Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kodomo Challenge, Solusi Tepat untuk Edukasi Anak

GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  REVIEWS  |  02 Feb '19

Pernahkah Moms dengar yang namanya Kodomo Challenge? Atau dengar tentang Shimajiro?

Ya, mungkin banyak dari kita kurang familier dengan hal tersebut. Itu karena kita kurang aktif dalam mencari informasi tentang bahan edukasi yang baik untuk anak. Selain itu juga promo yang dilakukan belum menembus kota/daerah pinggiran. Nah, di artikel ini saya ingin sedikit bercerita dan berbagi informasi tentang "Kodomo Challenge" dan "Shimajiro".

Kodomo Challenge adalah program berlangganan edukasi nomor 1 di Jepang yang diproduksi oleh ©Benesse Corporation dan kini hadir di Indonesia dengan materi yang dikirim ke rumah setiap bulannya, yakni berupa buku bergambar, mainan edukasi, DVD atau video edukasi, serta buku panduan orang tua. Kodomo Challenge dipersiapkan untuk membantu tumbuh kembang anak, serta mendukung peran orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Untuk mengetahui selengkapnya tentang Kodomo Challenge, silakan klik di sini.

5 Tahapan Paket Kodomo Challenge:

  1. Kodomo Challenge Toddler (1-2 tahun)
  2. Kodomo Challenge Playgroup (2-3 tahun)
  3. Kodomo Challenge Hop (3-4 tahun)
  4. Kodomo Challenge Step (4-5 tahun)
  5. Kodomo Challenge Jump (5-6 tahun)

Saat ini yang tersedia di Indonesia hanya Paket Toddler dan Playgroup. Untuk yang lain akan segera hadir, jadi siap-siap ya Moms untuk memberikan pengalaman yang berharga bagi si kecil.

Sedangkan Shimajiro adalah karakter seekor anak harimau di sebuah serial TV edukatif yang populer untuk anak berusia 0-6 tahun yang pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 1993, "Shimajiro A Wonderful Adventure". Program TV Shimajiro ini dapat dinikmati di MNC Kids Channel dan Dunia Anak Transvision, juga bisa dinikmati di Channel Youtube Shimajiro Club Indonesia.

Pertama kali saya tahu Shimajiro Club ini, ketika sepupu saya post foto buah hatinya bersama dengan free Kodomo Challenge trial kit di Instagram. Saya yang penasaran, langsung mem-follow Instagram @shimajiroclubid, dan like Fanpage Shimajiro Club Indonesia. Kemudian saya membuka fansite Shimajiro Indonesia dan mencoba mendaftar untuk mendapatkan free Kodomo Challenge trial kit. Tapi, saat akan mengisi form kota di combo box, tidak ada pilihan untuk Kabupaten Bojonegoro (sekarang sudah ada). Saya sempat bingung dan sedih. Akhirnya, setelah berdiskusi bersama suami, kami sepakat memakai alamat neneknya yang berada di Kabupaten Tuban, tepatnya Kecamatan Jatirogo.

Selang dua minggu setelah saya mendaftar, free Kodomo Challenge trial kit dan Paket Halo Shimajiro akhirnya diterima. Bahkan Zidan (anak kami) sangat suka dan selalu memainkan boneka kertas Shimajiro (tetapi kini sudah rusak). Ketika saya coba putarkan DVD-nya pun dia sangat memperhatikan dengan seksama dan sesekali mencoba menirukan apa yang dilihatnya. Untuk bukunya dia begitu suka bermain ci.. luk... baaa dan kera yang makan pisang dan menyuapi kelinci. Ditambah lagi dapat Parent’s Guide, kami selaku orang tua cukup terbantu dengan adanya buku ini. Selain mendapat wawasan dari para ahli, kami juga tahu manfaat kegiatan yang ada di buku dan DVD. Hingga kini kami belum mendapatkannya di program edukasi yang lain.

Sebenarnya kami ingin ikut berlangganan selama setahun, tetapi opsi yang ada hanya bayar di muka dan cicilan pakai kartu kredit. Padahal kami suka banget lho sama program edukasi ini. Kami pun sudah mencoba mengomunikasikan dengan customer service Kodomo Challenge, agar ada opsi lain untuk membayar cicilan via bank selain menggunakan kartu kredit. Semoga ke depannya bisa ditambah untuk opsi tersebut.

Setelah sempat galau gara-gara ingin ikut berlangganan tapi terkendala pembayaran, akhirnya pihak Kodomo Challenge mengadakan Coba Dulu CampaignTanpa pikir panjang, kami pun langsung mendaftar. Selang seminggu setelah mendaftar, special launch promo set datangZidan pun suka sekali dengan Puppet Shimajiro. Bahkan ketika menonton DVD-nya, dia juga aktif mengikuti.

Ternyata kemarin pagi paket July Launch Set sudah tiba di rumah. Rasanya kaget dan senang sekali karena ternyata dikirim lebih cepat dari estimasi.

Langsung saja Zidan tidak sabar untuk bermain bersama Tintin si bus yang bisa berbicara. Dia menjalankan bus ketika ada lagu Tintin.

Akulah Tintin,
Tintin bus Tintin
Tintin! Tintin!
Ayo, lekas naik
Berangkatlah! Tintin!

Karena dia sudah pernah melihat cara bermain Tintin di video trial kit Kodomo Challenge, jadi dia menirukan seperti itu. Tapi ketika Bus Tintin cuma menyapa para hewan, dia seperti ogah untuk menjalankannya.

Keunggulan Fitur Kodomo Challenge

Berikut ini adalah sedikit info untuk para Moms tentang kenapa kita wajib untuk join Kodomo Challenge.

  • Multi-platform Learning Method
    Kodomo Challenge menggabungkan berbagai jenis media, mulai dari DVD, buku bergambar, buku aktivitas dan juga mainan edukasi. Dengan menggunakan berbagai jenis media, anak akan lebih berinteraksi dan menstimulasi otak. Ada 3 tahapan bermain dengan Kodomo Challenge, yaitu:
  1. Menyimak: Melalui video edukasi, anak diajak menyimak objek yang bergerak sehingga gambaran anak terhadap suatu objek menjadi jelas.
  1. Mengeksplorasi: Setelah anak mendapatkan gambaran dari apa yang telah dilihatnya di video edukasi, ia dapat melanjutkan dengan mengeksplorasi mainan edukasi dalam tema yang berhubungan. Anak akan mengingat dan mencerna lebih baik jika ia dapat mengeksplorasi bendanya secara langsung.
  1. Memastikan Kembali: Dengan buku bergambar, anak dapat memastikan kembali konsep atau pengetahuan yang diterimanya sehingga pemahaman anak pun menjadi lebih dalam.
  • Kurikulum Berkesinambungan dan Sesuai dengan Perkembangan Anak
    Supaya anak bisa belajar lebih efektif, kurikulum yang disediakan harus direncanakan dengan baik. Paket Kodomo Challenge dibuat berdasarkan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan anak. Pembelajaran anak pun akan terarah dan berkesinambungan, sehingga output yang dihasilkan dapat lebih terukur.
  • Learning Buddy 'Shimajiro'
    Kehadiran Shimajiro dapat menjadi role mode bagi anak ketika anak enggan melakukan sesuatu. Misalnya saat Zidan enggan makan atau gosok gigi dan kesulitan membujuknya, saya mengatakan, "Shimajiro juga melakukannya lho!" sehingga Zidan tertarik untuk melakukannya juga. Anak akan berlatih melakukan kebiasaan hidup yang baik bersama Shimajiro. Kebiasaan hidup yang baik akan menimbulkan motivasi yang tinggi ke depannya. Karena pada masa anak-anak sangat penting untuk mulai menanamkan kebiasaan-kebiasaan hidup yang baik. Contohnya, mencuci tangan dan menyeka, gosok gigi, tidak berisik di tempat umum, dll.


Setelah kami mencoba dan membuktikannya sendiri, Kodomo Challenge adalah solusi yang tepat untuk mengedukasi anak. Karena keunggulan fiturnya yang hingga kini kami belum mendapatkannya di program edukasi yang lain. Juga untuk meminimalisir penggunaan gadget berlebihan pada anak usia dini, karena fiturnya yang sangat menarik dan tidak membosankan untuk anak-anak zaman now. Ayo daftar Kodomo Challenge sekarang juga!

Let's discover fun experiences of golden ages with Kodomo Challenge!

 

Semoga bermanfaat.

By: Lailatul Aisyah

Copyright by Babyologist

1115 Lailatul Aisyah

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Review Fisher Price Stride to Ride

Fisher Price Stride to Ride Learning Tiger merupakan permainan ride on yang berbentuk harimau yang lucu. Mainan dari Fisher Price ini

Review Click and Learn Remote by Fisher Price

Mainan dari Fisher Price ini mampu melatih perkembangan motorik si Kecil. Yuk simak reviewnya berikut ini!

Review Bendy Ball Playgro & Ball Bopper Highchair Toy

Kakak Fatih suka sekali dengan mainan dari Playgro. Selain menyenangkan, Playgro juga bisa mengedukasi bayi.

Learning Becomes More Fun with Playgro

Dengan Playgro Elephant Shape Sorter, si Kecil bisa belajar problem solving sambil bermain lho Moms!

Review Musical Pull String Tiger dari Playgro

Musical Pull String Tiger mampu membantu melatih motorik dan menstimulasi si Kecil. Simak reviewnya di sini.