Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kiat Memompa ASI Tanpa Ribet Ala Working Moms

BRANDS  |  FEEDING  |  01 Oct '18


Seperti kita ketahui, ASI perah atau ASIP memang menjadi salah satu solusi Moms untuk memenuhi kebutuhan ASI eksklusif si Kecil. Namun sayangnya aktivitas memompa ASI terkadang membuat beberapa Moms kerepotan, terutama bagi Moms yang sedang sibuk-sibuknya bekerja. Lalu, bagaimana kiat-kiat memompa ASI tanpa ribet ala Working Moms?

Pertimbangkan Tempat Memompa

Sayangnya, belum semua perkantoran di Indonesia memiliki ruang laktasi. Namun tenang saja, Moms, negara memberikan perlindungan hukum bagi pekerja perempuan yang sedang menyusui dan mewajibkan kantor untuk mendukun ibu dan bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus. Hal ini tertulis dalam Undang-Undang No. 36 tentang Kesehatan yang Mengatur ASI dalam Pasal 128 dan 129. Komunikasikanlah kepada atasan Moms dan mintalah ruangan khusus sementara untuk memerah ASI jika kantor tidak memiliki ruang laktasi. Yang paling penting, pastikan ruang tersebut bersih dan nyaman untuk Moms saat memerah ASI.

Pilih pompa elektrik

Saat ini sudah banyak alat pumping elektrik yang mempermudah Moms untuk memerah ASI. Selain untuk working Moms dengan produksi ASI yang melimpah, alat pumping elektrik juga sangat cocok digunakan working Mom dengan produksi ASI yang sedikit. Dengan alat pompa elektrik Moms tidak perlu repot-repot memerah susu secara manual.

Pertimbangkan ukuran mesin pompa yang kecil

Ada banyak ukuran mesin pompa ASI elektrik mulai dari yang kecil hingga yang besar. Pilihlah alat pompa yang kecil sehingga praktis ketika dibawa kemana-mana.

Memilih pompa yang dapat dioperasikan dengan Power Bank

Ketika semuanya sudah siap, pertimbangkanlah untuk memilih pompa yang dapat dioperasikan dengan power bank. Hal ini penting untuk berjaga-jaga jika listrik tiba-tiba mati. Agar lebih aman, Moms juga bisa mencari pompa yang dapat di-charge.

Waktu Memompa

Biasanya waktu yang paling baik untuk memompa ASI adalah setiap 3 jam. Namun terkadang hal ini bisa berbeda-beda, tergantung dari produksi ASI masing-masing ibu. Buatlah jadwal yang pas agar produksi Moms tidak terhambat. Dengan begitu, kemungkinan payudara bengkak karena payudara masih penuh dengan ASI pun dapat dihindari.

Pastikan ada tempat penyimpan ASIP

Pastikan Moms sudah meminta izin untuk menyimpan ASIP di kulkas kantor. Namun, jika di kantor tidak ada kulkas, pertimbangkanlah untuk membeli cooler bag dengan ice pack atau gel yang dapat menahan dingin dalam waktu lama. Hal ini tentunya untuk mempertahankan kualitas ASI. Saat menyimpannya di cooler bag, jangan lupa juga untuk menandai botol sesuai dengan jam pompa, ya, Moms.

Jangan Stres

Jika Moms sudah mendapatkan tempat yang bersih dan nyaman, memilih pompa yang pas, serta memiliki tempat penyimpanan ASIP yang layak, pastikan suasana hati Moms senang dan tenang saat memerah. Karena, saat Moms stres biasanya produksi susu akan berkurang. Jika Moms sedang gelisah karena tugas kantor, luangkanlah sedikit waktu untuk memikirkan hal-hal yang menyenangkan. Menonton video lucu maupun memikirkan si Kecil juga bisa menjadi trik yang bisa membuat hati Moms senang, lho.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor

Copyright by Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

2340 Spectra Baby Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Merawat Pompa ASI Hingga Tahan Lama

Tahukah Moms, pompa ASI akan awet jika selalu dibersihkan dan dirawat dengan benar. Apa saja tips-nya?

Tips Nyaman & Aman Pumping di Tempat Umum

Pumping memang lebih nyaman dilakukan di rumah, Namun bagaimana jika Moms terpaksa pumping di tempat umum?

Memancing LDR Agar Pumping Lancar

Memancing LDR aat pumping itu memang gampang-gampang susah. Apa saja tips-nya?

5 Tips Pumping untuk Moms Super Sibuk

Terkadang, bagi Moms yang sangat aktif, pumping jadi hal yang sedikit menantang. Lalu, bagaimana solusinya?

Babyo Review Mother's Corn Cutie Spoon, Cutie Fork, & Chopstick Training Set

Banyak alat makan yang tersedia untuk anak. Tapi, alat makan seperti apa yang benar-benar aman untuk si Kecil?

Babyo Review Mother's Corn Smart Petit Econtainer Set

Mungkinkah si Kecil diberi perlengkapan makan yang terbuat dari bahan alami? Simak disini jawababnnya!

Babyo Review Spectra Q+

Selain mungil, masih ada kelebihan yang dimiliki oleh Spectra Q+. Penasaran? Cari tahu jawabannya disini!

Berapa Suhu Terbaik untuk Menghangatkan ASIP?

Berapa suhu tepat untuk menghangatkan ASIP dan bagaimana cara yang menghangatkannya? Cari jawabannya disini!