Manufacturers

Suppliers

  • 120
  • 15
  • 160
  • 25
  • 400

Ketahui! Ini Dia 4 Tips agar Bayi Tidur Nyenyak pada Malam Hari

BABY  |  GROWTH & DEVELOPMENT  |  PARENTING  |  26 May '19


Menjadi orangtua untuk pertama kali tentu menjadi pengalaman sekaligus tantangan yang sangat membahagiakan. Pola tidur bayi yang berbeda dengan orang dewasa menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi. Hampir sebagian besar bayi akan terbangun pada malam hari atau dini hari. Mungkin Moms bingung bagaimana caranya agar si Kecil tidur nyenyak di malam hari. Ikuti kiat agar bayi bisa tidur nyenyak pada malam hari berikut ini.

4 Cara Membuat Bayi Tidur Nyenyak pada Malam Hari

1. Jadwalkan si Kecil untuk tidur siang

Banyak orangtua mengajak anaknya bermain pada siang hari. Tujuan utama mereka adalah agar si Kecil lelah dan mudah tidur di malam harinya. Padahal, pemahaman seperti ini salah. Bayi yang kelelahan karena melakukan banyak kegiatan di siang harinya justru akan sulit tidur pada malam harinya. Untuk mengatasinya, jadwalkan si Kecil untuk tidur siang tidak lebih dari 4 jam setiap hari.

2. Kenali waktu tidur si Kecil

Tips selanjutnya agar bayi bisa tidur nyenyak pada malam hari yaitu pastikan Moms mengetahui waktu tidur si Kecil. Bayi memiliki jam bangun dan tidur yang sedikit berbeda dengan orang dewasa. Dengan mengetahui waktu bangun dan tidur si Kecil, Moms dapat membuat jadwal tidur sehingga si Kecil memiliki kegiatan terstruktur dan bisa tidur pulas tepat waktu.

3. Siapkan rutinitas khusus untuk si Kecil

Tips selanjutnya yaitu menyiapkan rutinitas khusus yang  dapat membuat si Kecil tidur lebih nyenyak pada malam hari. Beberapa rutinitas yang bisa Moms lakukan untuk mengantarkan si Kecil tidur nyenyak yaitu berbaring bersamanya sambil membacakan cerita-cerita yang menarik.

Selain itu, Moms juga bisa menyanyikan lagu pengantar tidur yang dapat membuat si Kecil merasa mengantuk. Jika dia sudah tertidur namun belum terlalu pulas, Moms dapat merebahkannya di tempat tidur dengan hati-hati.

4. Jangan biarkan si Kecil tertidur saat menyusui

Kebiasaan tertidur saat menyusui bisa membuat si Kecil harus diberi makan untuk tidur. Padahal, mulut dan gigi si Kecil harus bersih saat hendak tidur untuk menghindari penyakit yang berkenaan dengan gigi dan mulut.

Membuat agar bayi bisa tidur nyenyak pada malam hari memang tidak mudah. Moms perlu telaten dan sabar. Semoga tips yang sudah disebutkan di atas bisa diterapkan untuk si Kecil di rumah.

Yuk download aplikasi Babyo di Android & iOS dan bergabung dengan ribuan Moms lainnya untuk saling berbagi cerita dan mendapatkan rewards! You really don't want to miss out!

1512 Babyologist Indonesia

Comments

Related Stories

LATEST POSTS

Pentingnya Stimulasi Multisensorik Sejak Dini

Stimulasi multisensorik pada bayi meliputi apa yang dia rasakan, lihat, dengar, dan cium.