Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

HEALTH TIPS  |  MY STORY  |  20 Apr '22


Bolehkah ibu hamil minum kopi? Pertanyaan tersebut sering diajukan oleh ibu hamil yang kebetulan merupakan penikmat kopi. Mengetahui apakah konsumsi kopi aman bagi janin tentu menjadi hal yang cukup penting agar terhindar dari kemungkinan risiko yang tidak diinginkan.

Pada dasarnya, konsumsi kopi saat hamil diperbolehkan namun tetap dengan catatan tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Pasalnya, jika berlebihan, bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu dan janin.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

Bagi yang sudah terbiasa minum kopi tentu akan sangat berbeda jika tiba-tiba harus berhenti minum kopi. Kopi sudah dianggap mampu mencegah kantuk dan meningkatkan konsentrasi. Lantas, bolehkah ibu hamil minum kopi?
Perlu diketahui bahwa konsumsi kopi pada ibu hamil boleh namun jumlahnya sangat dibatasi. Sebab, kafein dalam kopi dapat menimbulkan efek yang kurang baik bagi janin. Adapun takaran yang ideal untuk dikonsumsi ibu hamil maksimal 200 mg atau setara dengan 2 cangkir.
Selain kopi, konsumsi kafein dalam batas maksimal tersebut juga berlaku untuk jenis makanan maupun minuman lainnya yang berkafein. Oleh karena itu, Moms sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi melebihi batas maksimal yang diperbolehkan.
Berikut ini adalah jumlah kafein yang biasa ditemukan dalam makanan dan minuman:
  • 1 cangkir kopi seduh mengandung 60-200 mg kafein.
  • 1 cangkir kopi saring mengandung 140 mg kafein.
  • 1 cangkir kopi instan mengandung 100 mg kafen.
  • 1 cangkir teh mengandung 75 kafein.
  • 1 kaleng soda mengandung 40 mg kafein.
  • 50 gram coklat mengandung 25-50 mg kafein.
Meskipun kopi bukan termasuk pantangan bagi ibu hamil, konsumsinya harus sangat dibatasi demi menjaga kesehatan ibu dan si Kecil dalam kandungan. Jika memang tidak bisa menghentikan konsumsi kopi selama hamil, maka konsumsinya harus dalam batas aman.

Apakah Ibu Hamil Muda boleh Minum Kopi Susu?

Baik kopi maupun kopi susu, yang menjadi perhatian adalah kopi bukan susunya. Meskipun susu bermanfaat bagi tubuh, penambahan kopi pada minuman kopi susu akan menambah kadar kafein dalam minuman. Maka, peraturan ibu hamil tidak boleh minum lebih dari 2 cangkir kopi tetap berlaku.
Overdosis kafein membawa dampak buruk bagi ibu hamil seperti berikut:
  1. Risiko Tekanan Darah Tinggi
Kafein diketahui dapat meningkatkan tekanan darah sehingga menimbulkan risiko hipertensi pada ibu hamil. wanita hamil yang hipertensi berpotensi mengalami preeklampsia, suatu risiko yang membahayakan janin.
  1. Masalah Fisik
Kafein pada kopi juga diketahui dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sering buang air kecil, jantung berdebar, migrain, hingga tremor pada ibu hamil.
  1. Masalah Psikis
Selain gangguan fisik, kafein pada kopi juga bisa menimbulkan masalah psikis. Beberapa gangguan psikis yang bisa dipicu oleh terlalu banyak minum kopi adalah kecanduan kopi, kecemasan, dan insomnia. Agar terhindar dari gangguan psikis tersebut, perhatikan takaran kopi saat membuat kopi maupun kopi susu. Pastikan takarannya seminimal mungkin agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Bolehkah Minum Kopi Saat Hamil Trimester 1?

Selain pertanyaan bolehkah ibu hamil minum kopi, banyak juga yang menanyakan apakah boleh minum kopi saat hamil trimester 1? Jawabannya, ibu hamil trimester 1 tidak dianjurkan minum kopi mengandung kafein. Kehamilan di trimester pertama sangat rentan mengalami keguguran sehingga harus dijaga dengan baik. Jika Moms merupakan penikmat kopi yang sudah terbiasa mengonsumsi kopi sebelum hamil, maka sebaiknya kurangi konsumsi kopi atau stop dulu.
Sementara itu, risiko keguguran di masa kehamilan trimester 2 dan trimester 3. Karena itu, Moms boleh mengonsumsi kopi selama dalam batas aman. Tentu saja, akan lebih sehat jika Moms menghindari kopi lalu menggantinya dengan minuman yang lebih menyehatkan seperti jus buah dan susu.

Apa Pengaruh Kopi terhadap Janin?

Meskipun mengonsumsi kopi dalam batas yang wajar masih diperbolehkan, namun ada baiknya Moms mengetahui apa saja pengaruh dan dampak konsumsi kopi saat hamil seperti berikut ini.
  1. Gangguan Lambung
Bagi ibu hamil, konsumsi kopi bisa menyebabkan masalah pada lambung. Kandungan kafein di dalam kopi memiliki efek meningkatkan asam lambung hingga gerak usus. Efek lain yang bisa dirasakan adalah kondisi mual dan muntah yang justru semakin parah.
Kondisi mual dan muntah bukan hanya berdampak pada ibu hamil saja tetapi juga janin yang dikandung. Nutrisi yang seharusnya diserap oleh tubuh bisa keluar kembali akibat mengalami muntah sehingga menghambat pertumbuhan janin.
  1. Insomnia
Kopi dikenal sebagai minuman yang mampu mencegah rasa kantuk. Moms perlu mengetahui bahwa saat hamil metabolisme tubuh akan melambat 1,5 hingga 3,5 kali. Hal ini akan menyebabkan kafein bertahan lebih lama di tubuh sehingga bisa menimbulkan insomnia.
Keluhan insomnia pada ibu hamil tentu saja bisa berpengaruh pada kesehatan ibu hamil dan janin. Saat hamil, seorang wanita membutuhkan istirahat yang cukup untuk mendukung perkembangan janin dan menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
  1. Anemia
Keluhan anemia pada ibu hamil bisa terjadi akibat kurangnya asupan zat besi yang bertugas sebagai pembentuk hemoglobin. Sementara itu, senyawa fenol dalam minuman berkafein justru menghambat penyerapan zat besi sehingga bisa memicu terjadinya anemia. Sehingga, zat besi sangat dibutuhkan dalam pengiriman oksigen di dalam tubuh, termasuk ke janin. Kondisi ibu hamil yang mengalami anemia dapat menghambat pengiriman oksigen ke janin.
  1. Kesehatan Plasenta terganggu
American Pregnancy Association menyatakan bahwa kafein dalam kopi bisa melintasi plasenta sehingga sangat mungkin tersalurkan ke janin. Hal ini tentu bisa memberikan efek negatif pada janin yang belum mampu memetabolisme kafein.
  1. Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)
Dalam sebuah penelitian yang dirilis di Plos One Journal, disebutkan bahwa konsumsi kafein pada ibu hamil dengan jumlah di atas 200 mg bisa meningkatkan risiko terjadinya BBLR atau berat badan lahir rendah pada si Kecil. Meski begitu, hasil penelitian tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan jika risiko tersebut memang benar.
  1. Cacat Lahir
Pertumbuhan janin yang belum sempurna akan sangat terganggu dan bisa mengalami kerusakan jika zat kafein masuk ke dalam organ tubuhnya. Hal ini dikarenakan kafein yang menembus plasenta akan tetap diserap oleh janin sehingga bisa berdampak kurang baik.
  1. Keguguran
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Obstetrics and Gynecology, diungkapkan bahwa konsumsi kafein pada wanita hamil sebanyak 200 mg atau lebih akan meningkatkan risiko keguguran dua kali lebih tinggi dibandingkan yang tidak mengonsumsi.

Apa Khasiat Kopi Untuk Ibu Hamil?

Meskipun kandungan kafein pada kopi bisa menimbulkan efek yang kurang baik bagi ibu hamil dan janin yang dikandung, namun mengonsumsi kopi juga bisa memberikan beberapa manfaat. Beberapa khasiat kopi untuk ibu hamil di antaranya adalah membantu menstabilkan perasaan sehingga lebih rileks, membantu menjaga stamina tubuh, serta meningkatkan sistem kerja syaraf.
Jika Moms bertanya tentang bolehkah ibu hamil minum kopi, maka jawabannya boleh selama takarannya masih dalam batas aman. Meski begitu, di trimester 1 sebaiknya Moms tidak mengonsumsi kopi demi kesehatan janin yang sedang berkembang.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

105 Babyologist Indonesia

Comments

LATEST POSTS

9 Rekomendasi Susu Program Hamil

Ada berbagai pilihan susu promil yang bisa dengan mudah Moms temukan di toko. Namun, apakah Moms sudah yakin kalau produk tersebut mengandung [...]

Larangan untuk Ibu Hamil Muda

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda merupakan waktu yang penting bagi perkembangan janin ke depannya. Sebab pada periode ini, organ [...]

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Tanda Hamil?

Selain menjadi pertanda semakin dekatnya periode menstruasi, keputihan yang keluar datang saat telat haid juga bisa menjadi pertanda kehamilan. [...]

Perbedaan Bentuk Perut Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Umumnya, jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan baru bisa diketahui setelah usia kehamilan Moms memasuki usia 18 atau 20 minggu.

Fakta Mual Muntah Saat Hamil Pertanda Janin Kuat

Hampir sebagian besar wanita yang tengah hamil mengalami mual dan muntah pada trimester pertama. Banyak yang memberi pendapat bahwa mual muntah [...]

Ketahui, Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Kopi?

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pecinta minuman kopi, tak terkecuali kaum wanita.

Penggunaan Microlax untuk Ibu Hamil

Microlax adalah salah satu obat mengatasi sembelit yang paling populer. Obat yang memiliki fungsi sebagai pencahar ini membantu melunakkan feses [...]

Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas Sejak Dini

Memiliki anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua orang tua mau berusaha untuk meningkatkan kecerdasan anak. Padahal, ada [...]

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Solusi Mengatasinya

Selain perut, salah satu perubahan tubuh yang terjadi saat kehamilan adalah kaki. Perubahan bentuk kaki membuat penasaran apa penyebab kaki [...]

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan

Selama masa kehamilan, sebagai orang tua tentu Moms merasa excited sekaligus penasaran dengan jenis

Ciri Hamil Anak Perempuan Dilihat dari Pusar

Kehamilan menjadi salah satu fase terpenting bagi seorang ibu. Apalagi, jika ini merupakan kehamilan

Penjelasan Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan menjadi sangat penting agar kondisi ibu dan janin bisa tetap

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian? Ini Penjelasannya

Sebagian besar ibu hamil pasti akan merasakan fase ngidam terutama saat usia kehamilan masih muda.

8 Jenis Buah Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa menjalani fase kehamilan dengan lancar, asupan nutrisi terbaik harus tercukupi.

Mengenal Penyebab Munculnya Garis di Perut Saat Hamil 1 Minggu

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan yang berbeda, termasuk juga munculnya garis di

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Hamil

Kehamilan merupakan salah satu fase paling berharga bagi seorang ibu. Sebab itulah, hal terbaik selalu diberikan agar kondisi janin berkembang [...]

Kenali Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Banyak perubahan yang akan Moms rasakan selama masa kehamilan. Selain kondisi badan yang mulai berisi, bagian kaki pun akan mengalami [...]

Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil, Moms akan dihadapkan dengan berbagai pantangan dan banyak hal harus dilakukan secara lebih hati-hati. Salah satunya adalah soal makan.

Ketahui Jawaban, Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Jawabannya adalah boleh. Pada dasarnya semua minuman sehat bagus dikonsumsi [...]

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Menghadapi persalinan normal untuk pertama kali tentu akan membuat Moms merasa sangat nervous. Apalagi, proses melahirkan tidak bisa dijelaskan [...]