Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Khawatir Perubahan Badan Pasca Melahirkan? Rawat Diri dengan Skin Care Alami

BRANDS  |  MY STORY  |  20 Oct '21


Apa yang terjadi setelah melahirkan?

Saat seorang wanita hamil dan melahirkan, tubuhnya banyak berubah demi mengakomodasi janin yang kemudian lahir menjadi bayi. Perasaan seorang wanita setelah melahirkan dapat bermacam-macam mulai dari merasa sangat bangga dan takjub karena dari bisa melahirkan seorang bayi dari rahimnya, hingga tidak percaya diri karena tubuh bertransformasi menjadi aneh dan tidak indah lagi. Memar di vagina, jahitan operasi, hingga bengkak di kaki merupakan beberapa “hadiah” yang bisa seorang Ibu dapatkan usai melahirkan. Belum lagi fisik yang sangat lelah setelah melalui persalinan yang lama dan sulit.

Tidak bisa dimungkiri, Moms kini memiliki tugas baru yaitu merawat si Kecil. Akan tetapi, selain mengasuh si Kecil dan melakukan pekerjaan rumah tangga, Moms juga perlu merawat diri agar tidak merasa kewalahan, stres, cemas, bahkan depresi. Jadi, jangan lupa untuk meluangkan waktu Moms memulihkan tenaga hingga kepercayaan diri Moms sehingga Moms dapat kembali menjadi diri sendiri sembari menjalani hari-hari awal menjadi seorang Ibu.

Babycentre UK mengadakan survey yang diikuti oleh sekelompok Moms yang memiliki bayi berusia 6-12 bulan. Meski sebagian besar dari mereka menganggap kehidupan pasca melahirkan cenderung positif, lebih dari 40% di antaranya mengaku tidak percaya diri di depan pasangan. Bahkan, sepertiganya merasa kepercayaan diri sedang berada di titik terendah.

Meluangkan waktu untuk mempersiapkan diri sejak masa kehamilan dapat membantu mengurangi rasa takut dan meningkatkan tingkat kepercayaan diri saat proses persalinan dan setelahnya. Sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2012 telah menunjukkan bahwa kesejahteraan mental dan emosional dapat berdampak pada kondisi mental selama periode postpartum. Maka dari itu, selain mempersiapkan fisik Moms, Moms juga perlu mempersiapkan mental dan emosional Moms.

Tips Mempersiapkan Kehamilan Sejak Dini Agar Tetap Percaya Diri Pasca Melahirkan

Berolahraga teratur

 

Olahraga teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan kehamilan. Endorfin yang diproduksi tubuh selama berolahraga juga membantu mengurangi rasa sakit, sehingga proses kehamilan menjadi lebih menyenangkan.

Para Moms yang berolahraga teratur setelah melahirkan juga akan lebih cepat mengembalikan berat badan seperti sebelum melahirkan. Olahraga memang secara otomatis mengubah pikiran kita ke keadaan positif karena kita harus percaya pada diri sendiri untuk menyelesaikan aktivitas fisik yang kita mulai. Meski begitu, jangan terobsesi menurunkan berat badan dengan olahraga fisik yang berlebihan dan diet ketat. Hal tersebut malah dapat membuat Moms jatuh sakit dan tidak mampu mengasuh si Kecil. Beberapa jenis olahraga yang cocok untuk Ibu yang baru saja melahirkan adalah yoga dan latihan ketahanan.

Makan makanan bergizi

Makanan bernutrisi selama dan setelah kehamilan tidak hanya menyehatkan tubuh Moms tetapi juga membantu produksi ASI untuk si Kecil. Penuhi kebutuhan cairan, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral untuk menambah energi Moms sehingga Moms bisa menjalani hari-hari dengan lebih semangat.

Baca juga: Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

Tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Setelah mengandung si Kecil selama 9 bulan lamanya, Moms tidak bisa mengharapkan pertambahan berat badan selama kehamilan akan menghilang dalam semalam usai melahirkan. Jangan terlalu keras pada diri sendiri, ya, Moms, baik saat hamil maupun pasca melahirkan. Tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan teman-teman Moms yang cepat langsing kembali usai punya anak, karena mereka memiliki kondisi yang jelas berbeda dengan kondisi Moms. Selain tidak baik untuk kesehatan emosional Moms, sering membanding-bandingkan diri dengan orang lain juga tidak baik untuk pertumbuhan si Kecil, loh. Sebaliknya, tetap alokasikan waktu untuk diri sendiri. Jangan lupa makan teratur, istirahat cukup, dan menjaga hati agar selalu gembira.

Selalu bersyukur dan bersemangat

Ingatlah bahwa tubuh Moms baru saja melakukan suatu hal yang luar biasa yaitu mengandung si Kecil selama 9 bulan dan melahirkan dengan sehat. Bersyukurlah bahwa tidak semua orang dikaruniai kesempatan ini. Pujilah diri sendiri dan berilah kesempatan agar tubuh Moms pulih kembali.

Berpikir positif setiap saat

Memang, saran ini lebih mudah diucapkan daripada dijalankan. Jika Moms adalah seseorang yang melankolis atau mudah bersedih, carilah dukungan dari orang-orang dengan aura positif di sekitar Moms. Bila perlu, Moms dapat bergabung dengan grup ibu-ibu baru sehingga Moms dapat curhat dan mendengarkan pengalaman Moms lainnya. Sering mendengarkan cerita dari Moms lain yang memiliki masalah serupa akan membuat Moms merasa seluruh “penderitaan” yang Moms hadapi adalah valid sehingga Moms juga yakin dapat melalui semua permasalahan pasca melahirkan yang muncul.

Tetap berkomunikasi dengan pasangan

 

Pada malam hari usai si Kecil tertidur pulas, jangan lupakan Dads. Kemukakan segala perasaan Moms baik itu hal-hal yang menyenangkan maupun hal-hal yang menjadi pikiran Moms. Dads pasti akan mendukung Moms, kok. Agar Moms mendapatkan respons yang sesuai, pastikan Moms menjelaskan dengan tepat apa yang sedang Moms butuhkan saat ini; entah itu dukungan, validasi, atau kasih sayang dari Dads.

Selain itu, ketika Moms sudah siap secara fisik maupun emosional, jangan takut untuk kembali berhubungan seks, ya. Kira-kira 6-8 minggu setelah melahirkan Moms sudah dapat berhubungan seks seperti sebelum melahirkan. Namun, tetap konsultasikan dengan dokter karena setiap Ibu memiliki kondisi berbeda. Redupkan lampu jika memang Moms masih merasa tidak pede dengan tubuh Moms saat ini.

Alokasikan waktu untuk diri sendiri

Meskipun merawat si Kecil merupakan kewajiban utama orang tua, ada waktunya Moms perlu merawat diri sendiri juga. Jadwalkan “me time” setidaknya sekali seminggu. Mintalah tolong Dads untuk mengasuh si Kecil selama 1-2 jam setiap hari sehingga Moms dapat melakukan kegiatan yang Moms sukai. Moms yang memiliki banyak kesibukan positif akan kurang memikirkan masalah tubuh ”melar” pasca melahirkan.

Rawat diri dengan menggunakan produk skin care alami

Perubahan tubuh termasuk adanya stretch marks sebaiknya Moms anggap sebagai “medali pertempuran” yang  membanggakan karena menjadi pertanda bahwa si Kecil pernah tumbuh di rahim Moms. Begitu pula dengan perubahan payudara terutama nipple karena menyusui.

Baca juga: 8 Langkah Rahasia Rawat Kulit Si Kecil Agar Selalu Mulus dan Sehat

Meski perubahan tubuh hendaknya tidak disikapi secara negatif, Moms tetap perlu merawat diri supaya tetap sehat. Untuk itulah, gunakan produk perawatan pasca melahirkan yang alami sehingga tidak membahayakan kesehatan.

MoMaMi Mom merupakan merek skin care alami yang paling tepat untuk perawatan tubuh baik selama kehamilan maupun pasca melahirkan. Seluruh produk MoMaMi Mom tidak mengandung paraben, alkohol, dan bahan kimia berbahaya serta telah teruji klinis tidak menyebabkan iritasi kulit dan alergi. Produk-produknya juga telah mendapatkan lisensi Badan POM dan MUI sehingga selain aman juga legal diedarkan ke seluruh Indonesia. Rangkaian MoMaMi Mom ini juga affordable dengan harga di bawah Rp100 ribu.

MoMaMi Mom bantu pulihkan kepercayaan diri dengan produk skin care pasca melahirkan

MoMaMi Mom Belly Butter Stretch Mark Cream

Krim khusus penghilang stretch mark ini mengandung Shea Butter yang membantu menjaga kelembaban dan elastisitas maksimum dari kulit selama kehamilan, Algisium C2 yang mengoptimalkan kelembutan dan kekencangan kulit, serta Olive Oil yang melembabkan dan melembutkan kulit.

MoMaMi Mom Glowing Mama Stretch Mark Serum 

Serum penghilang stretch mark dari MoMaMi ini mengandung bahan aktif alami Centella Asiatica yang menstimulasi pertumbuhan sel dan regenerasi kulit. Dilengkapi pula dengan Niacinamide yang membantu mengurangi timbulnya stretch mark, Shea Butter yang menjaga elastisitas kulit untuk mencegah kulit pecah-pecah, dan Sodium Hyaluronate yang melembabkan serta mencegah kulit kering dan rusak.

MoMaMi Mom Nursing Butter Nipple Cream

Nipple Cream dari MoMaMi ini menenangkan dan melembabkan kulit pecah-pecah di area payudara ibu menyusui. Mengandung Nature Active Ingredients yaitu Lanolin, Olive Oil, Shea Butter, dan Virgin Coconut Oil. Lanolin berkhasiat untuk merawat kulit yang kering dan dehidrasi, sehingga dapat memproteksi kulit nipple yang pecah-pecah. Kemudian, Olive Oil yang kaya vitamin E bermanfaat untuk mencegah peradangan kulit. Sedangkan Shea Butter bertindak sebagai antioksidan dan antibakteri yang memelihara kulit untuk memerangi kulit kering dan mengelupas. Terakhir, nipple cream ini juga mengandung Virgin Coconut Oil yang melembabkan kulit secara alami. Moms juga tidak perlu khawatir nipple cream ini tidak sengaja tertelan si Kecil karena kandungannya teruji Food Grade.

MoMaMi Mom Me Moment Massage Oil

 

Pasca melahirkan tidak jarang Moms merasa pegal-pegal kecapekan. Gunakan MoMaMi Mom Me Moment Massage Oil untuk memijat badan Moms. Kandungan minyak pijat ini terdiri dari Camellia Oil yang melembabkan dan menghidrasi kulit untuk menjaga kekenyalan kulit, Jojoba Oil yang berfungsi sebagai antioksidan alami kaya vitamin E dan mineral untuk memelihara kulit, Inca Inchi Oil sebagai pertahanan radikal bebas sehingga kulit tidak mudah dehidrasi, dan Olive Oil yang meremajakan kulit dan meningkatkan kualitas tidur.

Selalu positif dan merawat diri adalah obat yang paling manjur untuk mempertahankan kepercayaan diri pasca melahirkan. Selamat menjalani hari-hari sebagai Ibu baru ya, Moms!

Referensi: Babycentre UK, The Bump, Very Well Family

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

10452 Momami Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Kapan Sebaiknya Si Kecil Belajar Minum Secara Mandiri? Simak Tips Berikut, Moms!

Tidak hanya sebagai media minum, botol susu juga memberikan rasa aman dan nyaman untuk bayi dan balita. Karena itulah...

Mulai Lagi Beraktivitas, Optimalkan Nutrisi & Imun si Kecil

Setelah hampir 2 tahun di rumah saja karena pandemi COVID-19, anak kurang memiliki waktu untuk beraktivitas di luar rumah, khususnya ....

Dukung Si Kecil Miliki Cita-Cita Setinggi Langit

Mendampingi si Kecil menemukan jati diri sejak dini perlu persiapan yang matang. Sebagian besar anak bercita-cita dapat menciptakan sesuatu yang [...]

Nutrisi Prima Untuk Cegah Stunting & Tumbuh Kembang Anak

Cegah Stunting dan Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Nutrisi Lengkap Tinggi badan merupakan

Mom Kembali Bekerja, Gimana Merawat Si Kecil, Ya?

Pandemi COVID-19 yang sudah berjalan hampir 2 tahun ini tentunya menyebabkan banyak perubahan gaya hidup. Namun, ada juga sisi positifnya. Para [...]

Cara Pintar Stimulasi Si Kecil Sesuai Usia

Cara Pintar Stimulasi Si Kecil Sesuai Usia Seorang bayi tidak serta merta mempelajari semua

Tetap Happy Selama Kegiatan Belajar Mengajar

Tetap Happy Selama Kegiatan Belajar Mengajar Terkadang, orang tua tidak begitu memperhatikan

Bedtime Routine, Kualitas Tidur Si Kecil Menentukan Perkembangannya

Bedtime Routine, Kualitas Tidur Si Kecil Menentukan Perkembangannya Bedtime routine alias

Pemerintah Sarankan Air Purifier untuk Ruangan Tertutup

Sejak akhir tahun 2019, dunia menghadapi tantangan yang mengharuskan semua orang menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru sebagai respon atas situasi [...]

Sabun Bikin Si Kecil Alergi? Ini Tips Memilih Sabun Mandi yang Aman untuk Bayi

Salah Sabun Mandi Bikin Si Kecil Alergi? Ini Dia Tips Memilih Sabun Mandi yang Aman

Dukung Pertumbuhan Kini dan Nanti, untuk Si Kecil dan Bumi

Pentingnya menggunakan produk susu dengan kemasan ramah lingkunganSebagai upaya mendukung

Hindari Ruam Kulit, Pilih Skin Care Bayi Baru Lahir yang Aman Berikut Ini!

Hindari Ruam Kulit, Pilih Skin Care Bayi Baru Lahir yang Aman Berikut Ini! Kulit

Bantu Cegah Sensitivitas, Dukung Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Alergi makanan merupakan reaksi tubuh secara berlebihan terhadap jenis protein tertentu.

Mengapa Botol Susu Berbahan Kaca Lebih Baik untuk si Kecil?

Kepopuleran botol susu dari bahan kaca sempat menurun drastis ketika botol susu berbahan

Babyo Review Dr. Browns Transition Bottle #SolusiBelajarMinum dari Gelas

Mengajarkan si Kecil untuk minum dari Cup adalah salah satu tantangan Moms saat menyapihnya

Keluarga Kuat, Rahasia si Kecil Tumbuh Bahagia

Menghabiskan waktu bersama keluarga merupakan sebuah anugerah tersendiri, ya, Moms. Ikatan keluarga

EQ Kuat, Kunci Mencegah Depresi Sejak Dini

Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang sehat, cerdas, dan bahagia.

Moms Harus Tahu: Ini Dia Perbedaan antara Teether dan Pacifier

Teething merupakan proses natural yang akan dialami oleh si Kecil. Proses tumbuh gigi ini biasanya

Moms, Ini Pentingnya Menggunakan Stroller Saat Mengajak Si Kecil Jalan-jalan di luar Rumah

Berada di luar ruangan merupakan pengalaman sensorik yang mengasyikkan bagi bayi dan balita. Si

Babyo Review: Dr. Brown’s Advantage + Prevent Pacifier

Semua bayi di dunia ini lahir dengan keinginan kuat untuk menyusu. Bahkan, di dalam kandungan pun,