Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Persiapan Program Hamil yang Jarang Diketahui

PREGNANCY  |  01 Jul '18

Salah satu alternatif yang ampuh untuk mendapatkan kehamilan yaitu dengan melakukan program hamil. Melakukan program hamil merupakan salah satu peluang yang paling efektif untuk mendapatkan keturunan. Namun, tentu dalam menjalankan program hamil, ada hal penting yang tak boleh dilewatkan, yaitu persiapan program hamil. Persiapan yang matang dapat membantu Anda untuk menentukan keberhasilan dalam program hamil yang hendak dilakukan. Meskipun terdengan mudah, namun dalam praktiknya Anda memerlukan usaha dan tekad yang kuat hingga mendapatkan kehamilan.

Persiapan Program Hamil

Setiap pasangan yang telah menikah tentu ingin mendapatkan keturunan. Banyak upaya yang akan dilakukan untuk mencapai impiannya tersebut, salah satunya adalah dengan melakukan program hamil. Meskipun terdengan sangat mudah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan persiapan program hamil, seperti:

1. Perhatikan Kondisi Psikologis

Kondisi psikologis merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam program kehamilan. Bagaimanapun kondisi psikologis khususnya keandaan mental menjadi jantung berlangsungnya proses program kehamilan agar lancar hingga akhir. Mental yang buruk dapat menyebabkan stres, dengan begitu akan berpengaruh terhadap keadaan fisik maupun emosional Anda, hal tersebut tentu akan menghambat berlangsungnya program hamil.

2. Hindari Vitamin A dan perbanyak konsumsi Asam Folat

Jika Anda mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mg setiap hari dalam kurang lebih satu bulan, maka Anda telah membantu mengurangi risiko bayi terlahir cacat. Namun, Mom juga harus mulai memerhatikan makanan yang Anda konsumsi. Pastikan Mom tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A dari asupan makanan yang lainnya. Karena Vitamin A yang dikonsumsi secara berlebihan akan berisiko terhadap kecacatan janin yang dikandung.

3. Berhenti dari kebiasaan buruk

Beberapa kebiasaan buruk yang harus dihentikan adalah merokok, mengonsumsi obat-obatan, dan meminum alkohol. Ketiga kebiasaan buruk tersebut memiliki efek yang sangat buruk untuk tubuh Anda. Rokok dan alkohol memiliki kandungan yang bisa membuat kesuburan menurun bahkan membuat janin yang anda kandung terlahir prematur, cacat, bahkan keguguran. Dengan begitu, sebaiknya Mom mulai menghindari kebiasaan buruk tersebut.

4. Berkonsultasi dengan dokter

Langkah yang paling utama dalam persiapan program hamil adalah menyiapkan diri Anda untuk berkonsultasi ke dokter atau bidan terdekat. Tak hanya istri yang diperiksa, namun kedua pasangan harus diperiksa. Dengan berkonsultasi, mendapatkan saran-saran terbaik dokter untuk menunjang keberhasilan program kehamilan yang akan Anda lakukan.

5. Hentikan penggunaan alat kontrasepsi

Tak sedikit pasangan yang menggunakan alat kontrasepsi sebelum melakukan program hamil. Untuk menunjang kelancaran program kehamilan yang akan dilakukan, maka sangat dianjurkan untuk menghentikan penggunaan alat kontrasepsi sesegera mungkin. Sebagian wanita yang telah berhenti menggunakan alat kontrasepsi akan mengalami tingkat kesuburan yang cepat. Namun tak sedikit juga wanita yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berovulasi. Ciri utama pulihnya kesuburan wanita yaitu teraturnya periode menstruasi.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

3034 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories