betul produksi ASI jadi sedikit. Hingga berbagai macam booster ASI pun masuk di lahap, mulai dari yang enak sampai bikin eneg.

Kurangnya ilmu laktasi menyebabkan aku mengalami stress pada awal masa menyusui itu. Padahal setelah tahu, produksi ASI akan menyesuaikan dengan kebutuhan serta umur si kecil dan bergantung pada proses supply and demand. Hingga seiring berjalannya waktu ku semakin mengerti bagaimana proses ASI itu bisa keluar di produksi, dari sana lah kekuatan mengasihi si kecil ku mulai berkobar.

Untuk mengatasi nya, sebaiknya kita mempersiapkan diri dengan mencari ilmu laktasi dari sumber yang relevan. Tidak mendengar sembarang informasi yang masuk dan menelannya bulat-bulat tanpa filter. Dan untuk booster ASI, setiap orang berbeda, ada yang cocok ada yang tidak, kembali lagi kepada masing-masing nya. Ibarat mencari gaun pesta, mencari booster ASI pun perlu di coba. Namun setelah mencoba minum ini itu, makan ini itu akhirnya ku temukan juga booster ASI ku. Booster ASI ku sangat mudah, cukup makan segala jenis kacang-kacang an, kacang tanah, kacang mede, dll dan makanan enak itu jadi booster ASI paling ampuh dan enak yang cocok bagi ku.

2. Bingung Puting

Setelah tantangan masalah produksi ASI teratasi, ada tantangan baru lagi yang harus ku hadapi. Dan tantangan itu adalah Bingung Puting. Setelah masa cuti melahirkan usai, aku kembali lagi bekerja sebagai seorang karyawan swasta. Dan untuk memenuhi kebutuhan si kecil, aku melakukan pumping di kantor dan memberikan si kecil ASIP. Awal pemberian ASIP si kecil menolak, bahkan tak jarang ASI terbuang karena si kecil menolak menyusu melalui botol susu nya. Hingga akhirnya aku gonta ganti dot susu, dan terjadilah hal paling horror dalam perjalanan menyusui itu “bingung puting”. Butuh satu bulan lama nya si kecil bisa sembuh dari bingung puting. Sedih rasanya karena sebagai Ibu ku merasa di tolak si kecil. Hingga akhirnya aku bertemu dengan Botol Susu yang mengatasi bingung puting itu. Kembali lagi, ilmu laktasi yang masih dangkal lagi lagi menjadi penyebab tantangan ini lama teratasi.

3. Puting Lecet

Tantangan menyusui tak hanya berakhir sampai di bingung puting. Saat si kecil mulai tumbuh gigi dan ia merasakan gatal tak tertahan, puting ku lah yang menjadi sasaran empuk nya. Beberapa kali puting ku tak hanya lecet, melainkan berdarah karena gigitan tajam si kecil. Namun, alhamdulillah tantangan ini tak berselang lama ku alami. Aku bisa mengalihkan si kecil dari menggigit puting dengan menstimulasinya dengan teether dan tahu jika ASI pun bisa menyembuhkan puting yang lecet.

4. Manajemen Waktu Pumping

Tantangan khusus bagi ku yang seorang working mom dimana harus menjadi ibu eping adalah cara memenuhi kebutuhan ASIP bagi si kecil. Di sela-sela padat nya kesibukan pekerjaan, aku harus tetap memenuhi target pumping harian agar stok ASIP si kecil aman. Sulitnya mengatur waktu pumping juga tidak tersedia nya ruang laktasi menjadi tantangan bagi ku. Hingga di tengah pekerjaan, satu tangan memegang alat pumping dan satu tangan memegang mouse atau mengetik keyboard. Belum lagi dominasi kaum adam yang satu ruangan dengan ku menjadi hal lain yang cukup mengusik. Namun aku tetap berkomitmen memenuhi kebutuhan ASIP si kecil hingga alhamdulillah kini si kecil telah lulus ASI 2 tahun nya.

5. Menyapih

Hari demi hari, bulan berganti bulan masa menyusui berjalan dengan indah, saya dan si kecil merasa sama-sama bahagia dengan bonding yang tercipta saat si kecil menyusu. Hingga usia si kecil memasuki masa 2 tahun, dimana ku dan si kecil harus sama-sama berjuang untuk babak baru, masa dimana ku harus menyapih si kecil.

Menyapih menjadi perjalanan mengASIhi terberat yg harus aku dan si kecil lewati. Oleh karena itu, ku ingin menyapih si kecil dengan cinta, tanpa menyakiti hatinya, tanpa membuatnya trauma dan takut. Ku mulai terapkan metode-metode menyapih si kecil dengan cinta. Dengan berat hati ku tidak pernah menawarkan si kecil untuk menyusu, proses menyusu dilakukan hanya saat ia meminta. Saat akan tidur pun, ku mulai merubah pola dan kebiasaan yang dilakukan sebelum tidur. Ku ganti proses menyusui sebelum tidur dengan membacakannya buku cerita sambil membelai rambutnya. Ini sangat berat, lebih sedih jika dibandingkan saat si kecil menolak menyusu secara langsung. Tapi hal ini harus aku dan si kecil lalui, hingga akhirnya kami sama sama siap berpisah dengan masa-masa menyusui yang indah dan membahagiakan. Alhamdulillah si kecil akhirnya lulus di sapih tanpa drama.

Menyusui si kecil adalah hal terhebat yang dapat seorang Ibu berikan untuk anak nya dan untuk dunia.

Selamat pekan mengASIhi Ibu-Ibu hebat pejuang ASI!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

363 Siti Sondari

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

ASI Booster Membantu Memenuhi Gizi Ibu dan Bayi saat Masa Menyusui

Selama 6 bulan pertama masa menyusui Rubi, saya rutin mengkonsumsi ASI Booster.

Daun Katuk, Pilihan ASI Booster yang Tepat

Ibu menyusui yang mengonsumsi ekstrak daun katuk dapat meningkatkan produksi ASI 50.7% lebih banyak.

Hindari Kolik pada Anak dengan Menggunakan Botol Susu Anti Kolik

Apa saja keunggulan botol susu anti kolik dan bagaimana cara memilih botol susu yang tepat

Empat Manfaat Penting Minum Susu Pakai Botol Anti Kolik

Memilih botol susu itu harus jeli, ga bisa sembarangan! Kalau asal beli, jangan kaget jika si Kecil menangis terus.

Istimewanya Botol Susu Anti Kolik Dibanding Botol Susu Biasa

Siapa yang nggak kenal dengan botol susu anti kolik? Mungkin hampir semua mama di Babyo tahu botol susu khusus ini.

Botol Susu Anti Kolik dengan Manfaat Ganda untuk si Kecil

Ada beberapa manfaat yang saya rasakan ketika menggunakan botol susu anti kolik sebagai media minum ASIP/Sufor si Kecil

Nyaman Menyusui dengan Botol Susu Anti Kolik

Memilih botol susu bayi merupakan hal yang sangat tricky karena jika kita salah memilih, akan mengganggu kesehatannya.

Manfaat Luar Biasa dari Botol Susu Anti Kolik

Mungkin ada yang beranggapan semua botol susu itu sama saja, tapi sebenarnya kenyataan tidak.

Efek Botol Susu Anti Kolik pada Kolik Anakku

Ketika anakku umur 3 minggu, entah kenapa tiap malem itu selalu nangis, jadi tiap malem selalu gendong.

Manfaat Botol Susu Anti Kolik yang Tidak Dijumpai pada Botol Susu Biasa

Botol susu merupakan salah satu alat penunjang kebutuhan bayi, maka jangan sampai sembarangan memilih ya Moms.

Ternyata Botol Susu Anti Kolik Lebih Baik dari Botol Susu Biasa!

Pada kelahiran putri pertama saya, saya memang menyiapkan botol susu buat berjaga-jaga apabila ASI tidak keluar.

Keunggulan Botol Susu Anti Kolik, Bayi Nyaman Ibu pun Tenang

Saat awal masa-masa menyusui saya tidak bisa menyusui secara langsung karena masalah medis yang saya alami.

Botol Susu Anti Kolik, Tidak Hanya Sekedar Atasi Kolik

Saya mau sharing salah satu botol susu andalan saya dan keluarga, yaitu botol susu anti kolik.

Seberapa Penting Botol Susu Anti Kolik untuk Bayi?

Ternyata pemilihan botol susu yang tidak tepat pun dapat menjadi salah satu penyebab si Kecil kolik loh Moms.

Mengenal Botol Susu Anti Kolik

Bagi sebagian Moms yang baru menjadi mama, istilah botol susu anti kolik mungkin masih terdengar asing.

Botol Susu Anti Kolik, Pilihan Tepat untuk Anakku

Sebagai orang tua, kita tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anak, memperhatikan kesehatan & tumbuh kembangnya

Botol Susu Anti Kolik vs Botol Susu Biasa

Sampai saat ini, botol susu masih menjadi alternatif para Moms dalam memberikan ASIP ke bayi. Mengapa?

Manfaat Menggunakan Botol Susu Anti Kolik untuk Si Kecil

Kolik menjadi salah satu masalah perut yang harus dihindari karena itu menyakitkan bagi bayi.

Solusi Cerdas Ibu Eping Atasi Drama Kolik

Patah hati rasanya ketika harus menerima kenyataan tidak dapat menyusui buah hati pertama secara langsung.

Atasi Kolik si Kecil dengan Botol Susu yang Tepat

Sebelum saya mengetahui ada botol susu yang mengklaim anti kolik, saya asal saja memakai botol susu.