Categories

Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ketahuilah Tanda Demam Berdarah pada Bayi

MY STORY  |  13 Jun '18

Sebagai salah satu penduduk yang tinggal di daerah tropis, kita lebih beresiko terkena penyakit demam berdarah, apalagi bayi yang masi belum memiliki sistem imun atau antibodi. Bayi sangat rentan terhadap penyakit. Banyak diantara kita para ibu-ibu pasti khawatir apabila anak kita sakit, tetapi kita sebagai ibu harus tetap tenang menghadapi semuanya itu. 

Berikut gejala demam berdarah pada bayi:

  1. Panas tinggi (diatas 38 derajat celcius ) selama lebih dari 3 hari.
  2. Tidak napsu makan (bagi bayi diatas 6 bulan)
  3. Terlihat lemas tidak seperti biasa
  4. Timbul bintik-bintik merah pada kulit (ada yang tidak timbul bintik-bintik)

Apabila bayi Anda mengalami sakit seperti gejala diatas segera bawa ke dokter, biasanya Dokter akan menyuruh kita untuk memeriksa darah anak kita ke lab untuk diuji hematologi darah lengkap dan tes dengue (demam berdarah). Sambil menunggu hasil laboratorium darah keluar, dokter biasanya akan memberikan resep obat penurun panas. Hasil lab darah biasanya akan kluar dihari yang sama apabila tes darah dilakukan pagi hari. Setelah hasil lab kluar segera bawa kembali ke dokter untuk membaca hasil tes darah tersebut.

Apabila hasil tes dengue positif dan dilihat trombosit dibawah angka seharusnya maka bayi kita akan dirawat di rumah sakit, karena trombosit turun sangat berbahaya untuk bayi kita. Apabila hasil tes dengue positif dan trombosit masi normal maka bayi kita dapat kita rawat sendiri dirumah tanpa harus opname dirumah sakit, untuk perawatan di rumah dokter akan meresepkan obat antibiotik (waktu itu saya diresepkan obat antibiotik sehari sekali untuk 3 hari). Dokter berkata bawah demam berdarah biasanya akan sembuh pada hari ke 5 sampai ke 7 panas pertama kali muncul. 

Semoga bermanfaat.

By: Yunita Wulandari

428 Yunita wulandari

Comments

Related Stories