Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Khawatir Gigi Berlubang, Rawat Kesehatan Mulutnya Sejak Dini

MY STORY  |  29 Apr '22


Momami ID - Tumbuh gigi pertama merupakan salah satu milestone penting si Kecil yang perlu dirayakan. Meski Moms mungkin tergoda untuk menunda merawat kebersihan mulut si Kecil sampai giginya tumbuh semua, merawat mulut dan gigi ternyata harus dimulai sedini mungkin, loh, Moms.

Kapan mulai mengajarkan si Kecil merawat kebersihan mulutnya?

Mulut merupakan tempat tumbuh suburnya lebih dari 700 jenis bakteri. Sebagian besar tidak berbahaya, tetapi beberapa jenis bakteri dapat menimbulkan masalah kesehatan jika tidak dihilangkan melalui perawatan mulut setiap hari.

Tidak perlu menunggu sampai gigi si Kecil tumbuh sempurna untuk mempersiapkan si Kecil memiliki gigi dan gusi yang sehat. Moms bisa memulai merawat gusi si Kecil sejak dia lahir dengan  melakukan perawatan sesuai dengan usianya.

Umumnya, gigi pertama tumbuh saat bayi berusia 4-12 bulan. Sebelum usia tersebut, Moms bisa menggunakan kain basah lembut atau sikat gigi jari (finger brush) untuk mengelap gusi dan menghilangkan bakteri-bakteri di dalam mulut. Langkah perawatan ini mencegah kerusakan pada gigi susu saat mulai tumbuh. Tidak hanya itu, rajin membersihkan gusi juga membiasakan si Kecil untuk menyikat gigi dan mulutnya di kemudian hari.

Mengapa sikat gigi penting bagi kesehatan gigi dan mulut si Kecil?

Tidak hanya bagi si Kecil, sikat gigi juga penting bagi orang dewasa. Menyikat gigi memastikan plak dan bakteri, yang merupakan penyebab utama kerusakan gigi dan penyakit gusi, tidak menumpuk pada gigi. Penumpukan plak dan bakteri dapat menyebabkan kerusakan gigi yang akhirnya menyebabkan gigi berlubang. Jika gigi berlubang dan tidak segera ditambal, dapat mengakibatkan tanggalnya gigi.

Menyikat gigi juga membantu mencegah bau mulut yang mengganggu orang di sekitar. Hal ini tentu juga akan menurunkan kepercayaan diri. Padahal, si Kecil butuh dukungan untuk mengembangkan dirinya. Mempunyai gigi, gusi, dan mulut yang sehat adalah salah satu cara supaya dia percaya diri sehingga berani mengeksplorasi lingkungan dan berinteraksi dengan orang lain.

Apa dampak dari lalai menjaga kesehatan mulut dan gigi si Kecil?

Banyak orang masih belum paham betul efek memiliki gigi dan gusi yang sehat terhadap kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Risiko yang menunggu si Kecil karena Moms mengabaikan kebersihan gigi di antaranya adalah bau mulut (Halitosis), penyakit gusi (gingivitis), dan gigi tanggal. Tambahan pula, masalah gigi dan mulut juga bisa berdampak pada kemampuan berbicara, kemampuan menelan, hingga masalah pemenuhan kebutuhan gizi (malnutrisi).

Lebih lanjut, kebersihan mulut yang tidak memadai merupakan faktor penyebab berbagai masalah kesehatan yang serius. Menurut penelitian, penyakit infeksi jaringan penyangga gigi (Periodontal) juga dikaitkan dengan penyakit lain seperti stroke, diabetes mellitus, dan penyakit jantung. Kebersihan mulut yang buruk juga menyebabkan pengeroposan tulang, peradangan pembuluh darah, tekanan darah tinggi, darah membeku, hingga kanker.

Bagaimana cara menghindari masalah mulut si Kecil?

Pada bayi, terdapat masalah gigi dan mulut yang khas yaitu karies anak usia dini (early childhood caries). ECC atau yang juga biasa disebut sindrom botol bayi ini merupakan pola khas kerusakan gigi. Tanda-tanda ECC adalah muncul bintik-bintik putih di dekat garis gusi. Jika tidak segera diatasi, bintik-bintik ini akan berubah menjadi coklat saat pembusukan berlangsung. Untuk mencegah dan mengurangi tingkat pembusukan, Moms perlu melakukan perawatan dini pada gigi dan mulut si Kecil.

Berikut ini beberapa kiat yang dapat mencegah masalah mulut terutama ECC:

  • Batasi pemberian susu botol hanya pada waktu makan
  • Batasi penggunaan dot karena dapat memperburuk kesehatan mulut dan mempengaruhi bagaimana gigi tumbuh
  • Tidak membiarkan si Kecil tidur dengan botol karena susu atau jus yang terkumpul di mulut dapat membasahi gigi dengan gula yang menjadi makanan bakteri
  • Sebelum gigi si Kecil tumbuh, rutinlah menyeka gusi dua kali sehari dengan menggunakan kain bersih, lembut, dan tipis
  • Setelah gigi si Kecil tumbuh, bersihkan giginya dengan menggunakan sikat gigi yang dibasahi dengan air
  • Mulailah menggunakan pasta gigi saat si Kecil sudah cukup besar mampu meludah
  • Sapihlah si Kecil dari botol pada saat usianya 1 tahun dengan bantuan cangkir sippy atau cangkir anti tumpah dengan katup

Bagaimana cara merawat kesehatan mulut si Kecil dengan tepat dan menyenangkan?

Selain mempraktikkan kiat-kiat untuk mencegah masalah mulut di atas, Moms dapat melibatkan si Kecil untuk merawat gigi dan mulutnya, yaitu dengan:

  • Mendorong si Kecil memakan camilan rendah gula seperti sayuran, buah-buahan, dan keju.
  • Tidak memberi permen lengket dan kenyal kepada si Kecil.
  • Rutin membawa si Kecil ke dokter gigi mulai usia 1 tahun.
  • Mengajarkan cara menyikat gigi dengan benar dan pentingnya menjaga kesehatan gigi.
  • Melengkapi oral care si Kecil sesuai dengan kebutuhan usianya.

MOMAMI Oral Care menyediakan rangkaian pasta gigi dan spray gigi dengan rasa yang menyenangkan serta bahan yang alami sehingga aman digunakan si Kecil.

MOMAMI GIGGLY TOOTHPASTE NON FLUORIDE

Pasta gigi non Fluoride dari MOMAMI ini berfungsi untuk mencegah gigi berlubang, merawat kekuatan gigi, serta mencegah peradangan pada gusi.

GIGGLY TOOTHPASTE NON FLUORIDE memiliki keunggulan:

  • Pasta Gigi Natural, tidak mengandung Fluoride sehingga bisa digunakan oleh bayi usia 6 bulan ke atas atau sejak gigi tumbuh
  • Mengandung Hydroxyapatite yang memiliki fungsi hampir sama dengan Fluoride
  • Dibuat dengan bahan Natural Xylitol dan dilengkapi dengan ekstrak Greentea bersertifikasi organik serta ekstrak Chamomile untuk memberikan manfaat lebih dalam perlindungan gigi anak
  • Aman jika tertelan
  • No Flavour, No Artificial Sugar, No GMO Ingredients, & SLS Free
  • Telah dikonsultasikan dan disetujui oleh dokter gigi terpercaya pada saat proses pengembangan

MOMAMI GIGGLY TOOTHPASTE FLUORIDE

Tersedia dalam varian rasa anggur dan pisang, pasta gigi Fluoride dari MOMAMI ini juga berfungsi untuk mencegah gigi berlubang, merawat kekuatan gigi, serta mencegah peradangan pada gusi.

GIGGLY TOOTHPASTE FLUORIDE memiliki keunggulan:

  • Pasta Gigi Natural, dengan kandungan Fluoride yang cocok bagi anak di atas 3 tahun
  • Mengandung Hydroxyapatite yang mendukung kerjanya Fluoride
  • Dibuat dengan bahan Natural Xylitol dan dilengkapi dengan ekstrak Greentea bersertifikasi organik serta ekstrak Chamomile untuk memberikan manfaat lebih dalam perlindungan gigi anak
  • Aman jika tertelan
  • Kids friendly flavour yaitu rasa anggur dan pisang
  • No Artificial Sugar, No GMO Ingredients, & SLS Free
  • Telah dikonsultasikan dan disetujui oleh dokter gigi terpercaya pada saat proses pengembangan

MOMAMI SPARKLY TOOTH SPRAY

Spray gigi dari MOMAMI ini dapat mengurangi bakteri penyebab gigi berlubang, merawat kesehatan gusi, serta memberikan kesegaran pada mulut atau mengurangi bau mulut.

SPARKLY TOOTH SPRAY memiliki keunggulan:

  • Melindungi enamel gigi dan menjaga gusi dari peradangan pada saat tahap pertumbuhan gigi anak, serta membantu menyegarkan napas
  • Dibuat dengan bahan Natural Xylitol dan Organic Extract yang tidak hanya melindungi, namun juga membantu menjaga kesehatan gusi
  • Mengurangi bakteri penyebab gigi berlubang dan juga mengurangi bau mulut
  • Aman jika tertelan
  • No Artificial Sugar, No GMO Ingredients, & SLS Free
  • Telah dikonsultasikan dan disetujui oleh dokter gigi terpercaya pada saat proses pengembangan
  • Dapat digunakan dari bayi mulai dari umur 6 bulan

Sikat gigi harus menjadi bagian penting dari rutinitas harian si Kecil. Jauh sebelum tumbuh gigi, Moms bisa mulai mengajarkan bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mungkin perlu waktu dan kesabaran ekstra untuk membiasakannya. Ingatlah, Moms dan si Kecil akan memetik buah dari kedisiplinan tersebut di kemudian hari, yaitu memiliki gigi yang sehat dan kuat.

Referensi: Evanson, Family Doctor, Healthline 1, Healthline 2, RSUP Persahabatan, TCD Madison

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

307 Momami Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Tips Agar Anak Mau Sekolah Sendiri, Yuk, Terapkan ke Si Kecil!

Terkadang kita bertanya-tanya, kenapa sih anak kita ogah-ogahan sekolah dan mengerjakan PR? Padahal, kalau pinter di sekolah itu ya mereka [...]

Hadir di Anniversary MoMaMi, Sandra Dewi Tekankan Pentingnya Dukungan Orang Terdekat Agar Ibu Tidak Stress

Pada 15 September 2022 lalu, Babyologist diundang untuk menghadiri 3rd anniversary MoMaMi. Dalam

Alat Makan Bayi Terbaik Versi Babyo Moms 2022

Si Kecil udah cukup umur tapi masih minta disuapin? Biar si Kecil mandiri makan sendiri, yuk kita kasih semangat dan dukungan lebih!

Murid SD Korban Kecelakaan Maut Hari Ini di Bekasi, Ini 15 Aturan Keselamatan Jalan yang Si Kecil Harus Tahu

Kecelakaan maut yang terjadi di depan SDN Kota Baru II dan III Kelurahan Kota Baru Bekasi pada Rabu (31/8/2022) sekitar pukul 10:05 WIB [...]

10 Baju Bola Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)

Pilihlah salah satu baju bola terbaik untuk bayi yang direkomendasikan untuk para ibu yang menyukai bola.

10 Pompa ASI Elektrik Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)

Menggunakan pompa ASI elektrik terbaik harga murah dapat membantu menghasilkan ASI berlimpah dalam waktu singkat tanpa pegal. Berikut rekomendasinya.

6 Manfaat Mengajak Si Kecil Keluar Rumah Serta Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Setelah dua tahun lamanya membatasi bepergian ke luar rumah, kini kita tahu betapa pentingnya aktivitas di luar rumah bagi kesehatan mental dan [...]

Candaan di Panggung Oscar Berujung Tamparan oleh Will Smith, Apa Sebenarnya Alopecia?

Panggung Gala Oscar 2022 pada Minggu (27/3) malam waktu Los Angeles, gempar setelah Will

Babyo Tips with dr. Lucia Nauli: Moms Pusing Si Kecil Menolak Potty Training?

Moms pusing ga sih kalau si Kecil menolak potty training? Simak penjelasan dari dokter @lucianauli

Berbulan-Bulan di Rumah, Begitu Keluar Rewel

Bayi yang baru lahir memang sebaiknya tidak dibawa bepergian terlalu sering karena daya tahan tubuhnya yang masih cenderung rendah. Akan tetapi, [...]

Bahaya Polusi Udara Mengintai, Kenali Kondisi Lingkungan, ya Moms!

Aktivitas manusia di luar ruangan di masa modern membuat kondisi udara memburuk. Asap kendaraan, asap pabrik, limbah udara menurunkan kualitas [...]

Tips Cara Memanaskan ASIP yang Cepat, Higienis, dan Ekonomis

  Memanaskan ASIP untuk si Kecil merupakan sebuah keputusan personal yang didasarkan dari

Vote Sekarang di Babyo Awards!

Suara Moms membantu Moms lainnya! Yuk ikut voting dan menangkan hadiah total 10 juta rupiah! Klik disini untuk ikutan Babyo Awards 2021!

Si Kecil Aktif Tanpa Bikin Moms Burnout, Gimana Ya?

Menghadapi anak di masa mereka yang super aktif membutuhkan tenaga dan effort yang besar dari kedua orang tuanya. Ditambah lagi.....

Cegah Si Kecil Iritasi, Gunakan Deterjen yang Aman untuk Kulit

Alergi merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum terutama pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika

Pentingnya Memastikan si Kecil Bertumbuh dan Berkembang Sesuai Milestone

Membahas tentang si Kecil tentu tidak ada habisnya, entah itu mengenai lucunya si Kecil, mempersiapkan nutrisi hingga memberikan stimulasi [...]

Rekomendasi Stretch Mark Lotion versi Babyo

Ini dia rekomendasi stretch mark lotion dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk stretch mark lotion yang Moms gunakan untuk [...]

Rekomendasi Kantong ASI versi Babyo

Itu dia rekomendasi kantong ASI dari Babyo, bagaimana menurut Moms? Apa sih produk kantong ASI yang Moms gunakan untuk menampung ASIP?

Rekomendasi Susu Ibu Menyusui versi Babyo

Babyo merekomendasikan 3 susu ibu menyusui yang menjadi pilihan versi Babyo. Bagaimana menurut versi Moms?