Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Konstipasi Pada Bayi

21 May '18


Konstipasi atau yang sering disebut dengan istilah sembelit merupakan suatu keadaan dimana tinja atau feses bayi menjadi keras, tidak seperti biasanya. Sehingga, bayi akan mengalami kesulitan ketika buang air besar. Bahkan bisa jadi sampai berhari-hari. Seorang bayi akan dikatakan konstipasi atau sembelit apabila ia tidak buang air besar selama 3 hari dengan diiringi rasa yang tidak nyaman serta gelisah. Bahkan dengan kondisi seperti itu, bisa saja bayi menjadi lebih sering menangis dan rewel. Sehingga efeknya bayi akan mengalami kolik serta sulit untuk makan.

Penyebab konstipasi

  • Mengonsumsi susu formula, karena protein di susu formula ini berbeda dengan ASI yang tidak menyebabkan konstipasi.
  • Makanan padat atau biasanya awal MPASI. Ketika bayi beralih mengonsumsi makanan padat, maka pencernaan bayi akan kaget sehingga akan menyebabkan bayi sulit buang air besar. Hal ini memang wajar ya Moms.
  • Gangguan medis, seperti alergi makanan tertentu, hipotiroid, atau gangguan sistem pencernaan dari lahir.
  • Dehidrasi. Kondisi ini cenderung sering terjadi. Konsumsilah air putih yang cukup, agar membantu sistem pencernaan untuk memproses makanan. Sehingga feses anak tidak keras karena kekurangan cairan.

Lantas, bagaimana penanganan konstipasi ini secara alami?

Berikut adalah tips berdasarkan pengalaman pribadi saya ya Moms :

  • Pertama, konsumsilah buah naga. Walaupun tidak langsung besoknya akan poop. Tapi tekstur poopnya tidak keras. Sehingga anak tidak akan menangis.
  • Kedua, perbanyak minum air putih. Fungsinya sama seperti buah naga supaya poopnya tidak keras. Air putih paling ampuh lho Moms.
  • Ketiga, konsumsi plain yogurt. Di awal MPASI, anak saya juga beberapa hari tidak BAB. Saya juga takut kalau  nanti dia sembelit. Jadi, saya memberinya yogurt. Mungkin setelah makan yogurt perutnya mules kali ya. Soalnya saya juga seperti itu kalau agak sembelit konsumsi yogurt. Langsung mules, kalau tidak mules ya BABnya jadi tiap hari. Tapi sebenarnya yogurt ini untuk mencegah sembelit. Jadi sebelum sembelit datang, memang harus konsumsi yogurt. Lagi pula yogurt ini kaya akan kalsium. 


Semoga bermanfaat.

By : Nawang Khusnul Muliawaty

 

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

711 Nawang Khusnul Muliawaty

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Tips Mudik Membawa Si Kecil

Pernahkah anda mengalami stress ketika membawa si Kecil dalam perjalanan jauh? Nah, untuk menghindarinya Yuk simak tips berikut.

Penyebab Silent Disease Kinanti

Untuk penyebab infeksinya ini, tidak bisa diketahui secara pasti.- Usia-usia segitu memang aktif-

Simple Set Sandwich For Babies 12 Month

Si Kecil suka cemilan? Bosan dengan biksuit? Roti isi dapat menjadi salah satu alternatif lho Moms. Yuk simak tipsnya berikut ini.

Si Kecil Alergi Minyak Telon, Kok Bisa?

Si Kecil mengalami alergi terhdap minyak telon? Mari simak pengalaman Mom Mala Sari dalam mengatasinya.

KB Aman Untuk Ibu Menyusui

Alat kontrasepsi seperti apa yang cocok digunakan semasa menyusui? Mari simak yang berikut ini.

Lebih Dekat Dengan Imunisasi PCV

Untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dasar terutama pada bayi dan anak-anak dengan tujuan dapat

Chicken Puree Vegie

MPASI adalah saat yang menarik dimana kita belajar memberikan asupan bergizi bagi Si Kecil. Mari simak resep mango lassi berikut ini.

Apa Yang Terjadi Di Usia Janin 3 Bulan?

Pada usia kehamilan 3 bulan, akan ada banyak sekali perubahanterjadi pada kandungan anda. Apa sajakah itu? Mari, simak yang berikut ini.

Bubur Tomat Dengan Chia Seed

Bingung ingin menyajikan MPASI dengan resep apalagi? Tidak ada salahnya anda mencoba menu berikut ini. Selain mudah dibuat juga bergizi loh Moms.

Bolehkah Saat Menyusui Duduk Di Kursi Menyusui Goyang?

Betulkah saat menyusui duduk di kursi menyusui goyang dapat membantu Moms menenangkan bayi yang rewel? Mari simak ulasan berikut ini.

Olahan Kacang Hijau Untuk Ibu Menyusui

Prolaktin bertugas untuk memproduksi ASI, sedangkan oksitosin bertugas merangsang ASI untuk keluar.

Cara Asyik Memandikan Bayi

Memandikan Si Kecil harus dengan perawatan kulit khusus. Cairan pembersih juga harus aman bagi kulit bayi.

Tips Penyimpanan ASI Yang Baik

Penyimpanan ASI adalah hal yang banyak dilakukan ketika menyusui. Berikut adalah beberapa tips penyimpanan ASI yang baik. Yuk disimak.

Cara Memberikan ASI Yang Benar

Ibu menyusui disarankan untuk memberikan ASI kepada bayi sampai berusia 6 bulan . Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan , yuk simak [...]