Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Lebih Dekat Dengan Imunisasi PCV

23 Apr '18


Untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dasar terutama pada bayi dan anak-anak dengan tujuan dapat menunjang pertumbuhan serta perkembangannya menjadi lebih maksimal, pemerintah sudah mengadakan kegiatan pemberian vaksin yang dilakukan melalui program imunisasi. Informasi dari badan kesehatan dunia atau WHO mengungkapkan bahwa sekitar 2 juta kematian bisa dicegah dengan pemberian imunisasi yang dilakukan setiap tahun. Tidak hanya berfungsi sebagai proteksi dari bahaya penyakit tertentu, kegiatan pemberian imunisasi ini juga bisa mengurangi angka prevalensi penyakit. Saat ini di Indonesia sudah ada berbagai jenis imunisasi, salah satunya yaitu imunisasi PCV. Seperti yang kita ketahui bahwa kegiatan imunisasi menimbulkan efek samping tersendiri, termasuk efek samping imunisasi PCV.

Imunisasi PCV atau imunisasi yang lebih dikenal dengan Pneumococcal Vaccine adalah imunisasi yang tergolong masih baru. Imunisasi ini diberikan untuk memberikan perlindungan dengan tujuan melawan berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri pneumokokus atau Streptococcus pneumoniae. Sesuai dengan rekomendasi dari IDAI pada tahun 2006, imunisasi PCV dimasukkan kedalam kelompok imunisasi dan tahun 2007 sudah ditentukan jadwalnya. Adapun jadwal pemberian imunisasi PCV yang dilakukan sebanyak 4 kali, yaitu :

  • Dosis I bisa diberikan kepada bayi yang usianya 2 bulan.
  • Dosis II diberikan kepada bayi yang berusia 4 bulan.
  • Dosis III pemberiannya dilakukan kepada bayi yang berusia 6 bulan.
  • Dosis IV atau dosis terakhir pemberiannya dilakukan kepada bayi yang berusia 12-15 bulan atau di bawah 2 tahun.

Pemberian munisasi PCV bisa dilakukan bersamaan dengan imunisasi yang lain seperti TT, HepB, DPT, HiB, dan MMR atau varisela, namun harus menggunakan spuit yang berbeda dan disuntikkan pada sisi badan yang berlainan. Munculnya efek samping imunisasi PCV cukup beragam, namun untuk kebanyakan kasus yang umum terjadi efeknya bisa hilang sendiri karena memang sifatnya ringan. Beberapa efek samping yang disebabkan pemberian imunisasi PCV diantaranya yaitu :

  • Demam ringan Ketika efek samping vaksin sudah bekerja dalam tubuh, hal ini akan mengakibatkan demam ringan dengan suhu tubuh rata-rata kurang dari 38 derajat celsius. Demam ringan ini berlangsung tidak akan sampai berhari-hari, namun untuk memastikan bisa dilakukan pemeriksaan ke dokter.
  • Bercak merah pada kulit dan pembengkakan Bagian tubuh yang di suntik akan menimbulkan bercak merah dan pembengkakan. Hal ini tidak akan berbahaya karena memang wajar terjadi, jadi jangan terlalu dicemaskan.
  • Mengantuk Anak yang sudah disuntik vaksin biasanya akan mudah mengantuk, namun efek ini tidak akan berlangsung lama dan biarkan saja ia tertidur.
  • Nafsu makan berkurang Setelah suntik vaksin, nafsu makan anak menjadi berkurang dan berlangsung tidak lama. Jika berkepanjangan, segera bawa dan lakukan konsultasi dengan dokter.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1950 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Tips Mudik Membawa Si Kecil

Pernahkah anda mengalami stress ketika membawa si Kecil dalam perjalanan jauh? Nah, untuk menghindarinya Yuk simak tips berikut.

Konstipasi Pada Bayi

Apakah itu konstipasi dan apa penyebabnya terjadi pada bayi? Bagaimana cara mengatasinya? Mari simak yang berikut ini.

Penyebab Silent Disease Kinanti

Untuk penyebab infeksinya ini, tidak bisa diketahui secara pasti.- Usia-usia segitu memang aktif-

Simple Set Sandwich For Babies 12 Month

Si Kecil suka cemilan? Bosan dengan biksuit? Roti isi dapat menjadi salah satu alternatif lho Moms. Yuk simak tipsnya berikut ini.

Si Kecil Alergi Minyak Telon, Kok Bisa?

Si Kecil mengalami alergi terhdap minyak telon? Mari simak pengalaman Mom Mala Sari dalam mengatasinya.

KB Aman Untuk Ibu Menyusui

Alat kontrasepsi seperti apa yang cocok digunakan semasa menyusui? Mari simak yang berikut ini.

Chicken Puree Vegie

MPASI adalah saat yang menarik dimana kita belajar memberikan asupan bergizi bagi Si Kecil. Mari simak resep mango lassi berikut ini.

Apa Yang Terjadi Di Usia Janin 3 Bulan?

Pada usia kehamilan 3 bulan, akan ada banyak sekali perubahanterjadi pada kandungan anda. Apa sajakah itu? Mari, simak yang berikut ini.

Bubur Tomat Dengan Chia Seed

Bingung ingin menyajikan MPASI dengan resep apalagi? Tidak ada salahnya anda mencoba menu berikut ini. Selain mudah dibuat juga bergizi loh Moms.

Bolehkah Saat Menyusui Duduk Di Kursi Menyusui Goyang?

Betulkah saat menyusui duduk di kursi menyusui goyang dapat membantu Moms menenangkan bayi yang rewel? Mari simak ulasan berikut ini.

Olahan Kacang Hijau Untuk Ibu Menyusui

Prolaktin bertugas untuk memproduksi ASI, sedangkan oksitosin bertugas merangsang ASI untuk keluar.

Cara Asyik Memandikan Bayi

Memandikan Si Kecil harus dengan perawatan kulit khusus. Cairan pembersih juga harus aman bagi kulit bayi.

Tips Penyimpanan ASI Yang Baik

Penyimpanan ASI adalah hal yang banyak dilakukan ketika menyusui. Berikut adalah beberapa tips penyimpanan ASI yang baik. Yuk disimak.

Cara Memberikan ASI Yang Benar

Ibu menyusui disarankan untuk memberikan ASI kepada bayi sampai berusia 6 bulan . Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan , yuk simak [...]