Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Lebih Bagus Mana, MPASI Homemade atau Instan?

BABY  |  FEEDING  |  05 Mar '20


Bayi yang berusia 6 bulan ke atas tentunya memerlukan makanan tambahan selain ASI. Kenapa? Karena nutrisi dari ASI sudah tidak mencukupi kebutuhan nutrisi total baby, mom. Sehingga diperlukan makanan pendamping ASI dengan porsi yang cukup untuk buah hati sehingga kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Tentunya, makanan pendamping untuk sang buah hati harus mengandung lemak dan protein. Yes, lemak, bisa berasal dari minyak-minyakan ataupun dari butter/mentega. Selain itu, bayi juga membutuhkan banyak zat besi dan kalsium untuk pertumbuhannya.

Lalu apa ya makanan MPASI yg baik untuk baby? MPASI yang baik haruslah memenuhi syarat:

1. Mempunyai komposisi sesuai kebutuhan, baik zat gizi makro (karbohodrat, protein dan lemak) maupun zat gizi mikro (vitamin dan mineral) kandungan protein yang dibutuhkan berkisar antara 1,8 hingga 4 gram per 100 kalori, lemak 3,3 hinggga 6 gram per 100 kalori.

2. Kesesuaian volume : kira-kira 3-4 sendok makan untuk permulaan lalu naik bertahap (±125ml / 7 sdm untuk usia 7 bulan.

3. Kesesuaian tekstur : bayi yang baru mulai MPASI sebaiknya diberikan bubur yang disaring halus lalu/ diblender. Usia 8-9bulan bisa diberikan bubur tim/ bubur nasi lunak (makanan bertekstur sedikit kasar). Mom bisa memberikan makanan keluarga yang dipotong kecil jika sikecil sudah berusia di atas 1 tahun.

4. Aman dan higenis. Hal ini sangat penting ya mom agar menghindari si kecil terkena diare atau masalah pencernaan lainnya akibat makanan yang kurang bersih.

5. Terjadwal dan mudah disiapkan. Jangan sampai mom kesulitan menyiapkan makanan baby ya. Disaat anak merasa lapar, mereka ngak bakal bisa menunda rasa laparnya. Mereka juga belum bisa mengontrol tangisannya. Jadi jadwalkan jam makan bayi agar jadwal tidurnya juga ikut teratur.

MPASI HOMEMADE
Mom bisa membuat sendiri makanan untuk si baby kok. MPASI homemade memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kelebihannya mom bisa menentukan makanan yang akan dimasak, mengetahui takaran gizi makanan untuk baby, lebih higenis dan juga hemat di kantong.

MPASI INSTAN / FORTIFIKASI
Moms pasti sering mendengar merk bubur bayi instan dengan berbagai varian harga. Jangan takut untuk memberikan baby makanan instan/ makanan terfortifikasi ya mom. Jika mom tidak sempat untuk membuat makanan rumahan /olahan sendiri, mom bisa menggunakan bubur bayi instan atau terfortifikasi sesekali.

Perlu diperhatikan bahwa bubur instan untuk bayi TIDAK MENGANDUNG PENGAWET YA MOM!
Bubur instan bisa tahan lama karena pengemasannya. Jika berbentuk pure, biasanya hanya dapat dikonsumsi dalam waktu kurang dari 48 jam karena pada saat pengemasannya mereka melakukan sterilisasi sehingga bisa bertahan sedikit lebih lama. Mom juga jangan takut jika membeli makanan instan berbentuk bubuk (bubur bayi biasanya yaa..) karena mereka menghilangkan unsur air sehingga bubur bisa bertahan lama. Bubur instan ini juga sangat bagus untuk baby loh! Karena memiliki kandungan yang lengkap mulai dari nutrisi makro maupun mikro, dan biasanya dilengkapi pula dengan AA dan DHA untuk perkembangan otak bayi.

Jadi bagus MPASI homemade / instan?

Tergantung ya moms! MPASI homemade memang lebih baik apalagi jika dimasak dengan benar dan bersih, namun jika terpaksa melakukan traveling dan memerlukan makanan secara cepat, moms ngak perlu khawatir jika ingin memberikan MPASI instan ke baby.

Jadi bijak dalam penggunaannya ya mom. Ingat syarat MPASI utama adalah pemenuhan nutrisi untuk baby!

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

418 Laurensia Chatarina

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Lancar Menyusui di Saat Puasa

Moms yang sedang menyusui dan juga menjalankan ibadah puasa, simak tips berikut ini yuk.

Si Mungil Telur Puyuh Penuh Nutrisi

Moms, pelajari manfaat telur puyuh berikut ini yuk!

Tekstur, Jumlah, dan Frekuensi MPASI Sesuai dengan Usia Si Kecil

Apakah si Kecil sudah memasuki MPASI? Yuk simak bagaimana tekstur, jumlah, dan frekuensi MPASI yang tepat!

Review Produk: Cocolatte Baby Chair

Kenyamanan saat makan menurut saya menjadi salah satu poin penting dalam fase MPASI.

Feeding Issue: Masuk Angin

Alasan si Kecil seringkali menangis dapat disebabkan oleh rasa tidak nyaman karena ada udara di dalam perut.

Kenapa Bayi Saya Menangis Terus?

Hal yang harus diwaspadai oleh orang tua jika bayinya mengalami kolik adalah mengecek kondisi fisik bayi.

Keasikan Bermain Anak Sampai Lupa Makan

Apakah si Kecil sering keasikan bermain sampai lupa atau tidak mau makan Moms? Bagaimana mengatasinya?

Mengapa Bayiku Mogok Minum ASI?

Apakah si Kecil tiba-tiba tidak mau mium ASI Moms? Jika iya, coba simak beberapa penyebab mogok ASI berikut.