Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Lakukan Hal Ini agar ASI Lancar dan Berkualitas

FEEDING  |  MY STORY  |  27 Jan '19


Memberikan ASI Eksklusif adalah impian setiap Ibu. Memiliki ASI lancar juga adalah keinginan setiap Ibu, tetapi ASI yang berkualitas bergantung makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Saya ingin membagi pengalaman saya selama menyusui, dari jumlah ASI yang sedikit hingga menjadi banyak (lancar) dan ASI yang berkualitas.

  1. Senantiasa membersihkan puting
    Memasuki usia hamil bulan ke tujuh, saya menyadari keluarnya cairan putih seperti susu dari kedua nipple, dan ada beberapa bagian yang kelihatan putih-putih menutupi permukaan dari nipple. Obgyn saya menganjurkan untuk dibersihkan secara teratur, agar tidak terjadi penyumbatan karena ASI sudah mulai diproduksi dan memang bisa terjadi pada trimester ke-3 pada sebagian ibu hamil.
  1. Massage sebelum direct breastfeed / memompa ASI
    Pada hari kedua setelah melahirkan, payudara saya mulai keluar kolostrum (tidak banyak). Saat itu, Jaey direct breastfeeding ya Moms, jadi saya tidak tahu berapa ml yang keluar. Pada hari ketiga, demand dari Jaey makin tinggi dan saat itu ASI saya seperti tidak mencukupi dan payudara saya sempat mengeras dan menggumpal seperti banyak batu. Di hari itu juga dokter menganjurkan agar saya Breast Care (massage payudara) agar saluran ASI terbuka dan bisa LANCAR. Setelah di Breast Care, memang air susu langsung keluar membanjir dan saya dianjurkan sebelum menyusui / pompa, sebaiknya di-massage terlebih dahulu dan dikompres dengan air hangat agar saluran ASI-nya terbuka sehingga ASI bisa mengalir dengan lancar.
  1. Direct Breastfeed
    Menurut saya, menyusui langsung adalah kunci dari solusi ASI lancar, Moms. Saya pernah kena mastitis, dan penyebab mastitis adalah adanya saluran yang tersumbat sehingga ASI tidak bisa keluar secara normal maka terjadi infeksi di dalam payudara. Menyusui adalah kunci agar ASI kembali lancar dan sumbatan di dalam payudara itu pecah. Dokter laktasi menjelaskan, semakin tinggi demand dari baby, semakin sering diisap oleh bayi, maka ASI yang diproduksi juga semakin banyak. Jika terjadi penyumbatan, maka sedotan dari bayi yang terus meneruslah yang akan menarik air susu yang tersumbat itu maju sampai ke permukaan puting dan akhirnya keluar. Jadi, kelancaran ASI itu juga pada seberapa sering kita menyusui ya Moms.
  1. Memompa
    Alternatif solusi ASI lancar lainnya adalah memompa ASI, apalagi bagi Moms yang masih bekerja. Menurut saya, memompa itu bukan membuat lancar, tetapi memperbanyak jumlah ASI. Memompa ASI biasanya dilakukan 2-3 jam sekali. Terkadang saya memompa hampir setiap jam, karena saya dengar jika sering memompa bisa memperbanyak ASI, dan ternyata memang benar, terkadang sekali pompa bisa mencapai 600 ml. Jadi menurut saya, alangkah baiknya jika menyusui dan memompa bisa dilakukan selang seling, sehingga ASI bisa lancar dan produksinya juga banyak.
  1. Makanan dan Vitamin
    Makanan juga berperan penting dalam kelancaran ASI dan kualitas ASI. Sejak hamil, selain vitamin kalsium yang diberikan dokter, vitamin yang saya percayai membantu kelancaran dan kualitas ASI saya adalah Blackmores Pregnancy and Breastfeeding (warna pink). Saya pernah mencoba berhenti mengonsumsinya selama beberapa hari pada saat menyusui, dan hasil dari ASI saya sangat encer dan bening. Ketika saya mengonsumsinya lagi, ASI menjadi lebih kental dan pekat.

    Selain Vitamin, makanan sehari-hari juga berpengaruh penting demi kelancaran ASI. Pasca melahirkan, saya banyak mengonsumsi sayuran hijau, ikan dan buah-buahan. Pastikan untuk mengurangi makanan yang digoreng dan usahakan lebih banyak mengonsumsi masakan sendiri yang dikukus atau direbus ya Moms, agar kebersihan dan nutrisinya tetap terjaga. Banyak minum air putih juga bisa menjadi solusi ASI lancar lho Moms. Setiap sesi menyusui, saya bisa meminum air putih 600-800 ml.

  1. Jangan Stres dan dibawa happy
    Produksi ASI juga berpengaruh dengan hormon dalam tubuh kita. Maka dari itu, mood kita sebagai ibu juga berpengaruh pada kelancaran ASI. Jangan stres karena ASI sedikit atau tidak lancar. Karena semua perlu proses dan waktu, ASI juga tidak langsung keluar di detik kita melahirkan. Reaksi setiap tubuh ibu juga berbeda, yang penting kita mengonsumsi makanan yang sehat, rajin menyusui, dan yakin pasti ASI akan lancar.

 

Semoga bermanfaat.

By: Junis Kenshi

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1264 Junis Kenshi

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Sukses Memompa ASI untuk Working Mom

Para working Moms, tips berikut ini sangat membantu untuk menyukseskan menyusui si Kecil loh! Yuk, disimak!

Butuh Komitmen Untuk Working Moms Tetap MengASIhi

Komitmen merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh para ibu bekerja dan yang memperjuangkan ASI. Yuk, simak cerita berikut ini.

Sulit Memompa di Kantor? Coba Datang Lebih Pagi

Datang ke kantor lebih pagi ternyata bisa menjadi Salah satu kuncii keberhasilan memompa loh Moms. Yuk, simak berikut ini.

Working Mom yang Eping Cerdas Memilih Pompa ASI

Bagi para Ibu bekerja, memompa ASI tentunya membutuhkan usaha ekstra. Yuk, simak tips dari Mom Inayah Soenaryo berikut ini.

Tips Mengatasi Kendala Menyusui

Moms, yuk simak tips mengatasi kendala menyusui ala Mom Dinar Indah Palupi berikut ini.

Si Kecil Mengalami GTM, Tetap Perjuangkan Hak ASI!

Di kala si Kecil GTM, jangan berhenti untuk memperjuangkan ASI untuk si Kecil ya stay at home Moms dan juga working Moms.

Tips Aman Memompa Asi Untuk Working Moms di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Pandemi dan masa adaptasi kebiasaan baru tentunya menuntut Moms semua juga memiliki kebiasaan baru dalam hal memompa ASI. Yuk, simak berikut ini.

Sukses Memompa ASI di Kala Bekerja

Ini cara working Moms untuk tetap bisa memompa ASI di kala sibuk beraktivitas.

Tips Sukses Memompa ASI Untuk Para Working Moms ala Ummah Uwais

Yuk Moms simak tips sukses memompa ASI ala Ummah Uwais berikut ini.

Operasi Benjolan Payudara Karena Salah Memompa ASI

Moms, salah memompa ASI ternyata dapat berakibat fatal loh. Yuk, simak cerita berikut ini.

10 Fitur yang Harus Dimiliki Pompa ASI Dual Motor

Tahukah, Moms, tentang keunggulan pompa ASI elektrik dual motor? Inilah 10 fitur penting dari pompa ASI jenis tersebut.

Pastikan Memilih Pompa ASI dengan Dual Motor, ya, Moms!

Pompa ASI saat ini juga hadir dengan dua pilihan, elektrik atau manual, dual pump atau single pump. Memilih pompa ASI yang nyaman memang [...]

Mengenal Manfaat Dual Motor pada Pompa ASI

Saat ini, sudah banyak inovasi-inovasi baru pada alat pompa ASI. Moms dapat mencari pompa ASI terbaik dengan fitur-fitur berikut.

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Moms dan Si Kecil

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin meningkatnya kesadaran busui tentang berbagai manfaat pumping, semua kalangan ibu menyusui kini [...]

Kelebihan Pompa ASI Dual Motor: Nyaman dan Efisien

Berbagai jenis pompa ASI saat ini sangat mudah ditemukan di pasaran dari mulai model manual hingga elektrik dengan berbagai merk dan varian [...]

Pompa ASI Dual Motor Pilihan Buat Working Moms

Dalam memilih pompa ASI, ada hal lain yang perlu Moms perhatikan selain membeli yang sesuai kebutuhan Moms. Sebelumnya, tahukah Moms ada pompa [...]

Keunggulan dari Pompa ASI Dual Motor

Pompa ASI memang sudah menjadi barang yang harus dimiliki para ibu menyusui. Dengan adanya pompa ASI, Moms akan sangat terbantu saat melakukan [...]

Manfaat Pompa ASI Dual Motor untuk Kelancaran Menyusui

Banyaknya jenis pompa ASI sering membuat busui bingung. Aku menyarankan Moms untuk menggunakan pompa ASI Dual Motor.

Kenalan, Yuk, dengan Pompa ASI Dual Motor!

Moms pejuang ASI sudah seharusnya mendapatkan yang terbaik untuk mendukung produksi ASI mereka. Selain makan makanan bergizi, Moms juga perlu [...]

Pompa Asi Dual Pump, Membantuku Pasca Melahirkan

Memerah susu sangat disarankan terutama untuk ibu yang bekerja di luar dan mempunyai mobilitas tinggi. Bagiku, alat yang cukup membantu dalam [...]