Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  18 May '22


Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi saat hamil asalkan dengan cara benar dan dalam porsi wajar. Apalagi, saat hamil kebutuhan kalori dan sebagainya meningkat drastis.

Susu beruang merupakan produk susu sapi murni yang telah melalui proses sterilisasi dan diklaim tidak mengandung bahan tambahan lain sehingga aman untuk langsung dikonsumsi. Sterilisasi umumnya dilakukan dengan memanaskan susu di atas titik didih untuk membunuh bakteri.

Apakah Susu Beruang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil?

Susu merupakan salah satu komponen nutrisi paling penting yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Meskipun tidak wajib, namun mengkonsumsi susu dapat membantu melengkapi kebutuhan gizi dan nutrisi bagi Moms dan juga janin dalam kandungan.
Dilansir dari Netdoctor, ibu hamil dianjurkan minum susu yang telah dipasteurisasi (disterilkan). Sebab, susu yang belum disterilkan dikhawatirkan mengandung organisme yang bisa memberikan efek buruk pada kehamilan. Oleh karena itulah, Moms perlu berhati-hati dalam memilih produk susu.
Susu beruang bisa dijadikan salah satu pilihan konsumsi saat hamil sebab telah dipasteurisasi. Meskipun bukan termasuk dalam kategori susu khusus ibu hamil, susu beruang aman diminum dengan takaran wajar. Akan tetapi, Moms juga harus tetap melengkapi nutrisi harian sesuai kebutuhan.
Di bawah ini adalah beberapa zat yang dibutuhkan ibu hamil:
  • Vitamin D
  • Kalsium
  • Folat
  • Zat besi
  • EPA
  • DHA
Kabar baiknya adalah, produk susu beruang pada umumnya kaya dengan kandungan protein dan vitamin, seperti vitamin B1, B2, B6, dan B12 yang bagus untuk mendukung masa kehamilan Moms.
Lalu, berapa kali sehari boleh minum susu beruang? Susu beruang baik dikonsumsi dengan catatan dalam jumlah wajar. Moms bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai hal ini. Pasalnya, kebutuhan nutrisi dan kondisi masing-masing ibu hamil sudah pasti berbeda-beda.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang? Ini 6 Manfaatnya

Masa kehamilan memang merupakan masa ibu hamil rentan terkena gangguan kesehatan. Oleh karena itu, penting bagi Moms memperhatikan kandungan nutrisi yang terdapat pada produk makanan atau minuman, termasuk susu. Ini dilakukan dengan tujuan menimbang manfaat apa yang bisa didapatkan jika minum susu beruang saat hamil.
Berikut ini adalah beberapa manfaat mengkonsumsi susu beruang saat sedang hamil:
  1. Sumber Kalsium
Dilansir dari Journal of Obstetrics & Gynecology of India, kalsium merupakan mineral paling banyak dalam tubuh serta berperan penting terhadap berbagai reaksi dan mekanisme, termasuk pembentukan tulang, kontraksi otot, hingga fungsi enzim dan hormon.
Selama kehamilan, kebutuhan kalsium Moms akan meningkat drastis hingga 1.000 milligram per hari. Karena itu, penting memperhatikan asupan kalsium sebab bayi di dalam rahim butuh kalsium untuk mendukung pertumbuhan tulang, terutama 3 bulan sebelum persalinan.
Dr. Murray Favus, dokter ortopedi dari Universitas Chicago juga menyebutkan, “Saat Moms tidak mendapatkan asupan kalsium dalam jumlah cukup, bayi akan mengambil apa yang dibutuhkan dari tulang ibunya”. Pastikan Moms tidak kekurangan kalsium agar Moms tidak berisiko terkena pengeroposan tulang.
  1. Mengandung Vitamin D
Kandungan vitamin D dalam susu beruang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti menangkal infeksi serta menjaga janin dalam kandungan agar tetap aman. Selain itu, vitamin D juga penting mengoptimalkan proses penyerapan kalsium dalam tubuh.
Menurut National Health Service UK, perempuan hamil dan menyusui membutuhkan asupan sekitar 10 mikrogram vitamin D per hari. Kebutuhan vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari, maupun mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, seperti salmon.
  1. Memenuhi Asupan Protein
Ibu hamil membutuhkan asupan protein tinggi sebab selama periode kehamilan volume darah Moms meningkat tajam. Protein yang dikonsumsi akan membantu produksi sel darah merah dan zat besi dalam tubuh. Keduanya merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil.
Moms pasti sudah tahu, bahwa salah satu sumber protein adalah susu dan produk turunannya. Akan tetapi, bolehkah ibu hamil minum susu selain susu khusus ibu hamil, seperti susu beruang, misalnya? Tentu saja Moms diperbolehkan mengonsumsinya.
Susu beruang bisa menjadi solusi dalam pemenuhan asupan protein dan gizi yang dibutuhkan janin selama masa perkembangannya. Susu beruang adalah susu sapi yang telah disterilisasi dan kaya asam amino yang berperan membangun sel didalam tubuh bayi dan Moms. Sebaliknya, jika Moms kurang asupan protein selama kehamilan, hal tersebut dapat memengaruhi pertumbuhan si kecil dalam kandungan dan berpotensi menyebabkan bayi lahir prematur.
  1. Mencegah Resiko Riketsia pada Janin
Moms masih merasa bimbang mengenai bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Salah satu manfaat mengkonsumsi susu beruang adalah mencegah risiko janin terserang riketsia atau kelainan pertumbuhan tulang pada bayi di yang diakibatkan kekurangan vitamin D. Kondisi tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah serius seperti tulang jabang bayi menjadi rapuh, lunak, dan mudah patah. Akan tetapi, hal tersebut bisa Moms cegah dengan cara mengkonsumsi vitamin D dalam jumlah cukup sesuai yang dianjurkan oleh dokter.
  1. Mencegah Berbagai Resiko Gangguan Kehamilan
Susu beruang kaya zat kalsium yang mampu membantu mencegah Moms dan si Kecil dalam kandungan mengalami berbagai gangguan kesehatan, seperti nafsu makan berkurang, hipertensi, resiko kelahiran prematur, hingga berat badan bayi di bawah angka normal. Sebaliknya, jika asupan kalsium terpenuhi, Moms dan calon bayi akan mendapat berbagai manfaat baik. Sebab, kalsium berperan dalam pembentukan tulang, gigi, otot, saraf, dan jantung janin yang ada di dalam kandungan.
  1. Menghidrasi Tubuh
Bagaimanapun juga, susu beruang dikonsumsi dalam bentuk cair. Air dapat membantu menghidrasi tubuh Moms dan menggantikan cairan yang telah hilang. Akan tetapi, air putih tetap menjadi minuman terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama kehamilan.

Apakah Boleh Ibu Hamil Minum Bear Brand?

Berbicara mengenai susu beruang, saat mendengar nama tersebut pikiran Moms mungkin akan langsung tertuju pada salah satu brand susu beruang paling terkenal di Indonesia, yakni Bear Brand. Produk tersebut sendiri merupakan susu sapi murni yang telah melalui proses pasteurisasi.
Dengan kata lain, susu Bear Brand aman dikonsumsi ibu hamil karena bebas dari kuman dan bakteri. Namun, sebelum meminumnya, usahakan untuk membersihkan kaleng kemasan terlebih dahulu. Karena tidak menutup kemungkinan terdapat debu dan kuman yang menempel.
Selain itu, Moms dianjurkan untuk langsung menghabiskan Bear Brand dalam sekali minum. Moms boleh saja mengkonsumsi susu Bear Brand setiap hari. Akan tetapi, perlu diingat kalau nutrisi di dalamnya tidak bisa dijadikan satu-satunya sumber nutrisi utama bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan.
Terdapat beberapa varian Bear Brand yang bisa dijadikan pilihan konsumsi, di antaranya adalah:
  • Teh Putih: Tambahan pucuk daun teh putih sebagai antioksidan, vitamin A, C, dan E.
  • Malt Putih: Biji gandum sebagai ekstrak kalori, vitamin B1, B2, B6, dan B12.
Jadi, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Tentu boleh. Hanya saja, harus diingat kalau susu beruang bukan produk susu yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil. Oleh sebab itu, Moms perlu mengimbangi dengan konsumsi makanan bernutrisi dan bergizi tinggi selama masa kehamilan.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

224 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

Nipple Shield untuk Apa? Yuk Pelajari dan Lihat Daftar Rekomendasinya

Ketahui kapan dan bagaimana harus menggunakan nipple shield agar proses menyusui Moms sukses dan menyenangkan.

Ingin Si Kecil Gemuk, Sehat, dan Cerdas? Yuk, Terapkan Prinsip Berikut!

Apa saja tips agar bayi baru lahir cepat gemuk dalam 1 minggu? Yuk, Moms, baca selengkapnya penjelasan berikut!

Rayyanza Semakin Membaik, Ini Cara Keluarga Gigi Merawat Si Kecil Saat Sakit

Anak bungsu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, jatuh sakit. Sebenarnya, Rayyanza sakit apa? Bagaimana pula cara merawat [...]

Panduan Imunisasi Anak, Vaksin Wajib, dan Kisaran Harganya

Tahukah Moms, bulan Agustus adalah bulan Imunisasi Anak Nasional?

Pemerintah Siapkan Vaksinasi Pediatric COVID-19 Usia 6 Tahun ke Bawah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah akan mulai menjajaki program vaksinasi anak di bawah 6 tahun.

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di