Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Langkah Cerdas Memilih ASI Booster

19 Feb '20


Hati ini bersyukur karena tepat 14 Februari yang lalu perjuangan mengASIhi menginjak bulan ketujuh. Jika dikilas balik, mengASIhi memang sebuah perjuangan yang nyata terlebih untuk fulltime exclusive pumping (eping) mom yang bekerja seperti saya yang sama sekali tidak melakukan direct breastfeeding. Ada masa produksi ASI naik dan turun yang tetap harus disikapi secara positif. Hal ini karena produksi ASI sangat dipengaruhi oleh faktor ibu, misalnya status gizi, kondisi psikologis, fluktuasi hormon dan bahkan kondisi penyakit tertentu yang dapat membuat produksi ASI berkurang. Dalam kasus saya, faktor psikologis karena stres pekerjaan yang sangat berpengaruh terhadap menurunnya produksi ASI.

Berbagai cara alami untuk meningkatkan produksi ASI sudah dilakukan namun hasilnya kurang memuaskan sehingga akhirnya saya memutuskan untuk melakukan suplementasi dengan ASI booster. Untuk Moms yang berencana menjatuhkan pilihan yang sama seperti saya, ada tips yang perlu Moms lakukan sebelum menggunakan suplemen yaitu melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap proses menyusui yang dilakukan.

1. Mencari faktor penyebab berkurangnya ASI
Mengetahui penyebabnya akan membantu Moms untuk mencegah penurunan produksi ASI terjadi berulng kali. Beberapa faktor seperti pelekatan lidah Si Kecil yang kurang pas, kondisi kesehatan ibu yang kurang baik, dan frekuensi pengosongan payudara (dengan cara menyusui ataupun pumping) bisa jadi sejumlah penyebab menurunnya produksi ASI

2. Mengembalikan ke proses alamiah
Saya percaya prinsip produksi ASI adalah supply by demand sehingga pengosongan payudara tetap harus dilakukan secara rutin dengan cara rutin breastfeeding maupun breastpumping. Perlakuan tambahan dapat dilakukan seperti skin to skin contact dan kompres payudara.

Jika seluruh evalusi dan cara alami sudah dilakukan dan produksi ASI msih kurang, suplementasi ASI booster dapat dilakukan. Dalam memilih suplemen ASI booster saya memperhatikan beberapa hal:

1. Sumber bahan aktif
Suplemen yang berasal dari bahan alam memiliki resiko efek samping yang rendah atau bahkan tidak ada sehingga lebih aman digunakan.
Dari sekian ASI booster yang digunakan, saya memilih daun katuk yang sejak dulu dipercaya dapat memperlancar produksi ASI. Ditambah dengan banyaknya studi yang menyatakan kandungan steroid dan polifenol dalam daun katuk dapat meningkatkan kadar prolaktin, si hormon pelancar ASI. Penelitian lainnya menyebutkan konsumsi ekstrak daun katuk pasca melahirkan dan menyusui dapat meningkatkan pasokan ASI secara efektif hingga 50,7 persen lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi daun katuk sama sekali.

2. Memiliki tambahan vitamin dan mineral
ASI booster dengan tambahan vitamin dan mineral dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi serta meningkatkan daya tahan tubuh Moms selama menyusui. Komponen yang biasanya dapat ditambahkan pada suplemen ASI booster di antaranya vitamin C, lemak, vitamin B6, vitamin D, protein serta karbohidrat.

3. Mudah dan nyaman dikonsumsi
Suplemen ASI booster terdiri dari berbagai macam mulai dari bentuk tablet, kapsul, teh, madu, sirup dan masih banyak lainnya. Moms dapat memilih yang paling baik dan nyaman untuk Moms.

Namun ingat ya Moms, jangan mengkonsumsi suplemen ASI booster apa pun saat 48 jam pertama bayi lahir. Saat itu merupakan waktu berlangsungnya proses laktogenesis alami (proses terbentuknya ASI). Jika Moms langsung mengonsumsi suplemen ASI booster, Moms dapat mengalami pembengkakan payudara dan merasa sakit.

Semoga informasi ini dapat membantu. Semangat mengASIhi, Moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

140 Marsella Widjaja

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Pompa ASI Manual vs Pompa ASI Elektrik

Apa sih perbedaan pompa ASI manual dan pompa ASI elektrik? Simak berikut ini yuk.

Bergunakah ASI Booster untuk ASI Seret?

Bergunakah ASI booster untuk meningkatkan kuantitas ASI? Yuk simak cerita yang satu ini.

Lip Tie and Tongue Tie

Apakah Moms sudah mengetahui tenang lip & tongue tie? Berikut tanda penyakit lip & tongue tie yang harus diwaspadai.

Tips Bagi Ibu Eksklusif Pumping

Menjadi ibu eksklusif pumping bukanlah hal yang mudah, tetap memerlukan perjuangan. Berikut beberapa tips untuk ibu eping!

Ca Pakcoy Telur, ASI Booster ala Mom Tyas

Mom Tyas membagikan resep Ca Pakcoy Telur, salah satu ASI booster andalannya. Bagaimana resepnya?