Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Kiat Berpuasa agar Tetap Aktif dan Semangat

FEEDING  |  PREGNANCY  |  02 May '19


Hai moms, saya adalah seorang muslim keturunan tionghoa, dan tak lama lagi saya akan merayakan bulan Ramadhan. 

Dan sebagai seorang muslim, diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Nahh ada kondisi tertentu moms, yang diperbolehkan seseorang untuk tidak berpuasa, yaitu ketika hamil dan menyusui, namun jika seorang muslimah ini dalam keadaan sehat, tidak lemas, dan tidak ada kekhawatiran terhadap janin serta bayi yang di susui, maka wajib untuk melaksanakan puasa. 

Kondisi fisik seorang yang hamil serta menyusui ini memang berbeda dengan kondisi wanita yang tidak pada kondisi tersebut. Sebagai ibu hamil jumlah kalori yang dibutuhkan sekitar 2200-2300 kalori per hari, dan menyusui lebih banyak lagi moms, yaitu sekitar 2200-2600 kalori per harinya. 

Beberapa dokter menyarankan jika ibu hamil berpuasa, sebaiknya pada saat trisemester kedua dan ketiga. Karena pada trisemester pertama ini cenderung kita akan mengalami mual muntah serta lemas, dan dianjurkan untuk tidak memaksakan diri untuk berpuasa. 

Moms, disini saya ingin sharing pengalaman saya berpuasa pada saat hamil anak pertama saya yang lahir pada tanggal 12 juni 2017 lalu, dimana saat itu adalah hari menjelang lebaran tinggal beberapa hari. Dan saya melaksanakan puasa Ramadhan. 

Pada awal pertama puasa saya sudah memasuki trisemester ke 2 dan diperbolehkan untuk berpuasa saat kontrol kehamilan dengan dokter sp. OG saya. Sedangkan sisanya saat saya melahirkan dan nifas saya tidak berpuasa dan wajib untuk membayar fidyah yaitu membayar dengan memberikan sedekah pada orang yang membutuhkan sesuai dengan jumlah hari puasa yang saya tinggalkan. 

Bagaimana nih, cara saya menjalankan puasa pada saat hamil, serta pada tahun 2018 saya masih menyusui anak pertama saya? Berikut tips dari saya:

1. Sahur

Pada saat sahur sebaiknya hindari makanan karbohidrat sederhana, konsumsilah makanan tambahan seperti susu, telur, sayuran serta buah buahan. Dan sebagai tambahan lainnya saya konsumsi kacang kacangan seperti edamame. Usahakan asupan dengan gizi seimbang ya moms, jika tidak maka tubuh cepat membakar gula dalam darah dan kita akan lemas tidak bertenaga. 

Kemudian perbanyaklah asupan cairan, air putih, jus, atau susu yang memiliki kandungan asam folat tinggi dan zat besi, agar tubuh kita terhidrasi dengan baik. 


2. Berbuka puasa

Minumlah minuman hangat, dan manis untuk mengembalikan tenaga moms saat seharian berpuasa. Makan buah buahan seperti kurma sangat dianjurkan untuk mengembalikan kadar gula darah yang turun, sehingga menjadi normal kembali. Istirahat yang cukup saat berpuasa juga membantu kita agar tidak lemas terlebih saat kita menyusui. Jika hal itu terjadi cepat cepat istirahat tenangkan pikiran dengan cara tidur sejenak. Dan untuk ibu menyusui, tetap yakin dan percaya diri, bahwa ASI tetap mengalir deras dan mencukupi kebutuhan si kecil. Jika kita cemas, maka akan mempengaruhi hormon oksitosin produksi ASI. 

Moms, banyak sekali yang khawatir terutama pada saat kita menyusui dan sedang berpuasa, lantaran akan menghambat produksi ASI dan menurunkan kualitas ASI kita. Padahal itu tidak benar moms, tetaplah jaga kondisi tubuh dan asupan penting, seperti asam folat, kalsium, dan zat besi, atau suplemen tambahan yang diberikan dokter.

Sekian tips dari saya. Semangat berpuasa dan tetap kontrol keadaan kandungan pada saat hamil, serta konsultasikan dahulu pada dokter saat ingin melaksanakan puasa ya moms. Semoga sehat selalu dan semoga sharing dan kiat saya dapat membantu. 

Semoga bermanfaat.

By: Arlina Yunita via Babyologist

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

531 Arlina Yunita

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Cara Nyaman Berpuasa Meski Sedang Hamil Tua

Tahun lalu saya tetap menjalankan ibadah puasa ramadhan meski sedang hamil enam bulan.

Puasa Bukan Halangan untuk Bumil & Busui

Hai Moms, Alhamdulillah senang rasanya sebentar lagi akan tiba bulan ramadhan, apalagi ini adalah tahun pertamaku yang insya Allah akan [...]

Tips Lancar Puasa saat Hamil

Ramadhan adalah salah satu bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim, di mana kita akan melakukan ibadah selama satu bulan penuh.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil dan Menyusui saat Berpuasa

Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu Moms perhatikan seputar melaksanakan ibadah puasa ketika hamil/menyusui.

Puasa Sehat saat Hamil dan Menyusui

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk ibu hamil dan menyusui agar bisa tetap menjalankan puasa.

Ibu Hamil Bisa Puasa? Mengapa Tidak!

Agar ibadah puasa tetap lancar di masa kehamilan, Mom Nurhakiki melakukan beberapa cara ini.

Air Nabeez, Minuman untuk Berbuka Puasa bagi Bumil dan Busui

Saat berbuka puasa, buah yang manis akan jadi sasaran. Tapi, air rendamannya pun kaya akan manfaatnya loh.

Tips Berpuasa untuk Ibu Hamil ala Mom Nihayatul

Sebelum berpuasa, alangkah baiknya bumil berkonsultasi dulu ke dokter dan mengikuti tips-tips berikut ini.

Tips Puasa Lancar untuk Ibu Hamil & Menyusui

Para bumil dan busui perlu memerhatikan beberapa tips berikut ya, agar ibadah puasa tetap bisa berjalan lancar.

Tips Persiapan Puasa Bagi Ibu Hamil & Menyusui

Mari kita simak 4 tips dari Mom Nazmi yang dapat membantu Moms dalam melancarkan ibadah puasa.

Ibu Hamil dan Menyusui Ikut Puasa, Why Not?

Selama tidak ada gangguan kesehatan, maka ibu hamil dan menyusui juga bisa ikut berpuasa ya Moms.

Jus Susu Kurma Solusi Ibu Hamil dan Menyusui Lancar Berpuasa

Minuman yang satu ini dapat secara efektif membantu Moms dapat tetap berpuasa meski sedang hamil/menyusui.

Nyaman Berpuasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Kondisi ibu hamil dan menyusui yang sedikit berbeda dari wanita normal membuatnya perlu tips khusus untuk berpuasa.