Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Keterlambatan Berjalan karena Faktor Stimulus, Psikis dan Pembawaan Lahir

GROWTH & DEVELOPMENT  |  MY STORY  |  TODDLER  |  06 Nov '19


"Udah hampir 11 bulan belum ada tanda tanda mau segera jalan, fase merangkak nya pun hampir terlewat apa yang salah ya dengan anakku ?"

Curhatan seorang ibu, dengan hati nya yang bingung terhadap tumbuh kembang anaknya.
Ini studi kasus dari salah seorang teman dekat yang saya kenal dan ambil sebagai observer tumbuh kembang anak. Kami melihat kembali ada apa dan bagaimana? Terkait anak itu sendiri, stimulus orang orang terdekat anak dan pengaruh lingkungan. Studi kasus ini anak tanpa baby walker ya moms, karena baby walker termasuk salah satu faktor luar anak terlambat berjalan.

Get it! Kesimpulan awal kita dapat, anak ini diasuh dengan full nanny karena bunda working mom meskipun tidak sampai sore tapi bunda berangkat pagi dan pulang siang menjelang sore. Setiap pagi anak langsung di pegang nanny, belum mengenal tekstur di telapak kaki karena mengunakan sepatu dan lebih banyak dalam gendongan nanny. Alasan yang dimaklumi dan diterima ketika itu karena sepagi lantai keramik masih terlalu dingin untuk di tapak kaki kecil anak usia itu dan make it simple for nanny untuk gendong ketika makan dan jaga anak dalam tidurnya. Simple tapi akibatnya lebih fatal jika tidak segera di tangani lebih lanjut.

Then, dalam kasus ini orangtua nya memang lebih tanggap kenapa ada keterlambatan mengingat usia anak yang belum masuk tahap fase belajar berjalan sama sekali. Minimal merangkak atau dengan cara lain anak untuk memindahkan diri dari satu tempat ke tempat lain diluar cara berguling.

Anak dalam kasus ini dipastikan sehat dan norrmal secara fisik. Beberapa hal disarankan termasuk mengikuti kelas baby gym untuk stimulus tambahan dan mulai tegas pada nanny membiarkan anak menginjak lantai dengan segala usaha nya untuk berpindah. Ayah dan bunda juga diharapkan untuk berperan aktif dalam memberi stimulus termasuk contoh cara merangkak hingga membuat anak termotivasi. Kasus ini selesai dengan tahap yang sesuai dan anak berjalan ditahap usia nya.

Sebenarnya banyak cara yang harus kita deteksi awal penyebab keterlambatan anak ya moms, selain contoh kasus diatas dengan faktor stimulus yang kurang. Moms and Dads diharapkan juga lebih aware dengan kondisi anak, terkait kesehatannya secara fisik dan juga motivasi secara psikis.

Dalam kasus lain yang pernah di observasi setelah kasus selesai memang disebabkan kondisi fisik. Ada nya kondisi bawaan lahir skoliosis dan tekanan lingkungan yang membuat orangtua semakin down. Di kasus ini keseimbangan anak memang kurang jadi anak mengalami keterlambatan dalam proses nya berjalan.

Untuk kasus seperti ini, anak memerlukan terapi khusus dalam lingkup Fisioterapi Tumbuh Kembang Anak. Kasus ini sebenarnya tidak ditutup hanya dengan keterlambatan proses jalan tapi diikuti speech delay. Kita bahas speech delay di lain pembahasan. Faktor lain, psikis yang di alami orangtua dan berimbas ke anak juga menjadi hal penting dalam setiap fase tumbuh kembang anak. Anak dengan kondisi pembawaan lahir khusus yang harus ditangani pertama adalah psikis orangtua dan membuka pikiran orangtua untuk terbuka dengan banyak cerita keberhasilan orangtua dengan kasus yang sama. Psikis anak dipengaruhi orangtua karena anak belum mengerti hal lain selain perasaan orangtua nya.

Sebenarnya, dalam setiap fase tumbuh kembang anak di bawah usia 5 tahun yang dikatakan golden age. Semua fase harus terlewati dan sesuai kesiapan anak dari setiap step fase tumbuh kembang. Termasuk fase merangkak atau berpindah tempat untuk next berjalan. Fase fase ini sangat mempengaruhi anak di usia selanjutnya. Anak dengan fase merangkak yang belum tuntas akan mengalami koordinasi keseimbangan yang kurang dalam tahap selanjutnya anak diminta selesai dalam fase ini untuk siap dalam fase yang lain.

Pointnya adalah Terlambat Tidak Apa Apa, yang terpenting dalam kondisi tumbuh kembang anak adalah motivasi lingkungan dan orang sekitar, psikis, stimulus kemauan anak untuk ikut ada rasa berkeinginan melakukan sesuatu dari diri nya. Salam semangat memotivasi moms.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

333 Dewi Islamie

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Ide Bermain Anak di Masa Pandemi : Food or Drink?

Moms, yuk coba ide bermain dengan si Kecil berikut ini.

Bermain Buah Potong Dapat Melatih Motorik Halus Anak

Aktivitas yang satu ini bisa dicoba untuk melatih kemampuan motorik si Kecil loh Moms!

Ide Bermain Anak - Alphabet Sorting Game

Yuk Moms kita coba permainan untuk si Kecil yang satu ini!

Metode Belajar Anak Dengan Menggunakan Flash Card

Bagaimanakah media belajar dengan menggunakan flash card, dari usia berapakah anak diperkenalkan dengan metode flash card? Flash card adalah [...]

Ide Bermain untuk si Kecil: Doughnut Ring Toss

Masih setia dengan permainan yang terbuat dari kardus, kali ini saya membuat permainan ring toss.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan ketika si Kecil Belajar Merangkak

Merangkak merupakan salah satu fase perkembangan yang dilalui oleh si Kecil.

Manfaat Membacakan Buku pada Anak

Dari dulu saya suka membaca dan saya ingin menularkan kecintaan saya pada buku pada Ai

Ide Bermain untuk si Kecil: Clip More Hair

Yuk manfaat roll tisu bekas Moms untuk mainan si Kecil

Manfaat Bermain Pasir Kinetic Bersama si Kecil

Ternyata bermain pasir kinetic itu banyak manfaatnya loh Moms

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengajak Anak Berenang

Renang merupakan aktivitas olahraga yang sarat akan manfaat.

Review Trump Card Kodomo Challenge dari Shimajiro Club

Zaman sekarang memang smartphone menjadi hal yang tak terpisahkan dari aktivitas manusia ya Moms.

Ide Bermain: Meraih Bola

Moms, apakah anak Moms sedang senang dan aktif bergerak mengeksplor lingkungannya?

Ini Dia Manfaat Rutin Memeluk si Kecil yang Wajib Diketahui

Kadang di tengah hiruk pikuk kesibukan dan aktivitas setiap hari, Moms mungkin lupa untuk mendekap dan memeluk si Kecil.

Refreshing Plus Belajar dengan Anak di Pantai

Sebenarnya saya orangnya agak parnoan kalau harus ke daerah pantai apalagi jika harus membawa anak-anak.

Ide Bermain Anak - Human Body Puzzle

Salah satu cara mengenalkan anggota tubuh pada anak adalah dengan membuatkan mainan edukatif

Ide Bermain untuk si Kecil: Tie Dye Art

Pernah melihat baju-baju dengan motif warna-warni tak beraturan tapi sangat indah terlihat?

Manfaat Bermain di Playground untuk si Kecil

Bermain di playground pasti menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk si kecil ya moms.

Jaga Anak Kita dari Kecanduan Gadget

Sekarang ini zaman semakin berkembang membuat anak juga semakin kreatif dan inovatif.

Ide Bermain Anak - Laundry Time

Pernah gak moms si kecil ikut membantu waktu kita menjemur pakaian? Permainan ini boleh dicoba nih Moms!

DIY Playdough untuk Main si Kecil

Ingin menghemat budget mainan si Kecil? Yuk buatkan playdough di rumah Moms