Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kiat Sukses MPASI menurut DSA

FEEDING  |  MY STORY  |  10 Jul '19


Apakah Moms disini ada yang akan memulai atau bahkan sudah memulai MPASI? Gimana rasanya? Deg-degan sekaligus antusias ya pastinya. Deg-degan apakah si kecil bisa menerima makanan selain ASI. Antusias karena banyak sekali kreasi menu MPASI 4 kuadran yang siap dieksekusi. Ditambah lagi dengan peralatan MPASI yang inovatif dengan desain lucu-lucu.

Sebelum memulai MPASI, saya sempatkan konsultasi terlebih dahulu ke DSA Nara. Beliau menjelaskan bahwa kunci utama sukses MPASI itu bukan dari variasi menunya, pilihan peralatannya, tapi justru dari prosesnya. Nahloh! Jadi gimana sih caranya supaya si kecil bisa sukses MPASI? 

1. Buat jadwal makan

Beliau membuatkan jadwal makan untuk MPASI 6-8 bulan. Untuk minggu pertama pk 08.00 snack buah/biskuit bayi, pk 12.00 bubur. Untuk minggu kedua pk 08.00 snack buah/biskuit bayi, pk 12.00 bubur,  pk 16.00 snack buah/biskuit. Untuk minggu ketiga sampai usia 8 bulan pk 08.00 snack buah/biskuit bayi, pk 12.00 bubur, pk 16.00 snack buah/biskuit, pk 20.00 bubur. Sisa diluar jadwal makan berikan ASI/Sufor.

Batasi waktu makan paling lama 30 menit. Kalau makanannya belum habis? Tetap disudahi ya Moms. Kenapa? Kan sayang? Menurut DSA Nara ini penting untuk mengajarkan rasa lapar dan kenyang. Agar saat memasuki jadwal makan selanjutnya, si kecil dapat merasa lapar dan menghabiskan makanannya. Lalu bagaimana kalau si kecil terlambat mendapat snack pagi, apakah jadwal makan yang lainnya ikut bergeser? Jawabannya tidak. Tetap disiplin ikuti jadwal makan. Tujuannya untuk membiasakan jadwal makan si kecil teratur. Moms disini pasti happy dong lihat si kecil makan lahap? Kuncinya: disiplin dan konsisten pada jadwal.

2. Atur tekstur

DSA Nara juga menjelaskan tentang konsistensi (tekstur) makanan. Untuk minggu pertama buat agak encer. Minggu kedua agak sedikit kental. Minggu ketiga sampai 8 bulan lebih kental. Pengaturan konsistensi makanan ini sangat penting untuk menstimulus area oromotor (otot daerah mulut dan pencernaan) si kecil, yang dapat membantu perkembangan kemampuan makan dan bicaranya.

3. Biasakan si kecil makan dengan posisi duduk tanpa terdistraksi gadget atau mainan

Jangan menyuapi si kecil sambil digendong, karena beresiko tersedak. Pastikan si kecil menikmati proses makan dengan baik tanpa distraksi, agar dia dapat cepat mengenali aroma, rasa, dan tekstur makanan yang (sekali lagi) mempengaruhi stimulus area oromotor si kecil. Sulit memang, tapi demi si kecil ini wajib dicoba. 

4. Jangan paksa si kecil untuk membuka mulutnya

Jika si kecil mulai menutup mulutnya atau menangis maka itu tanda kita harus berhenti menyuapi makanan. Kenapa? Bisa jadi si kecil sudah kenyang, bosan atau tidak suka dengan menu makanannya, bahkan bisa karena ya sudah tidak mood saja :) Memaksa si kecil membuka mulutnya bisa berdampak buruk kedepannya. Ada yang jadi takut dengan sendok, baru lihat Moms membawa sendok saja si kecil bisa langsung menangis bahkan pergi menjauh. Dampaknya si kecil akan susah makan dan menyebabkan kenaikan berat badannya seret. Jangan sampai ya Moms. 

5. Harus benar-benar sabar

Klasik ya? Tapi nyata adanya. Kalau Moms mulai kesal lihat tingkah si kecil yang moody, cukup ingat there's always rainbow after the storm, nanti juga si kecil bisa makan sendiri, dan Moms akan kangen setengah mati.

Sekali lagi, kunci utama dari MPASI bukan dari seberapa banyak variasi menu makanannya, seberapa canggih peralatannya, seberapa banyak makanan yang bisa dihabiskan, tapi justru dari kesanggupan Moms dan si kecil melewati prosesnya. Jika medannya sudah ditaklukan, mau dengan menu homemade atau fortified, peralatan elektrik atau manual, semua bisa meningkatkan nafsu makan dan berat badan si kecil.

Saya pun sedang berjuang melewati proses ini. Kita sama-sama belajar ya Moms. Semoga bermanfaat :)

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

659 Criseta Aninditha

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Mengenal Bahan MPASI dan Manfaatnya

Moms, membuat MPASI itu tidak serumit yang dibayangkan loh, bahan yang digunakan bisa menggunakan bahan pangan lokal,

Resep Baso Sapi Homemade

Baso sapi cocok sekali dihidangkan bersama mie, sayuran & kuah kaldu yang panas, lengkap dengan taburan bawang goreng.

Resep MPASI: Misua Kuah Udang

Memasuki musim hujan, paling nikmat kalau makan makanan yang berkuah ya Moms.

Resep MPASI: Egg Drop Soup

Moms ingin menaikkan berat badan si Kecil? Yuk coba buatkan MPASI berbahan dasar telur

Resep MPASI: Gulai Ikan Dori

Sejak MPASI 6 bulan, saya sering menggunakan ikan dori fillet sebagai protein hewani untuk anak saya.

Resep MPASI: Bakmi Godog

Mie adalah masakan andalan saya kalau sedang bingung mau masak apa dan atau saat si Kecil tidak mau makan nasi.

Bakso Oat Spesial untuk MPASI si Kecil

Moms butuh referensi membuat makanan yang kuah-kuah untuk MPASI si Kecil?

Tumis Udang Asam: Penambah Selera Makan Ghaitsa

Sering kali kita kewalahan menghadapi anak-anak yang tiba-tiba selera makannya jadi menurun.

Resep MPASI High Calorie: Nasi Gurih Telur Dadar

Halo Moms, butuh ide makanan yang tinggi kalori dan nutrisi yang sudah mengandung komponen lengkap?

Resep MPASI : Bening Bayam Merah Jagung Manis dan Telur Puyuh (12m+)

Di masa pertumbuhan anak membutuhkan cukup zat besi untuk pertumbuhan nya.

Resep MPASI Pepes Ikan & Tahu

Buat MPASI ikan yuk Moms, ikan kaya akan omega 3 untuk meningkatkan kecerdasan otak si Kecil

Camilan MPASI: Terong Goreng Keju

Pernahkah Moms memberikan terong sebagai santapan bagi si kecil?

Jadwal MPASI Bayi 6 Bulan

Mommy perlu banget nih mengatur dengan benar jadwal menu MPASI si kecil agar kelak dia makan teratur

Membuat MPASI Homemade? Apa Sih yang Perlu Diperhatikan?

Masa MPASI bagi buah hati bagi saya adalah masa yang menyenangkan sekaligus menantang

Resep MPASI: Nugget Nasi, Solusi Anak GTM & Susah Makan Nasi

Buat moms yang anak nya ga suka makan nasi, bisa banget ni buat nugget nasi di rumah

Sup Jagung Creamy

Kesempatan kali ini aku mau berbagi resep andalanku yang bisa membuat si Kecil lahap saat makan

Anak Sudah 3 Tahun, Apakah Tetap Ada Larangan Makanan?

Banyak sekali yg bilang : "Dastan udah 3 tahun masak gak boleh makan ciki?"

Stir Fry Egg & Tomato

Sebelum malem mingguan, share resep dulu yahh.. ini buatnya gampang banget & bisa dimakan semua orang di rumah.

Memberikan MPASI Fortifikasi a.k.a Instan ke Bayi? Kenapa Tidak?

Ada beberapa keuntungan menggabungkan MPASI homemade dan MPASI terfortifikasi, apa saja?

Pisang Saus Karamel, Camilan Kaya Manfaat untuk si Kecil

Moms, si Kecil suka ngemil? Saya suka mencari kreasi buah-buahan supaya menyiasati agar anak saya mau makan buah.