Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kiat Memilih Peralatan Makan yang Aman untuk si Kecil

BRANDS  |  FEEDING  |  TODDLER  |  21 May '19

Salah satu sumber gizi bagi anak adalah dengan pemberian makanan yang tepat. Tapi tahukah Moms, ternyata pemberian makan yang tepat ini harus didukung dengan pemilihan alat makan dan minum yang tepat pula. Hal ini tentunya untuk menunjang kesehatan si Kecil. Lalu, apa saja hal yang perlu diperhatikan saat memilih peralatan makan dan minum yang baik untuk anak?

Hindari Berbahan Melamin

Moms disarankan untuk tidak membeli peralatan makan yang mengandung melamin. Perlu diketahui bahwa kandungan melamin yang ada dalam peralatan makan si Kecil memiliki partikel berbahaya bagi tubuhnya.

Dalam pemakaian jangka panjang, melamin ini bisa mengakibatkan penumpukan penyakit dalam tubuh anak dan memicu penyakit pada ginjal. Kandungan ini akan akan bereaksi jika terkena air ataupun makanan panas. Padahal, makanan anak tidak lepas dari kondisi hangat ataupun yang berkuah, kan, Moms.

Maka dari itu, sebaiknya segera ganti peralatan makan tersebut apabila sudah muncul goresan pada peralatan makan bahan melamin. Goresan pada peralatan makan dapat menyebabkan BPA bocor dan berbahaya bagi pencernaan anak.

Pilih yang BPA-free

BPA atau Bisphenol-A adalah zat berbahaya yang dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh dan mengganggu kelenjar endokrin. Salah satu cara mudah untuk mengetahui apakah peralatan makan anak mengandung BPA atau tidak adalah dengan melihat simbol segitiga yang berbentuk panah berisi angka. Jika terdapat angka 7, atau bertuliskan PC, maka peralatan tersebut mengandung BPA.

Pastikan Berlogo Food Grade

Pilih peralatan makanan anak yang berlogo food grade. Peralatan makan dengan logo food grade mungkin akan sedikit lebih mahal tetapi lebih aman bagi si Kecil. Peralatan makan yang berlogo food grade memiliki risiko rendah untuk tercemar zat berbahaya.

Bebas Polyvinyl Chloride (PVC)

Polyvinyl Chloride (PVC) merupakan bahan plastik yang sering digunakan sebagai bahan dasar konstruksi bangunan dan bahan baku mainan anak. Oleh karena itu, jangan sampai bahan perlengkapan makan Moms mengandung senyawa kimia yang terkenal sebagai pemicu kanker ini.

Pilih Bahan Biodegradable

Gunakan peralatan makan dari bahan yang biodegradable yakni peralatan yang diproses dari bahan alami dan berbahan dasar tumbuhan, baik dari serat gandung maupun jagung. Karena dibuat dari bahan alami, alat makan ini sudah pasti aman bagi si Kecil. Berbeda dengan plastik, jika alat makan biodegradable ini jauh lebih ramah lingkungan. 

1792 Mother's Corn

Comments

Related Stories