Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  15 Jun '22


Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ tubuh utama janin mulai terbentuk. Oleh sebab itu, Moms harus rajin mengumpulkan informasi mengenai larangan untuk ibu hamil muda.

Selain larangan mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu, faktanya cukup banyak aktivitas atau kegiatan yang dilarang dilakukan saat Moms sedang hamil muda. Semua pantangan tersebut tentunya memiliki maksud baik, yaitu menjaga kesehatan dan keselamatan Moms dan janin.

6 Larangan untuk Ibu Hamil Muda Terkait Makanan dan Minuman

Moms mungkin bertanya-tanya, saat hamil muda tidak boleh makan apa? Supaya tidak kecolongan, sebaiknya catat jenis makanan dan minuman yang dilarang dikonsumsi ibu hamil ini:

  1. Makanan Pedas

Kalau selama ini Moms hobi mengkonsumsi makanan pedas, disarankan untuk menghindarinya ketika sedang hamil. Pasalnya, makan makanan pedas dapat memicu heartburn (sensasi perih serta menyakitkan di area dada, perut, dan tenggorokan). Meskipun tidak memiliki pengaruh langsung terhadap kesehatan janin, efek makanan bercita rasa pedas akan membuat Moms merasa tidak nyaman. Bahkan, pada beberapa kasus dapat menyebabkan mual dan muntah.

  1. Makanan Mentah

Ketika hamil, Moms juga perlu menghindari konsumsi makanan mentah, baik itu ikan, telur, maupun daging. Pastikan kalau telah dimasak hingga matang sempurna. Sedangkan untuk sayuran dan buah, Moms harus mencucinya terlebih dahulu sebelum disantap.

Mengkonsumsi makanan mentah, setengah matang, atau kurang bersih dapat meningkatkan risiko terjangkit bakteri dan kuman yang mungkin menempel pada makanan tersebut. Salah satu contohnya adalah parasit Toxoplasma, kuman Salmonella, dan Listeria. Apabila makanan Moms terpapar kuman-kuman tersebut, maka ibu hamil berpotensi mengalami infeksi, seperti toksoplasmosis yang dapat menyebabkan terjadinya keguguran pada janin atau bayi lahir prematur. Berbahaya sekali, bukan?

  1. Tidak Mengkonsumsi Buah Nanas

Saat akan makan buah tertentu, mungkin Moms bertanya-tanya, buah apa yang tidak boleh dimakan saat hamil muda? Ada beberapa jenis buah yang perlu dihindari, termasuk nanas. Buah ini mengandung enzim bromelain yang berpotensi mengganggu keseimbangan protein.

Kelvin Halim, seorang nutrisionis Jovee menyebutkan bahwa buah nanas mengandung bromelain yang memang dapat menyebabkan peningkatan risiko keguguran. Alasannya adalah bromelain dapat menyebabkan pendarahan dan pemecahan protein berlebih.

  1. Susu Tidak Disterilisasi

Pada masa kehamilan, Moms memang membutuhkan asupan kalsium dalam jumlah cukup untuk memenuhi kebutuhan janin. Akan tetapi, penting memperhatikan kalau produk susu yang dipilih telah melalui proses pasteurisasi atau sterilisasi sehingga aman diminum.

Mengkonsumsi susu mentah atau belum disterilisasi berisiko membuat Moms terinfeksi bakteri berbahaya, seperti Listeria. Bakteri ini meningkatkan potensi kelahiran prematur.

  1. Teh Herbal

Beberapa pihak mengklaim, mengkonsumsi teh herbal dapat mencegah terjadi komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia, kelahiran prematur, dan perdarahan saat persalinan. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian akurat yang membuktikan kebenarannya. Supaya lebih aman, Moms dianjurkan untuk mendiskusikan perihal masalah ini dengan dokter kandungan. Apalagi mengingat kondisi wanita saat hamil berbeda-beda.

Baca Juga: Suhu Ruang yang Tepat agar Bayi Tidur Nyenyak

  1. Kafein dan Alkohol

Konsumsi minuman berkafein selama hamil harus dibatasi dan jika bisa tidak diminum sama sekali. Mengkonsumsi kafein berlebihan berpotensi meningkatkan tekanan darah dan detak jantung pada ibu maupun janin serta dapat menyebabkan keguguran.

Minuman lain yang berbahaya bagi ibu hamil adalah minuman beralkohol. Mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan bayi lahir dengan keadaan FAS atau Fetal Alcohol Syndrome, yaitu berat badan rendah serta berbagai masalah kesehatan lain, termasuk cacat bawaan.

8 Aktivitas yang Dilarang Dilakukan Ibu Hamil Muda

Selain mengetahui pantangan mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu, Moms juga perlu tahu kegiatan apa yang tidak boleh dilakukan saat hamil trimester pertama

Berikut ini beberapa aktivitas yang sebaiknya dihindari oleh Moms saat hamil muda:

  1. Membersihkan Kandang Hewan Peliharaan

Jika Moms memiliki hewan peliharaan, seperti kucing, anjing, kelinci, dan sebagainya, sebaiknya limpahkan tugas membersihkan kandang hewan kesayangan kepada orang lain selama hamil. Sebab kegiatan tersebut berisiko tinggi bagi kesehatan Moms dan calon bayi. Kotoran hewan berpotensi membuat Moms terpapar mikroba yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti infeksi Toxoplasma. Apabila janin terinfeksi parasit tersebut, bisa saja terjadi gangguan kesehatan serius pada diri Moms, termasuk menderita epilepsi.

  1. Mandi Air Panas

Kegiatan relaksasi dan menyenangkan satu ini mungkin terdengar menggiurkan, bukan? Kendati demikian, pada periode kehamilan Moms disarankan agar tidak berendam atau mandi air panas dulu, setidaknya sampai selesai melalui masa persalinan atau melahirkan. Terlalu sering mandi air panas berpotensi menyebabkan Moms menjadi lemas dan pusing. Apabila kebiasaan tersebut diteruskan, tidak menutup kemungkinan memicu terjadinya hal-hal tidak diinginkan, mulai dari meningkatkan risiko keguguran hingga bayi lahir cacat.

  1. Mempercantik Kuku

Kegiatan santai satu ini memang terdengar seru dilakukan untuk menghabiskan waktu luang. Akan tetapi, ibu hamil sebaiknya tidak mempercantik kuku, seperti mengaplikasikan kutek atau pasang kuku palsu. Sebab aromanya tidak bagus untuk kesehatan Moms dan janin.

  1. Merokok

Larangan untuk ibu hamil muda selanjutnya adalah merokok. Bayi yang dilahirkan oleh seorang ibu perokok mempunyai risiko tinggi lahir dengan berat badan rendah, mengalami cacat bawaan lahir seperti bibir sumbing, dan berpotensi terlahir secara prematur.

  1. Melakukan Aktivitas Fisik Berat

Moms memang dianjurkan untuk tetap aktif dan melakukan olahraga secara rutin saat hamil. Tapi ingat, jangan melakukan kegiatan fisik terlalu berat yang bisa membuat Moms kelelahan, misalnya, lari maraton, main tenis, bekerja lembur, atau melakukan pekerjaan rumah lain.

  1. Memakai High Heels

Saat hamil, Moms mungkin ingin tetap terlihat modis dan menawan. Salah satunya memakai high heels favorit saat bepergian. Namun, sebaiknya, kebiasaan ini dihindari ketika sedang hamil demi kenyaman dan kesehatan Moms serta jabang bayi yang ada dalam kandungan. Moms bisa mengenakan wedges sebagai alternatif solusi lebih aman. Apalagi, saat usia kehamilan semakin tua dan perut membesar, pusat gravitasi akan berubah sehingga Moms menjadi lebih sulit untuk mengendalikan tubuh Moms.

  1. Menghirup Aromaterapi

Ketika hamil muda apa yang harus dihindari? Salah satu hal yang sebaiknya tidak dilakukan adalah menghirup aromaterapi, meskipun Moms merasa ini bisa memberi efek relaksasi. Pasalnya, beberapa jenis essential oil dapat menjadi racun untuk janin.

Dr. Sarah Villafranco, CEO sekaligus co-founder perusahaan perawatan kulit Osmia Organics menjelaskan bahwa minyak esensial internal harus dihindari selama kehamilan. Minyak esensial berpotensi memberikan paparan bagi si Kecil yang sedang berkembang.

  1. Makan Berlebihan

Meskipun Moms sedang berbadan dua, namun bukan berarti porsi makannya harus menjadi dua porsi. Makan berlebihan dapat membuat berat badan Moms melonjak drastis yang tentu tidak baik untuk si Kecil dalam kandungan karena bayi berisiko mengalami obesitas. Disarankan agar Moms makan secukupnya dengan tetap memperhatikan asupan nutrisi yang terkandung dalam makanan, sehingga kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi.

Baca Juga: Babyo Review Mini Pillow

Menjauhi larangan untuk ibu hamil muda dapat membantu Moms terhindar dari berbagai masalah yang dapat menyebabkan komplikasi kehamilan. Pasalnya, selama hamil Moms memang dituntut memberi perhatian ekstra, bukan hanya kepada janin dalam kandungan namun juga diri sendiri.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

456 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Tak Semua Ruam Kemerahan pada Newborns Itu Alergi, Ini Bedanya!

Nah, yang perlu Moms tahu nih, ternyata ruam dan bruntusan pada kulit bayi tak selalu menjadi tanda alergi.

6 Tanda-tanda Clogged Duct pada Payudara

ASI Moms sulit keluar dan ada benjolan di payudara? Waspada Moms, bisa jadi itu gejala clogged duct.

Payudara Bengkak karena ASI Tersumbat? Ini Cara Mengatasinya!

Dokter Lucia Nauli Simbolon, M. Sc., Sp. A. dalam sesi Pintar Bareng Babyo menjelaskan penyebab dan cara mengatasi masalah menyusui yang satu ini.

Tips Ajak Anak Travelling Naik Pesawat

Banyak orang tua baru yang juga punya kekhawatiran yang sama soal travelling naik pesawat bareng si Kecil. Mulai dari riweuh nyiapin [...]

Serba-serbi Susu Hamil

Biar ga bingung-bingung lagi, yuk, simak penjelasan serba-serbi susu hamil di artikel berikut!

6 Buah Promil Ini Tingkatkan Kesuburan, Mengapa?

Buah untuk promil mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin yang dapat membuat organ reproduksi Moms & Dads lebih subur.

4 Daftar Kegiatan Me Time Buat Moms yang Aktif

Memanjakan diri sendiri, walau hanya sebentar, sudah cukup kok untuk “ngecas” mental Moms! Cek ide aktivitas “me time” buat Moms di sini!

Tips Healing A La Minbyo, Mana yang Moms Pilih?

Definisi self healing adalah proses pemulihan untuk menyembuhkan diri dari luka batin di masa lalu. Zaman yang serba cepat dan instan ini telah [...]

Kemenkes RI Setop Peredaran Obat Sirup, Sebut Diduga Penyebab Gagal Ginjal Akut pada Anak

BREAKING NEWS! Kemenkes RI dalam Konferensi Pers tgl. 19 Oktober 2022 pukul 11.30 melarang pemakaian obat bebas dan obat bebas terbatas [...]

Tips Aman dari Gempa untuk Anak TK

Minbyo akan jelaskan nih, beberapa safety tips saat terjadi gempa untuk anak-anak, terutama yang usianya 3-4 tahun atau usia anak TK.

Teknik Pasti Sukses DBF untuk Moms dengan Flat Nipple

eski Moms sudah paham betul mengenai manfaat ASI bagi si Kecil dan sudah secara sadar ingin menyusui eksklusif, yang namanya halangan dan [...]

Nipple Shield untuk Apa? Yuk Pelajari dan Lihat Daftar Rekomendasinya

Ketahui kapan dan bagaimana harus menggunakan nipple shield agar proses menyusui Moms sukses dan menyenangkan.

Ingin Si Kecil Gemuk, Sehat, dan Cerdas? Yuk, Terapkan Prinsip Berikut!

Apa saja tips agar bayi baru lahir cepat gemuk dalam 1 minggu? Yuk, Moms, baca selengkapnya penjelasan berikut!

Rayyanza Semakin Membaik, Ini Cara Keluarga Gigi Merawat Si Kecil Saat Sakit

Anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, jatuh sakit. Sebenarnya, Rayyanza sakit apa? Bagaimana pula cara merawat [...]

Panduan Imunisasi Anak, Vaksin Wajib, dan Kisaran Harganya

Tahukah Moms, bulan Agustus adalah bulan Imunisasi Anak Nasional?

Pemerintah Siapkan Vaksinasi Pediatric COVID-19 Usia 6 Tahun ke Bawah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan mulai menjajaki program vaksinasi anak di bawah 6 tahun.

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.