Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kiat Hitung Usia Kehamilan

PREGNANCY  |  22 Nov '17

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan oleh bumil untuk menghitung usia kehamilan. Salah satu cara mudah yang biasa di lakukan adalah dengan perhitungan minggu para dokter dan bidan pun sering melakukan hal ini. Alasannya, karena perhitungan usia kehamilan dalam minggu lebih akurat untuk bisa mengetahui perkembangan kehamilan. Mungkin untuk sebagian orang tidak begitu memperhatikan tentang fungsi dari hitung usia kehamilan, padahal fungsinya itu cukup besar bagi kehamilan yang dialami oleh seorang wanita. Adapun fungsi dari hitung usia kehamilan ini adalah untuk memberikan hal terbaik bagi bakal calin bayi anda pada waktu yang tepat.

Umumnya, hitung usia kehamilan dilakukan dengan cara HPHT ( Hari Pertama Terakhir Haid ). Cara menghitungnya juga cukup mudah yaitu dengan rumus HPHT tadi sampai hitungan harinya mencapai kurang lebih 280 hari. Namun, kebanyakan para dokter dan bidan melakukan hitung usia kehamilan dengan hitungan minggu. Bumil juga bisa melakukan hitung usia kehamilan secara manual dalam hitungan munggu. Berikut caranya :

  • Hitung Kalender
    Cara hitung usia kehamilan dengan menggunakan kalender tentunya sudah ada sejak jaman dahulu dan terbilang sebagai salah satu cara klasik. Untuk dapat menghitung usia kehamilan menggunakan kalender, anda harus terlebih dahulu mengetahui siklus haid yang di alami. Hitung usia kehamilan nantinya akan memanfaatkan rumus HPHT. Terdapat rumus tertentu dari HPHT yang sering disebut dengan rumus Naegele. Rumusnya adalah HPHT+7 kemudian bulan haid-3, untuk tahunnya ditambah angka 1. Rumus Naegele sangatlah sederhana yang mana sering di gunakan oleh seorang wanita dengan siklus haid teratur. Adapun siklus haid yang teratur yaitu setiap 28 hari atau 30 hari.
  • Hitung Deteksi Gerakan Janin
    Gerakan janin dalam perut yang sudah bisa di rasakan dapat memastikan bahwa usia kehamilannya yaitu memasuki 18 minggu. Namun ada satu kelemahan dari cara ini, yaitu tidak bisa di pastikan 100% keakuratannya.
  • Hitungan Fundus Uteri 
    Maksudnya yaitu menghitung ukuran puncak rahim. Anda dapat melakukan hitung usia kehamilan dengan meraba bagian rahim khususnya yang dirasa sangat menonjol pada bagian perut. Cara menghitungnya yaitu dengan mengukur dari tulang kemaluan sampai puncak rahim, jika jaraknya sekitar 28 cm maka usia kehamilan anda bisa diperkirakan memasuki minggu ke-28. Untuk minggu selanjutnya yaitu minggu ke-36, ukurannya akan bertambah menjadi 36.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghitung usia kehamilan secara manual dalam waktu minggu. Cara hitung usia kehamilan ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya. Namun jika anda merasa ragu dengan usia kehamilan anda, anda dapat melakukan hitung usia kehamilan ke bidan atau dokter kandungan.

 

By: Babyologist Editor

465 Babyologist Editor Send Message to Writer

Related Stories