Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

5 Hal Penting Agar Sukses Menyusui

REVIEWS  |  23 Oct '17

Menginjak trimester ketiga, saya mulai concern terhadap pemberian ASI untuk bayi saya nantinya. Dimulai dengan browsing artikel kesehatan, sharing dengan teman yang sudah memiliki anak hingga bertanya kepada dokter. Ternyata kunci sukses pemberian ASI terletak pada hormon oksitosin yang dihasilkan ketika ibu merasa senang. Cara kerjanya sebenarnya simpel. Semakin banyak ASI dikonsumsi bayi maka semakin banyak pula tubuh kita akan meproduksi ASI. Namun kenyataannya tidaklah semudah itu, banyak faktor yang perlu juga diperhatikan agar proses menyusui ini berjalan lancar dan tentu saja menyenangkan. Sebelumnya tidak ada yang memberi tahu saya kalau ternyata menyusui itu sakit, menguras banyak tenaga, dan penuh perjuangan. Akan tetapi, semua itu akan hilang rasanya ketika saya menatap matanya ketika menyusui dan melihat perkembangannya yang luar biasa dari hari ke hari.

Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa item yang menurut saya sangat penting agar proses menyusui menjadi menyenangkan bukan merepotkan. 

1. Breastpad
Atau yang dikenal dengan penahan ASI. Bentuknya bulat, diselipkan di bra untuk menahan ASI agar tidak bocor atau merembes ke pakaian. Seringkali jika mom sedang menyusui dengan payudara kanan, ASI juga keluar dari payudara sebelah kiri. Oleh karena itu, perlu breastpad agar baju tidak kebasahan. Sama hal nya dengan pembalut, jika dirasa breastpad-nya sudah basah atau penuh, breastpad ini juga perlu diganti agar tetap bersih. Breastpad ini terdapat dua jenis yaitu yang bisa sekali pakai atau yang dicuci dan dapat dipakai berulang kali. 

2. Breast Massage Oil
Seringkali ibu memilih untuk tidur sebentar daripada memerah ASI atau melewati jam pemberian ASI karena bayi masih terlelap. Alhasil payudara terasa penuh dan bengkak. Hal tersebut sebaiknya jangan dibiarkan ya moms karena akan mengakibatkan penyumbatan dan payudara sakit saat hendak menyusui. Cara mencegahnya yaitu dengan pemberian ASI yang teratur dan jika payudara mulai sakit pijatlah dengan Breast Massage Oil. Pijat payudara dari arah dalam keluar beberapa kali sambil dikeluarkan ASI-nya. Pilih Breast Massage Oil yang terbuat dari 100% bahan herbal alami seperti buatan Herbilogy agar aman untuk ibu menyusui dan bayi. 

3. Nursing Apron
Menyusui kadang tidak mengenal waktu. Dengan nursing apron ini, kita dapat menyusui atau memerah ASI di dalam kendaraan, di restoran ataupun di mall. 

4. Bantal menyusui
Ketika bayi baru lahir, kegiatannya hanya seputar tidur, mandi, ganti popok dan menyusui. Bantal menyusui ini dapat membantu agar tangan tidak pegal saat menopang kepala bayi. Dari bentuknya ada dua jenis yaitu yang berbentuk setengah lingkaran, ataupun yang dapat ditaruh di lengan sebagai alas kepala bayi. Posisi pelekatan antara mulut bayi dengan payudara juga merupakan hal yang harus diperhatikan karena jika salah posisinya dapat mengakibatkan puting lecet atau bayi tersedak. 

5. ASI Booster
Banyak produk sekarang melabeli barangnya dengan sebutan ASI booster agar ibu-ibu tertarik membelinya. Silakan moms memilih ASI booster apa yang cocok dengan diri sendiri. Ada yang suka dengan almond milk, teh pelancar asi, daun katuk ataupun obat-obatan. Janganlah memaksakan memakan sesuatu yang tidak moms sukai karena inti dari pemberian ASI adalah perasaan senang sehingga tubuh akan memproduksi ASI. Kalau saya pribadi lebih memilih martabak manis sebagai ASI booster. :)

Jangan lupa masukan barang-barang tersebut ke wish list yang harus disiapkan sebelum melahirkan ya moms. Semangat mengASIhi dan selalu berpikiran positif agar proses menyusui berjalan lancar. 

By: Astri Dwitantia

3999 Astri Dwitantia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Review Lovenest+ from Babymoov by Mom Editha

Kepala bayi yang masih lunak memerlukan bantal khusus untuk mempertahankan bentuk bulatnya.

Baby-O-Review Dr. Brown's Tooth & Gum Wipes

Setelah makan dan minum susu, rongga mulut si Kecil wajib diberishkan, tak terkecuali bagi newborn.

Baby-O-Review Duux OVI

Ruangan ber-AC bisa menyebabkan kulit dan pernapasan bayi menjadi terganggu. Mari kita ketahui cara mengatasinya.

Mengatasi Transisi Breastfeeding To Bottle Feeding

Ketika Si Kecil sedang dalam masa transisi dari breastfeeding menuju feeding, tentu akan muncul berebagai drama. Bagaiaman cara mengatasinya?

Bamboo Roo Swaddle In Depth Review

Bingung memilih kain bedong? Berikut adalah in-depth review mengenai Bamboo Roo swaddles. Yuk, simak bersama.

Motorola Baby Monitor Review by Babyo

Ketika CCTV tidak bisa diandalkan karena WiFi lemot, apa yang kita bisa lakukan? Mari simak review untuk Motorola Baby Monitor berikut ini.

Baby Lotions Review by Babyo

Babyologist mempersembahkan product review yang bertujuan membantu anda memilih yang terbaik untuk Si Kecil.

Diaper Bags Review by Babyo

Babyologist mempersembahkan product comparison yang bertujuan membantu anda memilih yang terbaik bagi Si Kecil. Semoga bermanfaat.

Mengatasi Kelainan Kaki Pada Balita

Tidak sedikit balita yang mengalami in-toeing. Dan jika di tangani sejak dini, kelainan ini bisa menjadi normal. Mari simak berikut ini.

Apa sih Nursery Rhymes Itu?

Salah satu cara Mom Selvia mengajar anak jenius adalah dengan menggunakan nursery rhymes. Yuk, simak bersama.

Baby Walker, Yay or Nay?

Mom Cindy melakukan banyak research mengenai penggunaan Baby Walker dalam melatih anak berjalan. Yuk kita simak hasilnya.

Umur Berapa Bayi Boleh Naik Pesawat?

Umur berapa sebaiknya bayi pergi traveling? Apa yang sebaiknya dilakukan untuk memastikan bayi baik-baik saja selama penerbangan?

Vaksin di Puskesmas, Kenapa Tidak?

Berbicara mengenai imunisasi, banyak dari kita pasti memilih untuk melakukannya di Rumah Sakit. Tapi ternyata Puskesmas sekarang oke loh Moms...

Puasa Gadget dan Diet Gadget

Gadget or no gadget? Topik ini seru sekali jika dibicarakan, tidak ada habis-habisnya. Simak cara Mom Yessica mengatasi hal tersebut.

Pentingnya Car Seat

 Car seat or no car seat? Bagi Mom Sarah, car seat is a must. Bagaimana cara mengatasi anak yang ngga mau duduk tenang di car seat? Simak berikut ini.

Happy Colouring

Bukan rahasia lagi bahwa aktifitas mewarnai banyak digemari oleh anak-anak. Apa manfaat mewarnai? Mari simak cerita Mom Sherlly berikut ini.

Menstimulasi Bayi Ala Mommy Carol

Bagaimana caranya untuk menstimulasi bayi sejak dini? Ternyata banyak caranya! Mari simak cerita Mommy Carol berikut ini.

Membatasi Anak Dengan Gadget

Di jaman modern seperti sekarang, anak mana yang tidak kenal dengan gadget dan youtube? Berikut adalah pengalaman dari Mom Vina mengenai kedua [...]

Baby-O-Review Bambooroo Swaddle

Baby-O-review dirancang untuk memberikan review secara jujur dan positif. Mari saksikan review untuk Bambooroo swaddle berikut ini.

Bayi Bau Tangan?

Pernahkah anda mendengar orang berkata “jangan keseringan digendong bayinya, nanti bau tangan”. Betulkah demikian?