Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Hal yang Harus Lakukan dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil

PREGNANCY  |  10 Jul '18


Banyak wanita hamil takut berolahraga. Alasan untuk ini mungkin karena mereka takut membahayakan kehidupan yang tumbuh di rahim mereka. Namun, periset percaya bahwa olahraga bisa baik untuk ibu dan janin. Faktanya, sebuah penelitian Amerika yang dipublikasikan di American Journal of Obstetrics and Gynecology baru-baru ini menyatakan bahwa wanita yang bekerja saat hamil memiliki 30 persen persalinan lebih pendek daripada mereka yang tidak berolahraga. Jika Anda hamil, Anda juga bisa minum pil vitamin.

Apa yang harus kamu lakukan?

1. Latihan singkat

Datang dengan rutin latihan rutin yang berlangsung selama 20-30 menit setiap hari. Namun, sebelum Anda melakukan segala bentuk latihan, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Beberapa orang memiliki kehamilan yang rumit, dan latihan apa pun bisa merusak mereka dan anak mereka.

2. Istirahat

Pastikan Anda beristirahat. Jangan terlalu banyak bekerja dengan tubuh Anda, karena mungkin berdampak buruk bagi Anda dan bayi Anda. Pantau tingkat pernapasan Anda saat Anda berolahraga. Melakukan hal ini akan membantu Anda menentukan kapan harus berhenti.

3. Minum Air Putih dan Makanlah dengan Sehat

Selama berolahraga, tubuh Anda kehilangan air dan menggunakan energi Anda. Menjadi hamil berarti, Anda makan untuk dua orang. Karena itu, pastikan Anda terus-menerus menghidrasi diri dan makan sehat setiap saat. 

Anda dapat memilih untuk menambahkan suplemen ke makanan Anda. Makan untuk dua orang bukanlah tugas yang mudah, dan terkadang, seorang ibu dapat mencabut dirinya sendiri dan anak yang ia bawa mengandung nutrisi dalam jumlah yang tepat. Studi menunjukkan bahwa 80 persen wanita gagal mencapai asupan nutrisi yang dibutuhkan. 

4. Pakaian Nyaman

Wanita hamil tidak seharusnya menahan perut mereka. Karena itu, disarankan memakai legging dan bra sport saat berolahraga. Bra olahraga harus kapas dan pas. Melakukan hal ini akan melindungi payudara Anda dari cedera pada jaringan dan ligamen dan juga akan mencegah overstretching. Kehamilan juga bisa membuat ketidakseimbangan dan memakai sepatu latihan yang nyaman akan membantu menjaga keseimbangan.

5. Sesuaikan Rutin Kehamilan Anda

Trimester pertama Anda akan memberi Anda kesempatan untuk berolahraga sedikit lagi. Namun, cobalah untuk menghindari latihan yang sangat berat. Pada trimester kedua, Anda diminta untuk menghindari sit-up dan lebih fokus pada latihan kekuatan. Selama trimester ketiga, latihan Anda harus ringan. Dokter merekomendasikan berjalan selama tahap kehamilan ini.

Apa yang Tidak Harus Anda Lakukan

1. Jangan Berolahraga di Lingkungan yang Panas

Suhu ini bisa membahayakan anak Anda, terutama pada trimester pertama. Selama kehamilan, wanita biasanya lebih hangat dari biasanya. Oleh karena itu, menundukkan tubuh Anda pada suhu yang lebih hangat dapat menyebabkan kenaikan suhu inti tubuh. Pada gilirannya, bayi mungkin akan terpengaruh.

2. Jangan Minum Pil Diet

Selain itu, hindari menggunakan pil penurun berat badan selama kehamilan. Pil ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi pada wanita saat hamil. Beberapa pil biasa yang digunakan wanita adalah ekstrak Garcinia Cambogia, kafein, Raspberry Ketones, Ekstrak Kacang Hijau, dan Hydroxycut. Hal ini diperlukan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda ingin mencoba pil diet.

3. Tidak boleh angkat beban

Hindari latihan berat seperti mengangkat beban. Menurut American College of Sports Medicine, praktis untuk melakukan latihan intens dalam beberapa minggu pertama kehamilan. Namun, mereka juga menyarankan agar Anda mendengarkan tubuh. Selain itu, hindari olahraga tertentu seperti judo, berkuda, dan kickboxing. Anda tidak ingin membahayakan bayi Anda dengan memukul perut Anda.

4. Jangan Berolahraga di bagian Belakang Anda

Berbaring telentang bisa mengurangi aliran darah ke organ vital seperti otak dan rahim. Namun, ini berlaku untuk wanita pada trimester kedua dan ketiga.

5. Hindari Latihan yang Melibatkan Abdomen, Lunges, dan Jumping

Penelitian menunjukkan bahwa 30 persen wanita rentan terhadap pemisahan otot perut yang mungkin akibat kerja perut terlalu banyak.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

806 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

-Progessence Phyto Plus Young Living- Selamat Mal...

-Progessence Phyto Plus Young Living- Selamat Malam ❤️❤️❤️ Okeey, di post kali ini aku akan bahas tentang essential oil Progessence Phyto Plus [...]

Melahirkan Lancar Aman Damai dengan BPJS #sharingbubuice

#sharingbubuice Ada yang masih hamil? Ada yg pegang kartu bpjs? Disimpen baik-baik ya kali aja kepake 😍 Oke jadi sebelumnya aku uda banyak de [...]

Tips Tradisional, Murah & Mudah agar ASI Lancar Jaya

Masalah yang paling sering dihadapi oleh ibu menyusui adalah kurangnya produksi ASI . Sayangnya, banyak ibu yang tidak mengetahui cara [...]

Pengalaman Melahirkan Prematur

Kita yang merencanakan Allah yang menentukan. Benar benar diluar rencana. Saat aku sudah merencanakan lahiran normal di bidan dekeeeet bgt dari [...]

Pengalaman melahirkan di masa pandemi Covid-19

Akhirnya aku bisa menyempatkan waktu untuk nulis artikel lagi, karena masih repot ngurusin bayi dan batitaku. 2 Bulan lalu aku melahirkan di [...]

Bahayakah Jika Ibu Hamil Makan Nanas?

Bahayakah Jika Ibu Hamil Makan Nanas? Kita tentu sering sekali mendengar tentang bahayanya makan nanas ketika hamil. Banyak yang berkata bahwa [...]

Persiapan, Resiko dan Keuntungan Hamil di Usia 35 tahun

Moms berusia 35 tahun atau lebih dan merindukan kehamilan? Perhatikan hal-hal berikut ini ya.

Tips Meminimalisir Kehamilan Resiko Tinggi

Bagi yang merencanakan kehamilan, simak yang satu ini yuk.

Pengalamanku Berpuasa Saat Hamil Muda

Yuk simak tips berpuasa bagi ibu hamil muda berikut ini.

Tidur Siang Saat Hamil Bisa Sebabkan Bayi Lahir dengan Craddle Cap?

Betulkah tidur siang di saat hamil dapat menyebabkan si Kecil terlahir dengan cradle cap?

Tips Menjalani Kehamilan dengan Nyaman

Siapa ibu hamil disini yang sering khawatir? Rasa stres dan khawatir bisa membuat kehamilan jadi ga nyaman loh.

Tips Meminimalisir Stretch Mark Selama Kehamilan

Bagaimana caranya menimalisir stretchmark selama kehamilan? Yuk, simak tips berikut ini.

Macam-macam Test Lab Selama Kehamilan

Tes laboratorium sangat penting dalam menunjang kesehatan kehamilan. Simak macam-macam tes lab selama kehamilan berikut ini, Moms!

Manfaat Birth Ball untuk Persalinan

Bermanfaatkah birth ball di masa kehamilan dan juga saat bersalin? Yuk, simak bersama berikut ini.

Sisi Positif dan Negatif Es Krim untuk Ibu Hamil

Siapa disini yang suka es krim? Bagaimana dengan mengonsumsi es krim selama masa hamil, boleh tidak? Yuk, simak berikut ini.

Manfaat Prenatal Gentle Yoga

Apa saja manfaat dari prenatal yoga? Yuk, kita simak cerita yang satu ini!

Bumil Pelihara Kucing? Aman Nggak Sih?

Amankah untuk ibu hamil memelihara kucing? Bagaimana dengan risiko toksoplasma? Yuk simak yang berikut ini.

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Mitos tentang masa kehamilan masih banyak terdengar. Yuk simak mitos-mitos berikut ini sehingga kita menjadi lebih bijak.

Tips Babymoon Aman dan Nyaman

Moms and Dads sedang merencanakan babymoon? Simak tips berikut ini agar liburannya berjalan dengan baik ya!

Sakit Pinggang: Tanda Kehamilan, atau Hanya Menstruasi?

Bingung apakah Moms sedang mengalami tanda menstruasi atau hamil? Mari simak beberapa perbedaan berikut.