Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Persiapan Wajib Menjelang Persalinan

PREGNANCY  |  12 Jun '18

Saat hamil, seorang ibu akan melewati berbagai tahap kehamilan yang tentunya setiap tahap tersebut ibu hamil akan merasakan berbagai perubahan dari dalam dirinya seperti halnya mengalami perubahan berat badan yang semakin meningkat dikarenakan janin yang ada di dalam rahim juga semakin besar.

Ketika usia kehamilan akhir atau trimester ketiga, sebagian besar ibu hamil akan mengalami rasa khawatir dan cemas akan persalinannya yang tinggal menghitung hari. Namun, sebenarnya hal tersebut bukanlah suatu hal yang harus dikhawatirkan atau dicemaskan karena akan menganggu kesehatan saat hamil. Lebih baiknya Mom mempersiapkan diri menjelang kelahiran.

Beberapa Hal yang Wajib Dilakukan untuk Persiapan Kelahiran

1. Menentukan Dokter yang Akan Menangani Anda

Bagian ini merupakan salah satu hal yang penting dilakukan untuk persiapan melahirkan. Anda harus segera menentukan dokter mana yang nantinya akan menangani Anda saat proses persalinan. Biasanya pemilihan dokter ini juga akan mempengaruhi lokasi yang akan menjadi tempat persalinan. Pilihlah seorang dokter yang profesional dalam menangani pasiennya apalagi jika Anda memutuskan untuk melahirkan di rumah sakit tentunya hal ini menjadi bagian yang sangat penting.

2. Menyiapkan Barang yang Penting

Anda bisa membuat sebuah catatan kecil yang berisi barang penting yang harus dipersiapkan untuk dibawa ke rumah sakit pada saat akan melahirkan. Barang-barang tersebut meliputi barang untuk Anda dan bayi, berupa perlengkapan bayi dan beberapa barang lainnya.

3. Mengetahui Apa yang Harus Dilakukan saat Nyeri Muncul

Hal yang wajib dilakukan dalam hal persiapan kehamilan selanjutnya yaitu mengetahui apa yang Anda lakukan saat nyeri kontraksi atau berbagai hal mengenai persalinan muncul. Untuk mengetahui hal tersebut tentunya Anda bisa berkonsultasi kepada dokter yang sudah dipilih terlebih dahulu. Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan pada dokter seperti bagaimana awal munculnya kontraksi dan mengatasinya, kapan waktu yang tepat agar bisa menghubungi rumah sakit dan hal apa saja yang harus dihindari saat nyeri kontraksi.

4. Sharing dengan Orang yang Sudah Berpengalaman

Kali ini anda harus sering-sering sharing kepada orang yang sudah berpengalaman dalam melahirkan seperti ibu anda ataupun teman. Anda bisa bertanya pengalaman saat melakukan persalinan. Dengan melakukan sharring ini tentunya akan membuat anda semakin bersemangat dan yakin dalam menghadapi persalinan.

5. Pastikan Suami Anda Selalu Siaga

Hal penting yang wajib untuk dilakukan dalam hal persiapan melahirkan yang terakhir yaitu memastikan suami anda selalu siaga dalam segala hal apapun yang kemungkinan akan terjadi. Misalnya jika Anda mulai merasakan nyeri kontraksi suami Anda harus siap sedia untuk mengatasinya. Maka dari itu pada saat konsultasi usahakan suami Anda juga ikut.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor. 

1007 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories