Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ketika Kolik Melanda, Ini Solusinya

BABY  |  FEEDING  |  MY STORY  |  15 Nov '19


Menjadi seorang ibu adalah perjalanan penting bagi seorang wanita. Karenanya proses mengandung, melahirkan, menyusui dan mengurus anak sampai dewasa adalah dambaan bagi setiap wanita.

Tetapi dalam perjalanannya seringkali seorang ibu menemukan kendala, kendala yang membuat bingung, marah sampai down. Salah satu hal yang membuat saya syok saat baru saja menjadi seorang ibu adalah ketika saya menemukan hal-hal yang tidak biasa pada bayi saya.

Saat itu ketika saya merasa bayi saya sudah cukup kenyang karena baru saja di susui lalu dia tidur lelap tiba-tiba bayi saya terbangun, resah tidak bisa di tenangkan. Sampai puncaknya bayi saya menangis histeris, tangannya mengepal kencang, wajahnya memerah dan melengkungkan lutut ke arah perut.

Menangis sekitar 3 jam pada jam-jam yang harusnya dia istirahat yaitu dimalam hari. Saat itu saya merasa bingung, sedih harus bagaimana, saya ibu baru dan belum punya pengalaman apapun kenapa bayi saya bisa seperti ini. Pikiran demi pikiran negatif yang tidak rasionalpun akhirnya muncul, membuat saya semakin stres dan ikut menangis kala itu.

Siapa yang tahu kalau saat itu bayi saya sedang mengalami kolik, yap kolik! Kolik adalah kondisi dimana terperangkapnya gas di dalam perut si kecil sehingga menyebabkan kondisi tidak nyaman pada si kecil. Saat kolik biasanya bayi akan menangis kencang seperti histeris karena hanya dengan cara itulah dia menyampaikan keadaan yang dia rasakan.

Meski belum jadi penyebab seutuhnya, seringkali semuanya percaya bahwa kolik juga di sebabkan dari posisi yang salah saat menyusu, sehingga ada udara yang ikut masuk ke dalam perut si kecil, lalu terperangkap menyebabkan gangguan yang tidak nyaman pada si kecil.

Ketika kolik melanda paniknya bukan main, karena saya ibu baru kala itu, saya semakin stres sebab tidak tahu apa yang harus saya lakukan.

Belajar dari pengalaman saya akhirnya saya simpulkan bahwa:

1. Kolik seringkali terjadi pada bayi usia newborn sampai 4 bulan.
2. Pijatan lembut pada perut bayi bisa sedikit meredakan ketidaknyamanan pada bayi.
3. Gendong bayi saat menangis histeris tetapi jangan sampai mengguncangnya terlalu kencang karena hal itu bisa menambah stres pada bayi.
4. Kolik bisa saja di sebabkan dari posisi menyusu yang salah.

Lalu apakah kolik pada bayi bisa dicegah?

Bisa saja kita usahakan untuk mencegah terjadinya kolik pada bayi yaitu dengan cara memberikan ASIP melalui media yang tepat. Media yang seringkali saya pakai untuk mencegah bahkan saat bayi saya terlanjur mengalami kolik adalah botol susu anti kolik.

Jadi ketika bayi saya sudah mulai ada tanda-tanda kolik saya berhenti untuk breastfeeding dan saya berikan ASIP melalui botol susu anti kolik dengan tujuan meminimalisir udara yang masuk kedalam perut si kecil karena proses menyusu yang salah karena terlalu lelah.

Botol susu anti kolik adalah media simple anti ribet bagi saya dalam membantu saya meredakan bahkan mencegah kolik pada bayi saya. Karena sejak saya memakai botol susu anti kolik saya tidak lagi terlalu kebingungan saat kolik melanda si kecil.

Jadi moms saran saya selalu sedia botol susu anti kolik yang mempunyai lubang udara untuk memisahkan udara dan susu agar tidak sama-sama terperangkap ke dalam perut si kecil. Karena botol susu anti kolik benar-benar bermanfaat untuk mencegah bahkan meredakan kolik yang sering melanda si kecil.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

440 Risny Saputra

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Menjalani New Normal As A Stay-at-Home Mom sekaligus New Mom

Moms, yuk simak cerita Mom Rubi berikut ini tentang kehidupan menjalani new normal sebagai Ibu rumah tangga.

Atasi Bingung Puting dengan Dot Wide-Neck

Salah satu kondisi yang umum ditemui pada bayi yang sering minum susu dari botol adalah bingung puting. Kondisi ini terjadi ketika si Kecil [...]

Yuk, Atasi Bingung Puting dengan Dot Menyerupai PD Moms!

Di zaman yang semakin maju ini, ada banyak tipe dot yang ditawarkan sampai kadang Moms lupa dot seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan si Kecil.

Ikuti Kiat Berikut untuk Tuntaskan Masalah Bingung Puting

Selain menggunakan dot khusus, Moms juga harus melakukan beberapa kiat berikut untuk menunjang agar si Kecil tidak mengalami bingung puting.

Tips-tips Atasi Bingung Puting untuk Para Pejuang ASI

Berbagai masalah dan keluhan biasa dialami oleh para pejuang ASI. Masalah bingung puting, misalnya, tak jarang menyebabkan para ibu menjadi [...]

4 Hal Ini Efektif Cegah Bingung Puting

Tahukah Moms, ternyata memberikan botol susu di minggu-minggu pertama kehidupan bayi, saat mereka sedang belajar menyusu, bisa berisiko [...]

Bye-bye bingung puting!

Konon katanya, dot bisa membuat si Kecil nyaman menyusui. Ini membuat Moms takut si Kecil bingung puting ketika frekuensi menyusu langsung [...]

4 Kriteria Dot Ideal untuk Atasi Bingung Puting

Sebenarnya, tidak semua dot memberikan efek bingung puting. Moms perlu mencari dot yang memberikan kesan serupa dengan payudara agar si Kecil [...]

4 Tips Pilih Botol Susu Bayi untuk Working Moms

Walaupun ada risikonya, botol susu adalah solusi termudah bagi working Moms untuk tetap memberikan ASI selagi mereka bekerja.

3 Kiat Cegah Bingung Puting Sejak Dini

Kondisi bingung puting sering dialami pada bayi baru lahir. Tanda-tandanya adalah bayi menangis ketika disusui atau tidak mau menyusu secara [...]

Atasi Bingung Puting dengan 2 Langkah Ini

Apabila Moms tidak segera mengatasi kondisi bingung puting, si Kecil semakin menolak untuk menyusu langsung pada payudara.

Bingung Puting Pada Anakku dan Caraku Mengatasinya

Botol susu memang seringkali dijadikan alternatif pilihan bagi para Moms yang tidak bisa menyusui bayinya secara langsung. Namun, saat Moms [...]

Moms, Kenali Ciri, Penyebab, dan Solusi Bingung Puting

Kondisi bingung puting biasanya ditandai dengan bayi tidak mau membuka mulutnya dengan lebar dan hanya mau mengisap ujung/sebagian dari payudara ibu.

Ini 3 Hal Penting dalam Memilih Botol Susu Anti Bingung Puting

Botol susu biasa dengan aliran lancar membuat si Kecil malas menyedot. Inilah yang membuatnya menolak puting Moms ketika Moms ingin menyusu langsung.

Smart Mom Atasi Bingung Puting dengan Botol Susu yang Tepat

Moms, pernahkah mendapati si Kecil bingung puting? Apa yang telah Moms lakukan ketika menghadapi situasi seperti itu?

Pemilihan Dot yang Tepat, Solusi Bingung Puting pada Bayi

Bingung puting tidak bisa dianggap sepele. Jika dibiarkan, si Kecil tidak mau mengisap langsung dari payudara Moms. Lama-kelamaan, produksi ASI [...]

Bingung Puting Usai Minum Susu dari Dot? Ini Cara Mengatasinya

Setelah saya membaca-baca banyak artikel kesehatan, saya jadi tahu bagaimana cara dot yang tidak menyerupai nipple payudara ibu bekerja. Ini [...]

Kasus Bingung Puting pada Bayi

Mengapa tiba-tiba si Kecil tidak mau menyusu secara langsung? Inilah beberapa sebabnya.

Kenali Tanda Bingung Puting pada Si Kecil & Cara Mengatasinya dengan Tepat

Untuk mencegah bingung puting pada si Kecil, saya menyiasatinya dengan memberikan botol susu yang tepat, yaitu yang mempunyai nipple serupa [...]

Tips Efektif Mencegah Kolik dengan Mengganti Botol Susu Anti Kolik

Dear Moms, saya telah berbagai pengalaman saya mengenai kolik yang Zavi alami di artikel sebelumnya. Kali ini, saya ingin membagikan TIPS yang [...]